PEMAKAIAN BAHASA DAERAH DALAM SITUASI KONTAK BAHASA

Siti Fauziah M.

Abstract


 Teknologi informasi yang semakin sarat dengan tuntutan dan tantangan globalisasi mengharuskan untuk berkomunikasi satu sama lain, baik itu dengan anggota masyarakatnya ataupun dengan anggota masyarakat lain, padahal secara umum diketahui bahwa bahasa yang digunakan antar masyarakat yang satu dengan yang lain berbeda, sehingga peristiwa inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya kontak bahasa. Kontak bahasa merupakan peristiwa dimana terjadi penggunaan lebih dari satu bahasa dalam waktu dan tempat yang bersamaan.

Kontak bahasa dapat terjadi antara lain melalui: (1) pindahnya sebuah kelompok ke tempat kelompok lain, (2) melalui hubungan budaya yang erat dan (3) melalui pendidikan.

Peristiwa-peristiwa kebahasaan yang mungkin terjadi akibat adanya kontak bahasa adalah peristiwa bilingualisme, diglosia, alih kode, campur kode, interferensi, integrasi, konvergensi dan pergeseran bahasa.

Akibat dari kontak bahasa memunculkan peristiwa lingua franca yang di dalamnya terdapat bahasa pidgin dan kreol. Selain itu, akibat kontak bahasa juga terjadi bilingualisme, diglosia, interferensi, konvergensi, integrasi, dan pergeseran bahasa.

 

Kata Kunci: Bahasa Daerah, Kontak Bahasa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/am.v8i2.745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.