Tradisi Katoba: Model Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Anak Masyarakat Muna

La Ode Sahidin, Hasriany Amin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model penanaman nilai-nilai Islam pada masyarakat Muna. Selain itu penelitian ini bertujuan menemukan nilai-nilai agama yang ada dalam ritual katoba pada masyarakat Muna. Anak-anak yang berusia 7-12 tahun setelah melakukan khitan harus diikuti dengan ritual katoba. Masyarakat Muna menjadikan ritual katoba sebagai bentuk legitimasi adat untuk menanamkan nilai-nilai agama. Masyarakat Muna memiliki pemahaman bahwa seorang anak tidak diperkenankan untuk belajar ngaji sebelum dikhitan. Khitan dasar seorang anak untuk memulai belajar agama. Pemahaman seperti itu, seorang anak yang sudah dikhitan kemudian diiukti dengan ritual katoba. Pada konteks inilah ritual katoba dijadikan sebagai bentuk legitimasi anak untuk menanamkan nilai-nilai agama. Nilai-nilai yang ada dalam tuturan ritual katoba adalah nilai-nilai ketuhanan, nilai ketaatan untuk beribadah kepada Tuhan.

 

Kata kunci: Model, Ritual, Katoba, Nilai-Nilai, Islam, Muna.


Full Text:

PDF

References


Abdullah bin Abdurrahman bin Jibrin, Syaikh. 2001. Panduan Praktis Rukun Islam.Jakarta: Darul Haq.

Amin, Hasriany. 2013 Model Pendidikan Karakter Berbasis Katoba dalam Budaya Masyarakat Muna di Sulawesi tenggara (Suatu Kajian Komunikasi Budaya sebagai Upaya Pelestarian Kearifan lokal.Jurnal Sosial dan Budaya, Jurusan Etnoreflika.Hal. (179-191)

Bauto, La Ode Monto. 2014. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Budaya dan Religi dalam Tradisi Budaya Katoba sebagai Pengembangan Bahan Pembelajaran IPS-SD. Disertasi. UPI Bandung.

Endraswara, Suwardi. 2003. Metode Penelitian Kebudayaan. Jogyakarta. Gadja Mada University Press.

Gazalba, Sidi. 1978. Ilmu Filsafat dan Islam tentang Manusia dan Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Hasani. Filsafat Ilmu dalam Pendekatan Studi Agama: Kajian Konsep dan Aplikasi Ilmu Tafsir dan Syariah. Jurnal Al-Adalah Vol. X, No. 3 Januari 2012. hal. 353-372.

Herusatoto, Budiono. 1984. Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: PT Hanindita

La Niampe. 2008. Tuturan Tentang Katoba dalam Tradisi Lisan Muna. Deskripsi Nilai dan Fungsi (Makalah: Disajikan dalam Seminar Internasional Lisan VI Wakatobi). Kendari: Universitas Haluoleo.

Magara, Irma. 2010. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tuturan Katoba pada Masyarakat Mawasangka. Skripsi. Kendari: FKIP Unhalu.

Mikelsen, Brintha, 2001, Metode Penelitian partisipatoris dan upaya-upaya pemberdayaan, sebuah buku pegangan bagi praktisi lapangan, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Mu’amal Hamidy, dkk. 2001 Nailul Authar: Himpunan Hadits-Hadits dan Hukum. Surabaya: Bina Ilmu.

Nasution, Harun. 1979. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Rifa’i, Moh. Risalah. 1976. Risalah Tuntunan Salat Lengkap. Semarang: Toha Putra.

Sarmadan. 2014 Upacara Katoba pada Masyarakat Muna (Analisis Struktural, Nilai – Nilai Kultural, dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Apresiasi Sastra Lama di Sekolah Menengah Atas. Tesis UPI.

Tobroni. 2007. Pendidikan Islam, Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.

Thoha, M. Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Turner, Victor. 1977. The Forest of Symbols: Aspek of Ndembu of Ritual. London:Cornell University Press.

Wuisman, M.JJJ., 1995., Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Jilid I, asasa-asas Penyunting M.Hisyam, Lembaga penelitian Fekon UI, Jakarta.

Yin, R.K., 1994, Studi kasus (Desain dan metode), Terjemahan, Rajawali Pers, Jakarta.

Sutarjo Adisusilo, JR. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Ratna Sari, Soni Akhmad Nulhaqim, & Maulana Irfan. Jurnal Sosio Informa Vol. 01, No. 1, Januari - April, Tahun 2015 VOLUME: 2 NOMOR: 1 HAL: 1 - 146 ISSN: 2442-4480-18)

Yunus, Abdul Rahim. 1995. Posisi Tasawuf dalam Sistem Kesultanan Buton pada Abad ke-19. INIS: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/am.v11i2.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.