Komodifikasi Agama Pada Tayangan Reality Show Dan Sinetron Pada Stasiun Televisi Swasta Indonesia

Sri Hadijah Arnus, Agus Prio Utomo

Abstract


Pergeseran media massa menjadi suatu industri, mengubah tujuan media massa tidak hanya semata menyampaikan informasi kepada khalayak, tetapi juga memperhitungkan aspek keuntungan yang dapat diraih dari penayangan sebuah acara di televisi. Tulisan ini akan memaparkan tentang bagaimana komodifikasi agama yang dilakukan dalam tayangan reality show dan sinetron di stasiun televisi swasta Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan cara memilah beberapa tayangan reality show dan sinetron dari beberapa stasiun televisi yang menggunakan unsur-unsur spritualitas dalam menyelesaikan konflik dan permasalahan yang terjadi, kemudian menganalisisnya. Selain itu pula dilakukan wawancara dengan beberapa khalayak mengenai tayangan-tayangan tersebut. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa ada beberapa tayangan yang menggunakan unsur-unsur agama dalam menyelesaikan konflik maupun permasalahan yang menjadi fokus dari tayangan tersebut. Penyertaan unsur-unsur agama dalam tayangan tersebut menjadi sebuah trend yang memiliki nilai jual yang tinggi bagi khalayak penikmat reality show dan sinetron tersebut. Tayangan yang menggunakan unsur spiritual tersebut selain memberikan nilai hiburan juga dianggap sebagai pedoman dalam penyelesaian permasalahan serupa dalam kehidupan nyata para khalayak.    

 

Kata Kunci: Komodifikasi Agama, Reality Show, Sinetron, Televisi


Full Text:

PDF

References


Aprianti, Reza.2013. Ekonomi Politik Media Komodifikasi Pekerja Dalam Industri Media Hiburan Indonesia. Wardah: Jurnal Dakwah dan Kemasyarakatan No. XXVI/Th. XIV/ Juni 2013 Hal. 87-101.

Ardianto, Elvinaro dan Komala, Lukita Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung. PT. Remaja Rosdakara.

Berger, Charles R, Roloff, Michael E., dan Ewoldsen, David R.Roskos, Handbook Ilmu Komunikasi, Bandung. Penerbit Nusa Media, 2014.

Budianto, Heri & Hamid, Farid. Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta.Kencana Prenadamedia Group. 2013

Fusalhan,Afif.2014 Kapitalisme Media dan Komodifikasi Agama. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ibrahim, Idi Subandi (2014) Komunikasi dan Komodiikasi. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Juliana (2017). Perspektif Indistri Budaya Relii dalam Film religi (kajian terhadap Film Religi Indonesia Pasca Tahun 2008). Jurnal Al Munzir Volume 10 Edisi 2

Nandi ,Presdya WS (2014) Komodifikasi dalam sinetron religi. Jakarta: Universitas Indnesia

Sambo,Masriadi dan Yusuf, Jaaruddin. Pengantar Jurnalisme Multiplatform.Jakarta:Prenadamedia Group.

Vivian, John. 2008. Teori komunikasi Massa, Edisi Kedelapan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Nurudin, 2008. Komunikasi Massa. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.

Severin, J. Werner dan Tankard, W. James. Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, dan Terapan di dalam Media Massa, Edisi Kelima. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Liliweri,Alo. 2011. Komunikasi serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Romli, Asep Syamsul M. Jurnalistik Online. Bandung:Nuansa Cendikia

http://eprints.walisongo.ac.id/7327/3/BAB%20II.pdf diakses tanggal 2 September 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.