PENDEKATAN, LANDASAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Abstrak: Bahasa Arab memiliki karakteristik dan
kesulitan yang tinggi. Oleh sebab itu perlu pendekatan,
landasan dan model pembelajaran yang mumpuni.
Tulisan ini mengetengahkan berbagai pendekatan dalam
pembelajaran bahasa Arab. Diasumsikan bahwa bahasa
itu harus dikomunikasikan secara aktif, untuk itu siswa
diberi kesempatan yang luas untuk mengekpresikan
perasaannya melalui ungkapan bahasa arab. Disamping
itu perlu ada landasan untuk meramu metode
pembelajaran yang tepat, sehingga kita dapat
mempetakan materi prioritas, akurasi, gradasi, motivasi
dan pemantapan. Hal penting yang lain adalah model
pembelajaran yang variatif dan inovatif untuk mencapai
empat kemahiran berbahasa yaitu: mendengar, berbicara,
membaca dan menulis.
Kata Kunci: Pendekatan, landasan, model
pembelajaran, pembelajaran aktif.
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.