PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIA SMPN 1 KALAENA KECAMATAN KALAENA KABUPATEN LUWU TIMUR

Susilowati Susilowati, Muhammad Hajarul Aswad A, Hasri Hasri

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid dan efektif untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIA SMPN 1 Kalaena Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan. Model pengembangan yang digunakan adalah mengadopsi model 4D Thiagarajan Sammel yang terdiri dari 4 tahap yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Karena keterbatasan waktu penelitian, maka tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap Develop. Pengumpulan data dilakukan kepada 33 orang siswa di kelas VIIA SMPN 1 Kalaena dengan mengujicobakan LKS. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa LKS, lembar observasi aktivitas siswa, dan penyebaran angket terkait respon siswa. Berdasarkan hasil analisis valdiitas diperoleh bahwa LKS dinyatakan valid. Berdasarkan lembar observasi aktivitas siswa, LKS juga dinyatakan efektif untuk diterapkan. Hasil angket mengenai respon siswa menyebutkan bahwa 81,39% siswa setuju dengan penerapan LKS dalam pembelajaran di kelas. Kreativitas siswa juga mengalami peningkatan dari 6,7% - 15,15% menjadi 15,15% - 45,46%. Penelitian ini menemukan bahwa LKS yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dan efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa kelas VIIA SMPN 1 Kalaena Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan.

 

Kata Kunci: Kreativitas Belajar; Matematika; Pengembangan LKS.


Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2011). Pengantar Kependidikan Landasan Teori, Dan 234 Metefora Pendidkan. Bandung: Alfabeta.

Departemen Agama RI. (2005). Al-Quran dan Terjemahnya Al-Jumanatul ’Ali. Bandung: CV Penerbit J-Art.

Kurniawan, D., & Dwi, A. (2013). Pengembangan Buku Siswa Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Cornflake Cookies Pada Siswa Tunagrahita SMA-LB Negeri Gedangan, Sidoarjo. Jurnal Tata Boga, 2(1).

Matutina, J. A. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Dengan Pendekatan Kontektual Untuk Siswa Smp Kelas VII (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Normarita, F. I., Nyeneng, I. D. P., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan LKS dengan Scientific Approach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3).

Patih, T. (2016). Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Kendari sebagai Gambaran Persiapan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional. Al-Ta'dib, 9(1), 182-200.

Salirawati, D. (n.d.). Penyusunan Dan Kegunaan Lks Dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudarwan Danim. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Suryaningsi, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Pengukuran Dengan Pendekatan Konstektual Setting Kooperatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri 36 Latuppa. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, Palopo.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v11i1.945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Susilowati Susilowati, Muhammad Hajarul Aswad A, Hasri Hasri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.