PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TIK YANG MENYENANGKAN PADA SMA NEGERI 4 KOTA KENDARI
Abstract
Abstrak: Fokus masalah penelitian ini adalah
pengembangan model pembelajaran PAI berbasis TIK
yang valid dan menyenangkan pada SMA Negeri 4 Kota
Kendari. Model pembelajaran PAI berbasis TIK ini
memiliki sintaks dengan lima fase, yakni: a)
menyampaikan tujuan pembelajaran dan mempersiapkan
siswa terarah jelas dalam program moodle yang telah
diformat sedemikian rupa, b) mendemonstrasikan
pengetahuan atau keterampilan (siswa membaca dan
mempelajari dengan seksama materi yang telah disiapkan
dalam program moodle, c) membimbing pelatihan
(guru/pengajar membimbing siswa jika mengalami
kesulitan dalam memahami materi, baik melalui bimbingan
langsung maupun melalui forum diskusi yang telah
disiapkan dalam program moodle, d) mengecek
pemahaman dan memberikan umpan balik (siswa
mengerjakan kuis dan uji kompetensi yang ada pada emateri
masing-masing KD), e) memberikan kesempatan
untuk pelatihan lanjutan dan penerapan.
Hal yang menarik dalam penelitian ini adalah adanya
kesungguhan dan keantusiasan siswa dalam belajar PAI
dengan program moodle yang tertera dalam website SMA
Negeri 4 Kota Kendari, dan seluruh siswa pada uji I dan II
menyatakan senang mempelajari PAI berbasis TIK.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PAI, Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK).
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.