PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP DAYA SERAP SISWA DI SMK NEGERI 3 KENDARI

La Hadisi, Wa Ode Astina, Wampika Wampika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas mengajar guru, daya serap siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap daya serap siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 3 Kendari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Kendari yang berjumlah 101 orang siswa berdistribusi pada 4 kelas. Dengan demikian, sampel penelitian didapatkan melalui pengambilan sistem Random Sampling dari tiap kelas sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dukumentasi dan observasi dalam melengkapi data peneltian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik-teknik analisis statistik deskriptif presentase dan analisis inferensial yang ditempuh dengan uji normalitas data dan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh kreativitas mengajar guru kategori sedang yang didukung 50 responden dengan presentase 72 % yang berada diinterval 52% < % skor ≤ 67. Daya serap siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kategori sedang dengan presentase 68% yang berada diinterval 52% < % skor ≤ 67%. Hasil ini karena F hitung > F tabel (26.024 > 4.03), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap daya serap siswa.


Kata kunci: daya serap siswa; kreativitas mengajar guru.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i2.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 La Hadisi, Wa Ode Astina, Wampika Wampika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.