Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Melalui Metode Laboratory bagi Mahasiswa Kelompok VII Program Matrikulasi STAIN Kendari

Zulaeha Zulaeha

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukukan pembaharuan dalam peningkatan
kreativitas mengajar dosen dalam proses pengelolaan pembelajaran agar dapat
meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran istima’ (menyimak)
penuturan bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk
mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif dan kolaboratif.
Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari mahasiswa,
guru dan setting sosial kelas secara alami melalui tiga tahapan siklus Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Hasil tindakan menunjukkan bahwa hasil observasi
aktivitas belajar mahasiswa meningkat dari siklus pertama 55 % menjadi 71 %
pada siklus kedua dan menjadi 78 % nbpada siklus ketiga. Sementara itu, hasil
evaluasi penguasaan mahasiswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan
peningkatan dari nilai rata-rata 2,8 pada siklus pertama menjadi rata-rata 3,1
pada siklus kedua dan menjadi rata-rata 3,4 (85%) pada siklus ketiga. Dengan
demikian, pembelajaran pada siklus III telah memenuhi indikator kinerja yang
telah ditetapkan 80%, sehingga keterampilan Istima (menyimak) bahasa Arab
mahasiswa program matrikulasi kelompok VII STAIN Kendari semester ganjil
2011/2012 dapat ditingkatkan melalui metode laboratory.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Istima’, Metode Laboratory


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i1.183

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats