ANALISIS KUANTITATIF KORELASI PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Benny Prasetiya, Samsul Hadi, Khoiriyah Khoiriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pendidikan agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi terhadap Hasil belajar PAI siswa MTs Raudlatul Muta'allimien Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi dengan regresi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Raudlatul Mutaallimien. Sampel penelitian berjumlah 100 siswa yang diambil secara purporsive sampling. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa ada yang signifikan antara Pendidikan Agama dalam keluarga dan motivasi berprestasi dengan hail belajar dengan nilai korelasi r hitung sebesar ry3 = 0,448. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pada rumusan hipotesis yang diajukan ada hubungan Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar PAI diterima.

Kata Kuci: Pendidikan Islam; Motivasi; Hasil belajar.


References


Ames, C. (1992). Classrooms: Goals, Structures, and Student Motivation. Journal of Educational Psychology. Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Pedagogik, 3(2), 96–107.

Cook, D. A., & Artino, A. R. (2016). Motivation to learn: an overview of contemporary theories. Medical Education.

Covington, M. V. (2000). Goal Theory, Motivation, and School Achievement: An Integrative Review. Annual Review of Psychology.

Datadiwa, D., & Widodo, J. (2015). Economic Education Analysis Journal. Economics Development Analysis Journal, 4(2), 496–508.

Fachrudin. (2011). Peranan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-Anak. Jurnal Ta’lim, 09(01), 1–16.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Hamilton, W. J. (1925). Character education. Religious Education.

Hamzah, N. (2015b). Pendidikan Agama Dalam Keluarga. AT-TURATS, 9(2), 49–55.

Kiswoyowati, a. (2011). Pengaruh motivasi belajar dan kegiatan belajar siswa terhadap kecakapan hidup siswa (studi tentang pembelajaran berorientasi kecakapan hidup di SMK Negeri 1 Losarang Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura-Budidaya Cabe Hibrida). Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 120–126.

Noraini Hashim, C., & Langgulung, H. (2008). Islamic Religious Curriculum in Muslim Countries: The Experiences of Indonesia and Malaysia. Bulletin of Education & Research.

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(02).

Palupi, D. R., & Wrastari, A. T. (2013). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(01), 1–6.

Permono, H., & Psi, M. (2013). Peran Orangtua Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Parenting.

Prasetiya, B. (2017). Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo. Edukasi, 05(02), 149–170.

Robbayani. (2012). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. At-Tajdid, 1(01), 89–122.

Satya Yoga, D., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran Keluarga Sangat Penting dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak serta Budi Pekerti Anak. Jurnal Sosial Humaniora.

Simonič, B., Mandelj, T. R., & Novsak, R. (2013). Religious-Related Abuse in the Family. Journal of Family Violence.

Taubah, M. (2005). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 111–136.

Tri, S. (2009). Hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di stikes a. Yani yogyakarta. Mycological Research.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.1063

Refbacks



Copyright (c) 2019 benny prasetiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.