Al-'Adl, IAIN, Kendari, Jurnal, Ilmu Hukum Islam, Hukum, Ilmu, Hukum, Pranata Sosial, Pranata, Sosial

No 1 (2015)

Vol. 8 No. 1, Januari 2015

Segala puji bagi Allah SWT. Tuhan semesta alam. Atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nya penulisan jurnal al-Adl studi ilmu hukum Islam dan pranata sosial kembali terbit dalam edisi terbaru. Shalawat beserta salam semoga Tuhan limpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW., beserta keluarga dan para sahabatnya hingga akhir zaman.

Jurnal ini, memuat berbagai ragam tema dan pendekatan yang diwacanakan sesuai dengan basis keilmuan yang dikuasai oleh masing-masing dosen, terutama di Fakultas Syariah. Jurnal dan artikel yang ada di tangan anda ini merupakan formulasi ilmiah tentang kajian ilmu hukum dan sosio-keislaman yang ditinjau dari aspek normative dan sosiologis. Sebagian tulisan dalam jurnal ini merupakan hasil studi ilmu-ilmu berbasis pada hukum Islam positif dan sosio keagamaan dalam merespon pemikiran hukum Islam saat ini. Jika dari awal ditelaah maka berbagai perkembangan baru akibat perubahan sosial yang menjurus pada pergeseran wacana ilmu-ilmu hukum baik Islam maupun umum, maka jurnal ini bermaksud untuk memperlihatkan watak hukum, hitam putih dalam realitas yang sebenarnya.

Pada edisi Vol. 8 No. 1, Januari 2015, Jurnal Al-‘Adl secara kronologis diawali dengan tulisan Ahmadi yang berjudul Analisis Konstruksi Hukum Konstitusionalitas Pemilu Serentak Pada Tahun 2019, disusul dengan tulisan Muh. Idris dengan judul Implementasi Hukum Waris Dan Pengajarannya Pada Masyarakat Kec. Poleang Tengah Kab. Bombana (Perbandingan Antara Hukum Adat, Hukum Islam Dan Hukum Perdata), Asrianto Zainal dengan judul Peranan Advokat Dalam Pembangunan Hukum Dan Ekonomi Di Indonesia, kemudian Kamaruddin dengan judul Diskursus Penyatuatapan Peradilan Agama Di Bawah Mahkamah Agung (Studi Hukum Responsif), H. Lomba Sultan dengan judul Konsepsi Hukum Islam Terhadap Kesetaraan Gender (Studi tentang Peran Politik Wanita Muslimah), lalu Laode Abdul Wahab dengan judul Implementasi Peraturan Bersama Menteri Agama RI Dan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 9 Dan 8 Tahun 2006 Tentang Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama Di Sulawesi Tenggara, St. Halimang dengan judul Hukum Syariat Metode Ijtihad Al-Imam Al-Gazali Dalam Al-Mustasfa, H. Aydi Syam dengan judul Nikah Lintas Agama (Perspektif Hukum Islam), Muhamad Turmudi dengan judul Pajak Dalam Perspektif Hukum Islam (Analisa Perbandingan Pemanfaatan Pajak Dan Zakat), lalu tulisan Kartini dengan judul Pemberdayaan Yurisprudensi Sebagai Sumber Hukum Islam (Analisis Fungsional Dalam Rangka Optimalisasi Kinerja Hakim Agama), dan terakhir tulisan Sulaimang L. dengan judul Hukum Riba Dalam Perspektif Hadis Jabir r.a.

Akhirnya saya mengucapkan terima kasih pada penerbit Fakultas Syariah IAIN Kendari atas kesediaannya untuk menerbitkan jurnal ini. Kami berharap jurnal ini dapat memberikan sumbangan pemikiran hukum Islam dan sosial keagamaan, terutama mereka yang bersungguh-sungguh membaca dan menelaah tulisan-tulisan dalam jurnal ini.
Semoga maksud baik dalam jurnal ini dapat menjadi amal saleh yang diterima oleh Allah SWT. Amin.

Selamat membaca.
Kendari, Januari 2015
Redaktur

Table of Contents

Articles

Ahmadi Ahmadi
1-19
Muh. Idris
20-36
Asrianto Zainal
37-55
Kamaruddin Kamaruddin
56-72
Lomba Sultan
73-87
Laode Abdul Wahab
88-102
St. Halimang
103-116
Aydi Syam
117-127
Muhamad Turmudi
128-142
Kartini Kartini
141-155
Sulaemang Sulaemang
156-171