Penggunaan Smartphone pada Konstruksi Belajar Siswa MTs Negeri 7 Model Jakarta

Najwaa Chadeeja Alhady, Ara Fahana Salsabila, Nazula Nur Azizah

Abstract


This paper attempts to determine the characteristics of students in using the internet/smartphone and how the internet/smartphone influence the cognitive, social and emotional development of students. This quantitative research reveals the characteristics of internet usage among teenagers, especially regarding the duration of time to access internet/smartphone, the amount of data usage and source of financing the purchase of data /balance. The results revealed the effect of internet /smartphone on student achievement. Achievements in social, skills and communication subjects have greater scores compared to specific subjects (Mathematics and Science). This explains that students who use the Internet have broader insights, foreign language skills, and are able to develop their creativity. The best time to use is in the range of 7 until 11 hours per week or 1 until 1,5 hours per day. While the use under 7 hours per week and use of over 11 hours per week do not have a significant effect on cognitive improvement


Keywords


cognitive; effect of the internet; emotional; social; youth

Full Text:

PDF

References


Afgani, Muhammad Win, Darmawijoyo, dan Purwoko, “Pengembangan Media Website Pembelajaran Materi Program Linear Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas”, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2. No.2, (Juli-Des 2008): 45-59.

Al-Ayouby, M. Hafiz. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung)”. Skripsi Universitas Lampung 2017

Daeng, Intan Trivena Maria, N.N Mewengkang, Edmon R Kalesaran. “Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado”, e-journal Acta Diurna, Vol. VI. No. 1. Tahun 2017: 1-15.

Dewanti, Tania Clara Widada & Triyono, “Hubungan Keterampilan Sosial Dan Penggunaan Gadget Smartphone Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang”, Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 3, 2016: 126-131

Dewi Irmawati, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis”, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Edisi Ke-VI, (November 2011): 95-112.

Manumpil, Beauty Yudi Ismanto, Franly Onibala. “Hubungan

Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado”, ejoural Keperawatan (e-Kep), Vol. 3. No. 2 (April 2015).

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta, 2013.

Ngafifi, Muhamad “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya”, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No.1, 2014: 33-47.

Rahardiyan, Elfan K., “Pemanfaatan Internet Dan Dampaknya Pada Pelajar Sekolah Menengah Atas Di Surabaya”, dalam http://journal.unair.ac.id/filerPDF/ln5ba2011865full.pdf (diakses 15 Pebruari 2018).

Sherlyanita, Astrid Kurnia & Nur Aini Rakhmawati, “Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya”, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol. 2, No. 1 (April 2016): 17-22.

Susena, Edy. “Dampak Penggunaan Internet Terhadap Kecerdasan Pelajar”, 2016, dalam http://www.poltekindonusa.ac.id/wp-content/uploads/2016/05/Vol-1-2-2014-DAMPAK-PENGGUNAAN-INTERNET-TERHADAP-KECERDASAN-PELAJAR-Edy-Susena.pdf.

Sjukur, Sulihin B. “Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK”, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, November 2012: 368-378.

Website;

“14 Dampak Buruk Smartphone Bagi Anak Tercinta - Jurnal Web” diakses 11 Januari 2018, https://www.jurnalweb.com/dampak-buruk-smartphone-bagi-anak/

“33% Pengguna Akses Ponsel Pintar lebih dari 8 Jam/Hari - Databoks,” diakses 11 Januari 2018, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/02/33-pengguna-smartphone Blais, “Adolescents Online: The Importance of Internet Activity Choice to Salient Relationships”. Journal Youth Adolescence, 37:522-536. (Online). (http://repository.unand.ac.id), Diakses 12 April 2017.

Isna, Nadhila. “Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modern”. (Online).(http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/kmm/12-response-paper-ptk-2013/375mempermudah-hidup-manusia-dengan-teknologi-modern), Diakses 12 April 2017.

https://junaidichaniago.wordpress.com/2008/06/25/analisis-regresi-dengan-excel/ (diakses 10 Januari 2018).

Katadata.co.id, “Pengguna Smartphone Tertinggi di Asia-Pasifik 2016- Databoks”, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-tertinggi-di-asia-pasifik-2016, diakses 11 Januari 2018.

Katadata.co.id, “33% Pengguna Akses Ponsel Pintar lebih dari 8 Jam/Hari - Databoks,”, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/02/33-pengguna-smartphone-akses-perangkatnya-lebih-dari-8-jam-per-hari, diakses 11 Januari 2018.

Liputan6. “Anak Asuhan Gadget”, https://www.liputan6.com/health/read/2460330/anak-asuhan-gadget, diakses 12 Oktober 2018.

Liputan6. https://www.liputan6.com/tekno/read/3593233/wajib-tahu-ini-dampak-buruk-smartphone-ke-tubuh-dan-otak, diakses 3 Maret 2018.

Novalius, Feby. “Indonesia Pengguna Smartphone Ke-4 Dunia, Begini Tekad Menperin Dongkrak Industri Telematika”, https://economy.okezone.com/read/2018/02/17/320/1860752/indonesia-pengguna-smartphone-ke-4-dunia-begini-tekad-menperin-dongkrak-industri-telematika, diakses 2 Oktober 2018.

“Pengguna Smartphone Tertinggi di Asia-Pasifik 2016- Databoks”, diakses 11 Januari 2018. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/pengguna-smartphone-tertinggi-di-asia-pasifik-201

PewResearchCenter, “Internet User by Age Groups”. http://www.pewinternet.org/, diakses 2 Januari 2017.

Saragih, H P, “Belajar Tak Lagi Membosankan”.

www.wartaekonomi.com. (http://detiknas.in/donesia/2007/09/19/belajartak-lagi-membosankan/, diakses tanggal 27 Oktober 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v13i2.975

Copyright (c) 2018 Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Web
Analytics
View My Stats