Konsep Diri Para User Whatsapp Messenger Di Kota Makassar Dalam Menunjukkan Eksistensi Dirinya
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui konsep diri para user WhatsApp Messenger di Kota Makassar dalam menunjukkan eksistensi dirinya, serta Tanggapan Significant Other mengenai User WhatsApp Messenger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian mengungkapkan, para User WhatsApp Messenger dalam menjalin interaksi dilingkungan kesehariannya, konsep diri yang mereka bangun dan bentuk terhadap teman-teman dilingkunganya, mereka mempertahankan konsep diri sebagai User WhatsApp Messenger yang individual pintar bersosialisasi sehingga konsep diri yang mereka bangun tetap berdasarkan dari diri mereka, tanpa adanya perubahan perilaku yang bukan diriĀ mereka sendiri, gambaran diri, harga diri peran, identitas diri mereka untuk mempertahankan identitasnya atau keyakinan akan dirinya walau dalam kondisi sesulit apa pun.
Kata kunci : User WhatsApp Messenger, konsep diri, fenomenologi
Full Text:
PDFReferences
Almu, Abba and Buhari, Bello Alhaji, 2004. Effect of Mobile Social Networks on Secondary Schools Students, International Journal of Computer Science and Informan Technologies (IJCSIT) Vol.5 (5) diakses 3 Juni 2016.
Ardianto, Komala, Komunikasi Massa, Simbiosa Rekatama Media, Makassar: 2007.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek. PT. Bina Aksara: Jakarta, 1985.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi; Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada; 2008.
Computer-Mediated Communication: Definition, Types & Advantages. http://study.com/academy/lesson/computer-mediated-communication-definition-types-advantages.html diakses 8 Oktober 2017.
Dampak Buruk Ponsel bagi Remaja dan Cara Mengatasinya. http://lifestyle.kompas.com/read/2016/10/10/170700423 diakses 7 Oktober 2017.
Daymon, Christine & Immy Holloway. Metode-metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications;Yogyakarta, Bentang; 2008.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Teori & Filsafat Komunikasi: cetakan ke 2, Citra Aditya Bakti, Makassar: 2000.
Hamidi, Metode Penelitian dan Teori Komunikasi, Universitas Muhammadiyah, Malang: 2007.
Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Inter net+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_sa/tker diakses 3 Oktober 2017.
Jumlah Pengguna Ponsel di Indonesia. http://media.bursadana.co.id/2016/03/18/jumlah-pengguna-ponsel-di-indonesia.html diakses 17 Juli 2017.
Kriyantono, Teknik Praktis, Riset Komunikasi, 2006. Kencana Prenada Media Grup.
Laporan comScore: WhatsApp Adalah Aplikasi Mobile Terpopuler di Indonesia. https://id.techinasia.com/comscore-whatsapp-adalah-aplikasi-terpopuler-di-indonesia. Diakses 8 Oktober 2017.
Menentukan Ukuran Sampel Sederhana. http://teorionline.net/menentukan-ukuran-sampel-menurut-para-ahli diakses 7 Oktober 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.