Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Studi Kitab Adbul ‘Alim Wal Muta’alim

Lukmanul Hakim

Abstract


Karakteristik pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim, dapat dikategorikan kedalam corak yang praktis dan berpegang teguh pada Alquran dan Hadist. Kecenderungan lain dari pemikiran beliau adalah mengetengahkan nilai-nilai etis yang bernafaskan sufistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana konsep pendidikan karakter menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dan juga bagaimana karakter yang harus dimiliki oleh murid terhadap guru menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim. Penelitian ini ditulis dengan jenis penelitian kepustakaan dan dengan metode deskriptif-analitis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan karakter menurut K.H Hasyim Asy’ari lebih ditekankan kepada: Pertama, memurnikan niat, Kedua, berperilaku qana’ah, Ketiga, bersikap wara’, Keempat, berperilaku tawadhu’, Kelima, berperilaku zuhud, Keenam, berperilaku sabar, Ketujuh, menghindari hal-hal yang kotor dan maksiat. Sedangkan karakter yang harus dimiliki oleh murid terhadap guru menurut K.H Hasyim Asy’ari yaitu: Pertama, bersikap tawadhu’, Kedua, menghormati guru, Ketiga, berperilaku sabar.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, K.H Hasyim Asy’ari, Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim.


Full Text:

PDF

References


Abu Ali Al Banjari An Nadwi (Ahmad Fahmi Zamzam), Bidayatul Hidayah, Khazanah Banjariah Ma’had Tarbiyah Islamiah Dereng, Cet II, 1995

Abd. Hamid Wahid, Pendidikan Karakter, Pesantren Menjawab, Majalah Alfikr, No. 20 Th. XIX/Muharram-Jumadil Akhir 1433 H

Abdullah bin Az Zubair bin 'Isa bin 'Ubaidillah, Bukhari, Aplikasi Digital Kitab Hadist,1

Achmad Siddiq, Khitthah Nahdliyyah, Surabaya Khalista, 2005

Ahmad Hasyim Muzadi, Nahdlatul Ulama di Tengah Agenda Persoalan Bangsa, Jakarta PT Logos Wacana Ilmu, 1999

Ahmad Ma’ruf Asrori, Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu Terjemahan Ta’lim Muta’allim, Surabaya Al-Miftah 2012

Akmal Mundiri Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Islam Berbasis Spirit Integralistik At-turas Jurnal Studi Keislaman, Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2014

Amin Farih, Nahdlatul Ulama (NU) dan Kontribusinya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), (Walisongo, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 24 No. 2, November 2016

Armai Arief, Sejarah Pertumbuhan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Klasik, Angkasa Bandung, 2004

Author, Sejarah Berdirinya NU, MI Darul Hikmah, Publish, 2011

Bukhari Is, Pendidikan Kejujuran Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Jurnal EduTech Vol. 3 No. 1 Maret 2017

Departemen Agama RI, Alquran Terjemah Tafsir Perkata, Bandung Sygma Publishing, 2010

Ehwanudin, Tokoh Proklamator Nahdlatul Ulama (Studi Historis Berdirinya Jam’iyyah Nahdlatul Ulama), Fikri, Vol. 1, No, 2, Desember 2016

Feri Agus, Berita Hukum Kriminal, CCN Indonesia Nasional, Selasa, 7 Nopember 2017

Galih Nafrio Nanda, Tribun Pontianak.co.id, Selasa, 20 Juni 2017

Hariyanto dan Fibriana Anjaryati, Character Bulding: Telaah Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Karakter, JPII Volume 1, Nomor 1, Oktober 2016

Hartono Margono, K.H Hasyim Asy’ari dan Nahdlatul Ulama: Perkembangan Awal dan Kontemporer, Artikel Media Akademika, Vol. 26, No. 3, Juli 2011

Hasyim Wahid, dkk. Telikungan Kapitalisme Global Dalam Sejarah Kebangsaan Indonesia, Yogyakarta LKiS, 1999

Imam Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali, Mukhtasor Ihya’ Ulumuddin, Dar Al -Kutub Al –Islamiyah, 2004

Imam Muhlis, Ijtihad Kebangsaan Soekarno dan NU, CV. Tangan Emas Publisher, 2013

Lathiful Khuluq, Fajar Kebangunan Ulama, Biografi K.H Hasyim Asy’ari,

Yogyakarta LKiS, 2000

Moh. Fachri Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa At-turas Jurnal Studi Keislaman, Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2014

Moh. Fathu Lillah, Terjemahan Ta’lim al-Muta’allim, Santri Salaf Press, 2015

Moh. Said, Pendidikan Karakter di Sekolah, Surabaya Jaring Pena, 2011

Moh. Zuhri Zaini, Pesantren vis-a-vis Korupsi, Majalah Alfikr, No. 28 April-Oktober 2016

Muhibbin Noor, Pendidikan Karakter Catatan Reflektif dalam Membangun Pendidikan Berbasis Akhlak dan Norma, Semarang Fatawa Publishing, 2015

Muhammad Ishom dan Nia Daniati, K.H Hasyim Asy’ari Figur Ulama dan Pejuang Sejati, Surabaya PT Litera Perkasa, 2000

Muhammad Ishom Hadziq, Adabul ‘Alim Wal Muta’alim, Maktabah At-turas Al-Islami, 1994

Muhammad Sanusi, Kebiasaan-kebiasaan Inspiratif K.H Hasyim Asy’ari dan K.H Ahmad Dahlan, Yogyakarta Diva Press, 2013

Mukani, Biografi dan Nasihat Hadratussyaikh K.H M. Hasyim Asy’ari, Jombang Jawa Timur Pustaka Tebuireng, 2015

Mushafi Miftah dkk, Menatap Masa Depan Lebih Cerah, Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo, Cet 1, 2012

Muh Shofi Al Mubarok dan Sudarno Shobron, Dakwa dan Jihad dalam Islam, Studi Atas Pemikiran K.H Hasyim Asy’ari, Profetika, Jurnal Studi Islam, Vol. 17, No. 2, Desember 2015

Nurani Soyumukti, Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern, Yogyakarta Ar-Ruzz Media, Cet 1, 2015

Ridwan Abdullah Sani, Pendidikan Karakter Di Pesantren, Bandung Cipta Pustaka Media Printis, 2016

Rosidin, Pendidikan Karakter Khas Pesantre, Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim, Malang Genius Media, 2014

Taufi qurrahman, Kompas.com, Sabtu, 3 Februari 2018

Zuhairi Misrawi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, Moderasi, Keutamaan dan kebangsaan, Jakarta PT. Kompas Media Nusantara, 2010

Zulnuraini, Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi Dan Pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu, Jurnal DIKDAS, No.1, Vol.1, September 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.