PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Lukman Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan rata-rata peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM) siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional; (2) Mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari yang terdiri dari 7 kelas paralel. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan dengan random kelas dan diperoleh kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol.. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan Uji Beda Dua Rata-rata (Uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) Rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan model pembelajaran TTW adalah 0,3925 (sedang) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional adalah 0,2933 (rendah); (2) Secara signifikan rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan  model pembelajaran TTW lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata peningkatan KBKM siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Model Pembelajaran Think Talk Write.

 


Full Text:

PDF

References


Fahinu.(2007). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Matematika pada Mahasiswa melalui Pembelajaran Generatif.Disertasi.UPI.

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Huinker, D. & Laughlin, C. (1996). ”Talk Your Way into Writing”. Dalam Communication in Mathematics K-12 and Beyond, 1996 year book. The National Council of Teachers of Mathematics.

IEA. (2012). TIMSS 2011 International results in mathematics

Kadir.(2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik, dan Keterampilan sosial Siswa SMP.

Kardi, S. & Nur, M. (2000). Pengajaran langsung. Surabaya:UNESA University Press.

Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Masingila, J.O. & Wisniowska, E.P. (1996).Developing and Assesing Mathematical Undestanding in Calculus through Writng. Years Book 1996 Ed. Elliot, Portia and Kenney, Margaret. Communication in Mathematic K-12 and Beyond. USA: NCTM

Mayadiana, D. (2005). Pembelajaran Dengan Pendekatan Diskursif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar.Tesis PPS UPI.

Mulyana, T. (2008).Pembelajaran Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas.Disertasi pada PPS UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Ngalimun.(2013).Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

OECD. (2013). PISA 2012 results: what students know and can do-student performance in mathematics, reading dan science (volume i).

Sadikin, Fahinu, & Ruslan. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Self-Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMA.Tesis PPS UHO

Sadikin, Fahinu, Ruslan, & Kadir. (2016). Effect of Aplication of Learning Model Group Investigation on Critical Thinking Ability of Mathematical High School Students. Proceedings Intenational Seminar on MSCEIS 2016 FMIPA UPI Bandung.

Sugiyono. (2010).Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suseli. (2010). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang menggunakan Think Talk Write (TTW) dengan Metode Ekspositori (Studi Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri I Balongan Indramayu). IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Syahbana, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Yamin, M. & Ansari, B.I. (2008).“Taktik Pengembangan Kemampuan Individual Siswa”.Jakarta: Gaung Persada Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lukman Sani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.