MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TABANGGELE, KECAMATAN ANGGALOMOARE, KABUPATEN KONAWE

Jumardin La Fua, Alex Akbar Lukman, Aripin Aripin

Abstract


Abstrak
Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tabanggele dalam pembelajaran IPA masih tergolong rendah, hal ini karena guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga suasana belajar membosankan dan hanya berpusat pada guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Tabanggele. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang menggunakan pola siklus dimana setiap siklus terdapat empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Petermuan setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali dengan waktu 2x40 menit tiap pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, dokumentasi, dan soal tes. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika 80% siswa memperoleh nilai . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata siswa setelah tindakan pada siklus 1 meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata tes awal, yakni dari 54 menjadi 64,5. Karena belum mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, maka dilanjutkan pada siklus 2. Nilai rata-rata siswa setelah tindakan pada siklus 2 meningkat dibandingkan siklus 1, dari 64,5 menjadi 84. Kenaikan jumlah siswa yang tuntas pada siklus 2 telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan.


Kata kunci: Contextual Teaching Learning; hasil belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jumardin La Fua, Alex Akbar Lukman, Aripin Aripin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By: