Menyiapkan Pesan Dakwah Di Era Informasi

H.M Kholili Kholili

Abstract


Era Informasi akan menjadi ancaman bagi pengembangan dakwah,  karena    banyak informasi  di tengah umat tidak  sesuai  dengan cita-cita  dakwah; namun ia akan dapat merupakan  peluang, ketika kita dapat memanfaatkannya bagi pengembangan dakwah. Permasalahannya adalah: Bagaimana seorang da’i atau lembaga dakwah dapat memanfaatkan Era Informasi  ini untuk mengembangkan dakwah yang akan memenuhi dan mendukung kehidupan umatnya? Beberapa langkah  yang dapat diupayakan dalam  pengembangan  dakwah: Meratakan informasi kehidupan umat; Menyiapkan informasi menjadi pengetahuan; Menyaring informasi yang merugikan umat; Memberikan literasi media-literasi informasi;  dan Pembinaan keberagamaan umat.

 

Kata kunci: Era informasi, Peluang, Pengembangan Dakwah.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur'an al-Karim

Baqi, Muhammad Fuad Abdul, Al-Lu'lu Wal-Marjan, terj. H. Salim Bahreisy, (Surabaya: Bina Ilmu, 1982)

Fakhruroji, Moch., Dakwah di Era Media Baru, Teori dan Aktivitas Dakwah di Internet, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017)

Hermawan, Herry, Literasi Media; Kesadaran dan Analisis, (Yogyakarta: Calpulis, 2017)

Iriantara, Yosal, Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana, Edisi Revisi (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2009)

Kincaid, D. Lawrance & Wilbur Schramm, Asas-asas Komunikasi Antar Manusia, terj. Agus Setiadi, (Jakarta: LP3ES, 1081)

Malik, Dedy Djamaluddin, Peranan Pers Islam di Era Informasi, dalam Rusjdi Hamka dan Rofiq (ed.), Islam dan Era Informasi, (Jakarta, Pustaka Panjimas, 1989)

Muis, A., Media Massa Islam dan Era Informasi, dalam Rusjdi Hamka dan Rofiq (ed.), Islam dan Era Informasi, (Jakarta, Pustaka Panjimas, 1989)

Rogers, Everett M., Mass Mass Media dan Komunukasi Antar Peribadi, dalam Eduard Depari dan Colin MacAndrews (ed), Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1985)

Sardar, Ziauddin, Tantangan Dunia Islam Abad 21, Menjangkau Iformasi,, terj. A.E. Priyono dan Ilyas Hasan, (Bandung: Mizan, 1988)

Schramm, Wilbur, Edit. Onong U. Effendy, MA: Bagaimana Berlangsungnya Komunikasi, dalam Komunikasi dan Modernisasi, (Bandung: Alumni, 1991)

Susanto, Astrid S. Komunikasi Dalam Teori Dan Praktek, jilid II, (Bandung: Bina Pustaka, 1974)

Toffler, Alvin, Gelombang Ketiga, Bagian Kedua, terj. Sri Koediyantina SB, (Jakarta: Pantja Simpati, 1990)

Turban, Efraim & Leidner, Information Technoligy for Management, Sixth Edition, (USA: John Eiley & Sons, Inc.) 2008

“Penegertian Literasi Medi:Pengertian & Ruang Lingkup”, dalam http://www.komunikasipraktis.com/2017/01/pengertian-literasi-media-latar.html, diakses tgl. 30 Maret 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.