AL MUNZIR, JURNAL, ILMU-ILMU, KOMUNIKASI, BIMBINGAN, ISLAM, JURNAL ILMU-ILMU KOMUNIKASI DAN BIMBINGAN ISLAM

Archives

2014

Cover Page

No 2 (2014): Vol. 7 No. 2 November 2014

Alhamdulillah, Jurnal al-Munzir Volume 7 Nomor 2, November 2014 ini bisa hadir kembali ke hadapan pembaca. Pada edisi ini diawali artikel berjudul Dakwah dan Jihad, Sebuah Gerakan Perdamaian yang ditulis oleh Akhmad Sukardi. Dari uraiannya, ia menyimpulkan bahwa dakwah merupakan panggilan suci untuk menyebarkan Islam, dan untuk tegaknya Islam diperlukan jihad dalam rangka merealisasikan ajaran Islam dalam masyarakat. Dengan demikian jihad merupakan pendekatan dakwah.

 

Artikel kedua berjudul Media Pembelajaran Bahasa Arab. Artikel yang ditulis oleh Aminudin ini menguraikan pentingnya media dalam membantu para pendidik dalam proses menyampaikan pesan pembelajaran agar lebih cepat dan mudah ditangkap oleh anak-anak didik. Bahkan media memiliki kekuatan-kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu mengubah tingkah laku mereka ke arah perubahan positif.

 

Artikel ketiga berjudul Manajemen Dakwah Rasul saw. di Mekkah yang ditulis oleh Hasan Basri. Dalam uraiannya, penulis menekankan bahwa tahapan dakwah Nabi saw. merupakan metode (thariqah) dakwah baku untuk menegakkan Islam, sehingga umat Islam khususnya gerakan dakwah hari ini harus menapakinya sebagai thariqah yang tidak bisa diganti.

 

Artikel keempat berjudul Analisis Metodologi Tafsir al-Munir Karya Wahbah Zuhaily. Tulisan Muhammad Hasdin Has ini menjelaskan bahwa kitab tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari’ah wa al al-Manhaj karya Syekh Wahba Zuhaily adalah sebuah tafsir modern yang menawarkan sebuah sistem penulisan yang sederhana dengan pola susunan redaksi kalimat yang mudah dipahami, tetapi tetap mempertahankan konsistensi serta pemaparan masalah yang sistematis dalam lingkup tema pembahasan.

 

Tulisan kelima berjudul Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak, ditulis oleh Nurdin. Dalam uraiannya, ia memaparkan proses pembentukan akhlak bagi anak-anak melalui peran orang tua dalam membuka kran komunikasi yang sehat bagi anak sehingga pendidikan berlangsung menyenangkan.

 

Artikel keenam ditulis oleh Rahmawati dengan judul Memahami Ajaran Fana, Baqa dan Ittihad dalam Tasawuf yang dipandang sebagai cikal bakal timbulnya ajaran kesatuan wujud atau ittihad. Artikel ketujuh ditulis oleh Ros Mayasari. Dalam tulisannya berjudul Religiusitas Islam dan Kebahagiaan, Sebuah Telaah dengan Perspektif Psikologi, penulis mengeskplorasi hubungan konsep kebahagiaan/kesejahteraan dalam psikologi dengan religiusitas Islam, yang menurutnya bisa berkontribusi langsung terhadap kebahagiaan seseorang atau tidak langsung melalui pemberian makna dan tujuan hidup manusia.

 

Artikel kedelapan berjudul Industrialisasi Media Massa dan Etika Jurnalistik. Tulisan Sri Hadijah Arnus ini mengemukakan adanya pergeseran orientasi media massa dari media yang semata-mata untuk informasi ke arah industrialisasi, dimana selain menyampaikan informasi, media juga memiliki kepentingan ekonomi yang berakibat sulitnya penegakan etika jurnalistik, apalagi kode etik yang dibuat oleh beberapa organsasi pers tidak memiliki implikasi hukum, sehingga kode etik dikembalikan kepada masing-masing pribadi yang terlibat dalam aktivitas di media massa.

 

Tulisan kesembilan berjudul Kepemimpinan Wanita Dalam Rumah Tangga (Telaah Hadis). Setelah membahas hadis yang berkaitan dengan kepemimpinan, Sulaemang L. dalam tulisannya menegaskan bahwa wanita sebagai isteri adalah pemimpin dalam rumah tangga, ia bertugas memenej urusan rumah tangga dan mendidik anak dengan sebaik-baiknya.

 

Artikel berikutnya berjudul Tauhid sebagai Essensi Ajaran Islam. Tulisan Tomo Paranrangi ini menegaskan bahwa tauhid adalah essensi Islam dan misi para Nabi dan Rasul. Karena itu, agama Islam menekankan pemurnian cara berpikir dengan berangkat dari tauhid, sekaligus mencela perbuatan syirik, takhayul dan khurafat yaitu berupa mitologi dan legenda-legenda karena karena di samping tidak ada manfaatnya juga menyesatkan.

 

Artikel terakhir berjudul Globalisasi Komunikasi dalam Hubungannya dengan Pendidikan di Indonesia. Artikel yang ditulis oleh Zulkifli M. ini menjelaskan fakta globalisasi yang melanda pendidikan di Indonesia yang ditandai dengan terjadinya ambivalensi, di satu sisi ingin mengejar ketertinggalan dan di sisi lain belum siap untuk mencapai kualitas tersebut, sehingga perlu adanya perombakan kebijakan pendidikan yang berpihak pada kaum miskin, dan menghentikan komersialisasi pendidikan.

 

Selamat membaca…!

Kendari, November 2014

 

Redaktur

Akhmad Sukardi

Cover Page

No 1 (2014): Vol. 7 No. 1 Mei 2014

Alhamdulillah, Jurnal Al-Munzir Volume 7 Nomor 1, Mei 2014 ini bisa diterbitkan kembali ke hadapan pembaca. Pada edisi kali ini semua artikel merupakan tulisan dari dosen Jurusan Dakwah dan Komunikasi STAIN Kendari, diawali dengan artikel berjudul Peranan Dakwah dan Komunikasi Antarbudaya dalam Masyarakat Plural yang ditulis oleh Abd. Rahman P. disusul srtikel berjudul Urgensi Public Relations bagi Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam tulisan Akhmad Sukardi.

 

Selain tulisan itu, ada juuga tulisan dalam bidang pendidikan oleh Aminudin berjudul Pendidikan Islam yang Berkualitas dan pendidikan keluarga yang ditinjau dari aspek dakwah berjudul Implementasi Dakwah dalam Keluarga oleh Hadi Machmud.

 

Selanjutnya, artikel yang cukup penting untuk dicermati apa yang ditulis oleh Hasan Basri berjudul Dakwah di Pentas Demokrasi yang mengupas batilnya dakwah dengan kooperatif atau masuk dalam system demokrasi karena asasnya yang berseberangan dengan Islam.

 

Artikel selanjutnya secara berturut-turut berjudul Problematika Urbanisasi oleh Mansur, Tarekat dan Perkembangannya oleh Rahmawati, Pengaruh Keterampilan Sosial dan Efikasi Diri Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis oleh Ros Mayasari, dan Promosi Jurusan Dakwah dan Komunikasi di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa ditulis oleh Sri Hadijah Arnus.

 

Edisi ini ditutup dengan artikel berjudul Manhaj ‘Ajjaj Al-Khatib (Analisis Kritis terhadap Kitab Ushul Al-Hadis, ‘Ulumuh Wa Mushtalahuh) tulisan Sulaemang L.

 

Selamat membaca…!

Kendari, Mei 2014

 

Redaktur

Akhmad Sukardi


2013

Cover Page

No 2 (2013): Vol. 6 No. 2 November 2013

Alhamdulillah, Jurnal Al-Munzir Volume 6 Nomor 2, November 2013 ini bisa diterbitkan dengan memuat lima belas artikel yang ditulis oleh para dosen Jurusan Dakwah STAIN Kendari dan dosen dari Universitas Muhammadiyah Kendari. Edisi ini diawali dengan tulisan berjudul Teknologi Informasi sebagai Peluang dan Tantangan Dakwah tulisan Abd. Rahman P. Menurutnya, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi tidak selamanya membuat kehidupan manusia semakin bahagia, ada segi-segi negatif yang kesemuanya itu merupakan tantangan dakwah yang perlu dijawab dengan perencanaan dakwah secara menyeluruh serta memanfaatkan teknologi tersebut secara tepat.

 

Artikel lain yang terkait dengan dakwah adalah Strategi dan Metode Dakwah Muhammad Ibn Abdul Wahab yang ditulis oleh

Akhmad Sukardi. Terdapat juga tulisan mengenai bimbingan konseling dikaitkan dengan pembelajaran kreatif yang ditulis oleh Faizah Binti Awad. Ada juga artikel tentang manajemen pengembangan sumber daya manusia dalam dakwah yang ditulis oleh Hasan Basri. Terdapat juga artikel mengenai hubungan Islam dan psikoterapi yang ditulis oleh Ros Mayasari. Dalam bidang komunikasi massa, terdapat artikel berjudul Peran Spin Doctor dalam Pemasaran Politik yang ditulis oleh Sri Hadijah Arnus.

 

Topik lain juga mewarnai edisi ini adalah artikel berjudul Tinjauan Yuridis terhadap Sah Tidaknya Penangkapan dan Penahanan

Polri terhadap Abu Bakar Ba'asyir Menurut KUHAP oleh Asrianto Zainal, Pendekatan, Landasan dan Model Pembelajaran Bahasa Arab oleh Jabal Nur, Nilai-Nilai Pembangun Karakter (Studi Di SDIT Al-Qalam Kendari Tahun 2013 oleh Nurdin, Model-Model Tafsir dalam al-Qur’an oleh Nurfaidah, Cinta dalam Pandangan Sufisme oleh Rahmawati, Konsep Ilmu Pengetahuan Menurut Al-Gazali, Analisis Epistimologi Islam oleh Samrin, Kemampuan Membaca Pemahaman Literal dan Interpretatif oleh St. Fauziah, dan Pengembangan Model Pembelajaran PAI Berbasis TIK Yang Menyenangkan pada SMA Negeri 4 Kota Kendari oleh Zulkifli. M.

 

Selamat membaca…!

Kendari, November 2013

 

Redaktur

Akhmad Sukardi

Cover Page

No 1 (2013): Vol. 6 No.1 Mei 2013

Alhamdulillah, Jurnal al-Munzir Volume 6 Nomor 1, Mei tahun 2013 ini dapat terbit kembali sesuai jadwal yang ditetapkan. Pada edisi kali ini dimuat empat belas artikel yang ditulis oleh dosen STAIN Kendari.

 

Tema dakwah yang mengawali edisi kali ini dikemukakan bahasan mengenai pola dakwah pada masyarakat global yang ditulis
oleh Akhmad Sukardi. Dalam artikelnya, ia mengemukakan fakta globalisasi yang menjanjikan harapan dan manfaat, sekaligus
menyediakan hal-hal negatif, seperti: gaya hidup materialis, hedonistis, apatis, bahkan anarkis. Upaya yang harus dilakukan untuk mengantisipasi pengaruh negatif tersebut adalah dengan penguatan dan penanaman nilai agama dan budaya melalui pola dakwah kultural, ekonomi, dan politik. Karena itu, dalam artikel berikutnya yang ditulis Aminudin berjudul Dakwah di Indonesia dan Eksistensinya pada Era Modern, seorang da’i harus seorang fāhim dan khalūq agar dakwah tidak menjadi tontonan, tetapi harus menjadi tuntunan. Seorang da’i harus memahami Islam secara kāffah, bukan parsial sehingga bisa menyampaikannya secara kāffah juga sebagaimana yang dipaparkan oleh Asliah Zainal dalam artikelnya berjudul Religiusitas Kāffah dan Religiusitas Parsial pada artikel ketiga. Jika tidak, bukan saja dakwah tidak akan berhasil, tetapi juga bisa mengarah menjadi rutinitas tak bermakna, bahkan bisa mengantarkan seseorang mendapatkan kabura maqtan, lain ucapan lain perbuatan. Bahkan bisa sampai pada sikap nifāq ‘amalǐ seperti yang dikaji oleh Fatirah Wahidah dalam artikelnya berjudul Nifāq dalam Hadis Nabi Saw.

 

Selanjutnya, sebagai bagian dari upaya optimalisasi dakwah, penggunaan teknologi komunikasi dan informasi bagi da’i menjadi penting. Hal ini dikemukakan oleh Zulkifli M. dalam artikelnya berjudul Teknologi Komunikasi Massa Kontemporer dalam Perspektif Dakwah. Dalam aplikasinya di lapangan, dakwah juga penting mencermati teknik-teknik komunikasi yang dalam kajian manajemen organisasi disebut public relations dan human relations sebagaimana yang diuraikan oleh Sri Hadijah Arnus dalam artikelnya berjudul Public Relations dan Human Relations dalam perspektif Komunikasi.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam dakwah adalah aspek-aspek kultural daerah setempat yang memungkinkan dijadikan jembatan untuk melakukan akses dakwah di masyarakat sebagaimana hasil penelitian yang dipaparkan oleh Muh. Alifuddin dalam artikelnya berjudul Dakwah Berbasis Budaya Lokal, Telaah atas Nilai-nilai Dakwah dalam Folksong Orang Wakatobi.

 

Masih terkait dengan dakwah, Hasan Basri menulis artikel berjudul Pandangan Islam terhadap Sistem Demokrasi. Ia menjelaskan para da’i harus memahami bahwa umat Islam khususnya di Indonesia hidup dalam sistem demokrasi yang telah menimbulkan banyak kerusakan bahkan tidak jarang terjadi pengebirian ajaran agama. Hal itu terjadi karena dalam sistem demokrasi kedaulatan ada di tangan rakyat yang berarti rakyatlah yang memegang kekuasaan tertinggi, baik untuk memilih aturan apa yang akan diterapkan, siapa penguasa yang akan berkuasa atas mereka maupun memilih apa yang dianggap bermanfaat bagi mereka. Asas ini tentu bertentangan dengan Islam yang menempatkan kedaulatan di tangan syara’.

 

Dalam edisi ini juga dimuat artikel yang membahas prinsip dasar dan metode pembelajaran bahasa Arab yang ditulis Jabal Nur; tentang dampak sosial penggunaan pestisida bagi petani persfektif sosiologi pedesaan oleh Mansur; etos kerja dalam Islam oleh Mashur Malaka; pemikiran tekstual Ibn Hazm yang dianalisis secara historis oleh Muh. Ikhsan. Terdapat juga artikel terkait dengan mengenal Allah dalam perspektif sufisme yang ditulis oleh Rahmawati; dan artikel tentang pola asuh dalam membentuk keterampilan sosial anak yang ditulis oleh Hadi Machmud.

Selamat membaca…!


Kendari, Mei 2013
Redaktur
Akhmad Sukardi

 


1 - 4 of 4 Items