ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS NARASI FIKSIONAL MELALUI KARTU KUNCI PADA SISWA SEKOLAH MENGENAH ATAS DI KULISUSU BARAT

Suhendi Syam

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis narasi fiksional melalui media kartu kunci pada siswa sekolah menengah atas di suatu sekolah negeri di Kulisusu Barat, Sulawesi Tenggara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas X. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pembelajaran menulis narasi fiksional partisipan lebih efektif menggunakan media kartu kunci dibandingkan dengan pembelajaran menulis narasi fiksional tanpa menggunakan media kartu kunci. Hal ini terbukti dari hasil paired samples test skor pra-tes dan pasca-tes yang menunjukkan hasil yang signifikan. Perubahan skor dari pra-tes ke pasca-tes lebih tinggi dengan peningkatan sebesar 10.46.

Kata Kunci: Kartu kunci; kemampuan; menulis; narasi fiksional


Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. C., & Alwasilah, S. S. (2010). Pokoknya menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian tindakan kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, A. O. G. (2009). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Keraf, A. O. G. (2011). Argumentasi dan narasi. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Komala, Setiawan, & Indihadi. (2018). Analisis pembelajaran menulis narasi berdasarkan kinerja guru sekolah dasar. Pedadidaktika, 5(2), 110 118.

Miftahul, G., dkk. (2017). Meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model PWIM siswa kelas IV B SDN Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Pena Ilmiah, 2(1), 98-112.

Nurgiyantoro. (2012). Penelitian kualitatif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Siddik, M. (2018). Peningkatan pembelajaran menulis karangan narasi melalui gambar berseri siswa sekolah dasar. Sebuah Kajian Teori dan Praktek Pendidikan, 27(1), 39-48.

Suparno, & Yunus, M. (2009). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryaman. (2012). Empat keterampilan berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H. G. (2011). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tompkins, G. E., & Hoskisson, K. (2010). Language art content and teaching strategies. New York : Macmillan.

Utami, S., dkk. (2011). Bahasa dan sastra Indonesia untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Suhendi Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

Web
Analytics

View My Stats