Pengaruh Profesionalisme Guru dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MAS Al-Irsyad Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe

Samrin Samrin

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang pengaruh profesionalisme guru dan kinerja guru
terhadap prestasi belajar siswa MAS. Al-Irsyad Lalonggasumeeto khususnya
pada bidang studi pendidikan agama Islam. Penelitian ini untuk: 1) mengetahui
tingkat profesionalisme guru dan kinerja guru pendidikan agama Islam di MAS
Al-Irsyad Kec. Lalonggasumeeto Kab. Konawe; 2) memperoleh gambaran
tentang prestasi belajar siswa MAS Al-Irsyad pada bidang studi pendidikan
agama Islam; 3) mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan kinerja guru
terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama Islam. Jenis
penelitian ini kuantitatif dengan menggunakan observasi, questioner dan
dokumentasi untuk mendapatkan data. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) prestasi belajar siswa MAS
Al-Irsyad pada bidang studi PAI memiliki nilai rata-rata 78 dan dikategorikan
sedang, 2) Tidak ada pengaruh profesionalisme dan kinerja guru terhadap prestasi
belajar PAI siswa MAS Al-Irsyad.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Kinerja Guru, Prestasi Belajar Siswa


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i2.162

Copyright (c) 2015 Al-Izzah




Web
Analytics
View My Stats