Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Kh. Hasyim Asy’ari Studi Kitab Adbul ‘Alim Wal Muta’alim
Abstract
Karakteristik pemikiran Kiai Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim, dapat dikategorikan kedalam corak yang praktis dan berpegang teguh pada Alquran dan Hadist. Kecenderungan lain dari pemikiran beliau adalah mengetengahkan nilai-nilai etis yang bernafaskan sufistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana konsep pendidikan karakter menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dan juga bagaimana karakter yang harus dimiliki oleh murid terhadap guru menurut K.H Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim. Penelitian ini ditulis dengan jenis penelitian kepustakaan dan dengan metode deskriptif-analitis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsep pendidikan karakter menurut K.H Hasyim Asy’ari lebih ditekankan kepada: Pertama, memurnikan niat, Kedua, berperilaku qana’ah, Ketiga, bersikap wara’, Keempat, berperilaku tawadhu’, Kelima, berperilaku zuhud, Keenam, berperilaku sabar, Ketujuh, menghindari hal-hal yang kotor dan maksiat. Sedangkan karakter yang harus dimiliki oleh murid terhadap guru menurut K.H Hasyim Asy’ari yaitu: Pertama, bersikap tawadhu’, Kedua, menghormati guru, Ketiga, berperilaku sabar.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, K.H Hasyim Asy’ari, Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim.
Full Text:
PDFReferences
Abu Ali Al Banjari An Nadwi (Ahmad Fahmi Zamzam), Bidayatul Hidayah, Khazanah Banjariah Ma’had Tarbiyah Islamiah Dereng, Cet II, 1995
Abd. Hamid Wahid, Pendidikan Karakter, Pesantren Menjawab, Majalah Alfikr, No. 20 Th. XIX/Muharram-Jumadil Akhir 1433 H
Abdullah bin Az Zubair bin 'Isa bin 'Ubaidillah, Bukhari, Aplikasi Digital Kitab Hadist,1
Achmad Siddiq, Khitthah Nahdliyyah, Surabaya Khalista, 2005
Ahmad Hasyim Muzadi, Nahdlatul Ulama di Tengah Agenda Persoalan Bangsa, Jakarta PT Logos Wacana Ilmu, 1999
Ahmad Ma’ruf Asrori, Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu Terjemahan Ta’lim Muta’allim, Surabaya Al-Miftah 2012
Akmal Mundiri Rekonstruksi Epistemologi Pendidikan Islam Berbasis Spirit Integralistik At-turas Jurnal Studi Keislaman, Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2014
Amin Farih, Nahdlatul Ulama (NU) dan Kontribusinya dalam Memperjuangkan Kemerdekaan dan Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), (Walisongo, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol. 24 No. 2, November 2016
Armai Arief, Sejarah Pertumbuhan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam Klasik, Angkasa Bandung, 2004
Author, Sejarah Berdirinya NU, MI Darul Hikmah, Publish, 2011
Bukhari Is, Pendidikan Kejujuran Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, Jurnal EduTech Vol. 3 No. 1 Maret 2017
Departemen Agama RI, Alquran Terjemah Tafsir Perkata, Bandung Sygma Publishing, 2010
Ehwanudin, Tokoh Proklamator Nahdlatul Ulama (Studi Historis Berdirinya Jam’iyyah Nahdlatul Ulama), Fikri, Vol. 1, No, 2, Desember 2016
Feri Agus, Berita Hukum Kriminal, CCN Indonesia Nasional, Selasa, 7 Nopember 2017
Galih Nafrio Nanda, Tribun Pontianak.co.id, Selasa, 20 Juni 2017
Hariyanto dan Fibriana Anjaryati, Character Bulding: Telaah Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Karakter, JPII Volume 1, Nomor 1, Oktober 2016
Hartono Margono, K.H Hasyim Asy’ari dan Nahdlatul Ulama: Perkembangan Awal dan Kontemporer, Artikel Media Akademika, Vol. 26, No. 3, Juli 2011
Hasyim Wahid, dkk. Telikungan Kapitalisme Global Dalam Sejarah Kebangsaan Indonesia, Yogyakarta LKiS, 1999
Imam Abu Hamid Muhammad Al-Ghazali, Mukhtasor Ihya’ Ulumuddin, Dar Al -Kutub Al –Islamiyah, 2004
Imam Muhlis, Ijtihad Kebangsaan Soekarno dan NU, CV. Tangan Emas Publisher, 2013
Lathiful Khuluq, Fajar Kebangunan Ulama, Biografi K.H Hasyim Asy’ari,
Yogyakarta LKiS, 2000
Moh. Fachri Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa At-turas Jurnal Studi Keislaman, Vol. 1 No. 1 Januari-Juni 2014
Moh. Fathu Lillah, Terjemahan Ta’lim al-Muta’allim, Santri Salaf Press, 2015
Moh. Said, Pendidikan Karakter di Sekolah, Surabaya Jaring Pena, 2011
Moh. Zuhri Zaini, Pesantren vis-a-vis Korupsi, Majalah Alfikr, No. 28 April-Oktober 2016
Muhibbin Noor, Pendidikan Karakter Catatan Reflektif dalam Membangun Pendidikan Berbasis Akhlak dan Norma, Semarang Fatawa Publishing, 2015
Muhammad Ishom dan Nia Daniati, K.H Hasyim Asy’ari Figur Ulama dan Pejuang Sejati, Surabaya PT Litera Perkasa, 2000
Muhammad Ishom Hadziq, Adabul ‘Alim Wal Muta’alim, Maktabah At-turas Al-Islami, 1994
Muhammad Sanusi, Kebiasaan-kebiasaan Inspiratif K.H Hasyim Asy’ari dan K.H Ahmad Dahlan, Yogyakarta Diva Press, 2013
Mukani, Biografi dan Nasihat Hadratussyaikh K.H M. Hasyim Asy’ari, Jombang Jawa Timur Pustaka Tebuireng, 2015
Mushafi Miftah dkk, Menatap Masa Depan Lebih Cerah, Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo, Cet 1, 2012
Muh Shofi Al Mubarok dan Sudarno Shobron, Dakwa dan Jihad dalam Islam, Studi Atas Pemikiran K.H Hasyim Asy’ari, Profetika, Jurnal Studi Islam, Vol. 17, No. 2, Desember 2015
Nurani Soyumukti, Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern, Yogyakarta Ar-Ruzz Media, Cet 1, 2015
Ridwan Abdullah Sani, Pendidikan Karakter Di Pesantren, Bandung Cipta Pustaka Media Printis, 2016
Rosidin, Pendidikan Karakter Khas Pesantre, Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim, Malang Genius Media, 2014
Taufi qurrahman, Kompas.com, Sabtu, 3 Februari 2018
Zuhairi Misrawi, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, Moderasi, Keutamaan dan kebangsaan, Jakarta PT. Kompas Media Nusantara, 2010
Zulnuraini, Pendidikan Karakter: Konsep, Implementasi Dan Pengembangannya di Sekolah Dasar di Kota Palu, Jurnal DIKDAS, No.1, Vol.1, September 2011.
Refbacks
- There are currently no refbacks.