MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL KOPERATIF NAMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS III B MADRASYAH IBTIDAIYAH NEGERI II KONAWE SELATAN

La Usaha, Ety Nur Inah, Fatimah Kadir

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).dengan tujuan meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Namber Head Together (NHT) Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah  observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Namber Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Sumber Enegri dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 71,42% dan  siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I, 70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%.begitu pula dengan aktifitas siswa dan guru,siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam proses pembelajaran dengan berkelompok hal ini terlihat ketika siklus II siswa sudah mulai aktif dengan pencapaian hasil belajar rata-rata memperoleh nilai 78,95 dan untuk guru  senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam proses belajar mengajar.

Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan; Pembelajaran; Karakter Peduli Lingkungan 

 


Full Text:

PDF

References


Sudjiono, A. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara.

Mustafa, Y. Baharuddin. (2011). Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan penguasaan konsep matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Decentralized Basic Education, 3, 7-14.

Hamruni, H. (2009). Strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Medtek, 3(2).

Yusuf, F. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin, S. (2003). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, N. S. (2003). Landasan psikologi proses pendidikan.

Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, B. Y., & Senduk, A. G. (2004). Pembelajaran kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Pres.

Hamalik, O. (2004). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Novitasari, R. (2013). The Implementation of “Numbered Heads Together” in Teaching Reading Narrative Text to the Tenth Graders. RETAIN, 1(3).

Sujana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Arikunto, S. (2008). dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, P. D., Dwijanto, D., & Hendikawati, P. (2016). Keefektifan Model Problem-Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2).

Konsep, L. Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tohirin. (2006). Psikologi pembelajaran pendidikan agama Islam: berbasis integrasi dan kompetensi. PT RajaGrafindo Persada.

Wina, S. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan Jakarta. Kencana prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.1110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ety Nur Inah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.