PENDIDIKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BARUGA KOTA KENDARI

Jufri Jufri, Jumarddin La Fua, Ratna Umi Nurlila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pendidikan lingkungan dalam membentuk karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di Sekolah Dasar 1 Baruga Kota Kendari menunjukkan bahwa sekolah dasar sebagian tempat untuk mengajarkan pendidikan  lingkungan pada siswa dalam membentuk sikap dan perilaku cinta lingkungan sangat tepat, dengan mengenalkan sejak awal tentang pendidikan lingkungan pada generasi muda. Pendidikan lingkungan yang dilakukan Sekolah Dasar Negeri 1 Baruga telah dilaksanakan untuk membentuk karakter peduli lingkungan. Bentuk kegiatan atau program yang dilakukan meliputi integrasi dalam kegiatan pembelajaran melalui pendekatan tematik, program-program ekstrakurikuler yang berbasis pengelolaan lingkungan dan sosialisasi pendidikan lingkungan melalui pesan-pesan teks yang disampaikan kepada siswa yang menegaskan tentang kewajiban untuk memelihara dan menjaga lingkungan.

Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan; Pembelajaran; Karakter Peduli Lingkungan 


Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.

Afandi, R. (2013). Integrasi pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar sebagai alternatif menciptakan sekolah hijau. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 98-108.

Apriani, Yunida Nur (2013) nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepemimpinan salahudin Al-ayyubi dan revansinya dalam pendidikan agama islam, 2013, hl. 29.

Alpusari, M. (2013). Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(02), 10-17.

Bagir, Zainal Abidin, ed. (2005). Integrasi Ilmu Dan Agama : Interpretasi Untuk Aksi. Bandung: Penerbit Mizan..

Bermi, W. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Mukminun Ngrambe Ngawi. AL-LUBAB: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Keagamaan Islam, 2(1), 1-18.

Brahim, T. K. (2007). Peningkatan hasil belajar sains siswa kelas IV sekolah dasar, melalui pendekatan pemanfaatan sumber daya alam hayati di lingkungan sekitar. Jurnal Pendidikan Penabur, 9(6), 37-49.

Damopolii, M. (2007). POTRET PENDIDIKAN ISLAM: Perspektif Pembaruan Pemikiran dan Gerakan Islam Indonesia Kontemporer. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 10(1), 52-67.

Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31-37.

Desstya, A. (2014). Kedudukan dan aplikasi pendidikan sains di sekolah dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2, Desember 2014.

Fua, J. L., Wekke, I. S., Sabara, Z., & Nurlila, R. U. (2018). Development of Environmental Care Attitude of Students through Religion Education Approach in Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science(Vol. 175, No. 1, p. 012229). IOP Publishing.

Halid, I., Setyono, P., & Sunarto, S. (2014). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Sikap Ramah Lingkungan Untuk Mewujudkan Masyarakat Sadar Lingkungan Melalui Gerakan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Haramain Nw Narmada dan Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri, Lombok Barat). Ekosains, 6(1).

Hidayat, A. (2015). Pendidikan Islam dan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 373-389.

Hidayat, N. (2014). Integrasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan Hidup Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MI. Jurnal Al Bidayah, 6(1).

Husaini, U., & Akbar, P. S. (1996). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Jumadil, K., & Hamzah, A. (2015). Penerapan Program Adiwiyata pada Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Sekolah Dasar di Kota Kendari. Jurnal Sains dan Teknologi, 15(2), 115-125.

La Fua, J. (2014). Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Menuju Kesalehan Ekologis. Al-Ta'dib, 7(1), 19-36.

La Fua, J., & Wekke, I. S. (2017). Islam Dan Konservasi: Pendekatan Dakwah dalam Pelestarian Lingkungan. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 17(2), 411-432.

Landriany, E. (2014). Implementasi kebijakan adiwiyata dalam upaya mewujudkan pendidikan lingkungan hidup di SMA Kota Malang. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 2(1).

Maulidiyah, Ibzirah (2014) Manajemen Ekstrakulikuler dalam Mengembangkan Sekolah Berwawasan Lingkungan di SMA 3 Anuqayah Gulu-gulu Semenak, juli 2014, h. 48

Maleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosada Karya, Bandung.

Masruri, H. H. (2012). Filsafat Sains Dalam Al-Qur'an: Melacak Kerangka Dasar Integrasi Ilmu Dan Agama. El-QUDWAH.

Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(02), 227-252.

Masduki. (2015). Pendidikan Islam dan Kemajuan Sains, Historisitas Pendidikan Islam yang Mencerahkan, Jurnal Pendidikan Islam :: Volume IV, Nomor 2, Desember 2015.

Meilani, R. (2009). Implementasi PLH di sekolah sekitar hutan (Eksplorasi metode dan media pengajaran PLH pada SDN Gunung Bunder 04 dan SDN Gunung Picung 05). In Makalah penunjang dalam workshop Pengembangan Model Jaringan Kemitraan Antara Pengelola Kawasan Hutan dengan Sekolah dalam Penerapan PLH, Bogor (Vol. 18).

Mu'in, F., & Sandra, M. (2011). Pendidikan karakter: konstruksi teoretik & praktik. Ar-Ruzz Media.

Mulyana, R. (2009). Penanaman etika lingkungan melalui sekolah perduli dan berbudaya lingkungan. Jurnal Tabularasa, 6(2), 175-180.

Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 19(02), 227-252.

Muslicha, A. (2015). Metode Pengajaran Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan, 16(2), 110-126.

Muspiroh, N. (2016). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal Pendidikan Islam, 28(3), 484-498.

Nurani, N. F., Ridlo, S., & Susilowati, S. M. E. (2014). Pengembangan Modul Pendidikan Lingkungan Hidup (Plh) Berbasis Karakter Untuk Menumbuhkan Wawasan Dan Karakter Peduli Lingkungan. Journal of Biology Education, 3(1).

Putra, P. F. (2016). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Organisasi Greenpeace Regional Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(2), 135-148.

Prasetiyo, W. H., & Suyanto, T. (2013). Strategi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program kampung hijau di Kampung Margorukun Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 2(1).

Trahati, M. R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. BASIC EDUCATION, 5(12).

Santoso, A. M., Setyowati, E., & Nurmilawati, M. (2011). Pembangunan Karakter Melalui Lesson Study Pada Pendidikan Lingkungan Hidup Berbasis Keunggulan Lokal. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 8, No. 1).

Simbolon, B. R. (2010). Paket Materi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Perilaku Berwawasan Lingkungan Siswa SD Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 11(2), 1-20.

Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji. Dinamika Ilmu, 14(1), 1-12.

Sudarwati, T. M. (2012). Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Semarang Menuju Sekolah Adiwiyata (Doctoral dissertation, Program Pascasarjana Undip).

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Surakusumah, W. (2009). Konsep pendidikan lingkungan di sekolah: model uji coba sekolah berwawasan lingkungan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Zainuddin, H. M., Mustofa, H., & Hakam, D. S. (2014). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan dengan Model Pembelajaran Inkuiri. Mimbar&58; Jurnal Sosial dan Pembangunan, 30(1), 11-17.

Pratomo, S. (2009). Model Pembelajaran Tematik dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 8-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.1133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jufri Jufri, Jumarddin La Fua, Ratna Umi Nurlila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.