Nilai-Nilai Dakwah Dalam Film Adit Dan Sopo Jarwo Episode 4 Di MNC TV (Studi Terhadap Mahasiswa Pecinta Film Di IAIN KENDARI)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Nilai-Nilai Dakwah dalam Film Adit dan Sopo Jarwo Episode 4 Di MNC TV (Studi terhadap Mahasiswa Pecinta Film di IAIN KENDARI). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” pada episode 4 dan untuk mengetahui nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam film animasi “Adit dan Sopo Jarwo” pada episode 4
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pada dasarnya bersifat kualitatif–interpretatif Dengan fokus penelitian pada nilai-nilai dakwah melalui film Animasi “Adit dan Sopo Jarwo” yang tayang setiap harinya di media televisi MNCTV, yang dinilai peneliti mendekati makna yang mencerminkan sikap atau perilaku bahkan perkataan menyeru atau mengajak kepada kebaikan yang dilakukan setiap karakter dalam film Animasi Adit dan Sopo Jarwo.
Nilai-nilai dakwah yang didapatkan setelah wawancara dengan beberapa mahasiswa, terdapat 5 nilai-nilai dakwah yaitu nilai kesabaran, nilai keikhlasan, nilai kewajiban, nilai ketaatan dan nilai akhlak. Kemudian dilihat dari segi dampak dakwah, pendapat mereka tentang dampak dakwah dalam film Adit dan Sopo Jarwo sangat baik karna didalam film animasi ini dampak yang mereka dapatkan adalah bahwasannya kita harus meminta izin sebelum meminjam atau mengunakan barang orang lain.
Full Text:
PDFReferences
Arief B. Iskandar,2015, Materi Dasar Islam, Bogor ; Al-Azhar Press.
Asmuni syukir, 1983,Strategi Dakwah Islam, Surabaya: al-ikhlas.
ArifinMuhammad,2006., DakwahMultiMedia, Surabya: Graha Media.
Arifin,1994, Psikologi Dakwah, Jakarta : Bina Aksara.
Departemen Agama RI, 1995,Alquran dan terjemahnyaJakarta: Yayasan
Penafsir dan Penterjemah Alquran.
Effendy, Onong Uchjana. 2000, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi.
Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Fiske John.2012, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Jumroni, 2006,Metode-metode Penelitian Komunikasi, Cet.Ke-1,Jakarta: UIN Jakarta Press.
Kuswandi Wawan, 1996,Komunikasi Massa “ Sebuah Analisis Media
Televisi”. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Kusnawan, Aep,Komunikasi dan Penyiaran Islam, Mengembangkan Tabligh melalui
Mimbar, Media Cetak, Radio, televisi, Film dan Media Digital. Bandung : Benang Merah Press. 2004
La Malik Idrus. 2007, strategi dakwah kontemporer, cet,1 Makassar : sarwah Press
Indobis Group.
Muhidin Agus, 2002,Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an, cet.1, Bandung:
Putsaka Setia.
Moh. Ali Aziz, M.Ag, 2004,Ilmu Dakwah , cet 1. Jakarta : Kencana.
M. Munir, S.Ag., M.A., Wahyu Ilaihi, S.Ag., M.A. 2006, Manajemen
DakwahKencana: Prenada Media Group.
Prihadi. MA., Kamus Pintar Bahasa Indonesia, Surabaya : “Alfa” , TTH.
Rahmat Jalaluddin, 1982,Retorika Modern, Sebuah Krangka Teori dan
Praktek Berpidato, Bandung: Akademika.
Rosidi, 2014, Metode Penelitian Pesan Media dan Analisis Wacana, Lampung:
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Raden Intan Lampung.
Robert K. Yin, 2006, Studi Kasus Desain dan MetodeJakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Sukardi Ahmad,2009, Dakwah & Teknik Berpidato,Kendari: CV Shadra. Sumarno
Marselli. 1996, Dasar-Dasar Apreasi Film, Jakarta : PT
Gramedia Widiasarana.
Sugiyono.2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Alfabeta.
Sugiyono.2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Alfabeta.
Sangadji, Etta Mamang.2010, Metode Penelitian-Pendekatan Praktis dalam
Penelitian, Yogyakarta : Andi.
Toha Yahya Omar, M.A,1979, Ilmu Dakwah, Jakarta : Wijaya.
Tasmara, Toto, 1987, KomunikasiDakwah, Jakarta : CV Gaya Media
Pertama.
Zulkifli Musthan,2002, Ilmu Dakwah, jilid I, Makassar : Yayasan Fatiya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.