ANALISIS PENGETAHUAN DASAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KOTA KENDARI

Halistin Halistin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara inferensia perbedaan rata-rata Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa di Kota Kendari berdasarkan level sekolah. Level sekolah ditentukan berdasarkan hasil Ujian Nasional. Pengambilan sampel dari populasi dilakukan dengan two stage random sampling. Data yang diperoleh selanjutnya di analisis dengan menggunakan uji Kruskal Wallis H dan uji beda lanjut Mann-Whitney U. Hasil pengujian menunjukkan (1) Terdapat perbedaan Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah antar level SMPN di Kendari secara simultan. (2) Terdapat perbedaan Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa yang signifikan antar level sekolah (tinggi, sedang dan rendah) yaitu rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah level tinggi lebih tinggi daripada rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah level sedang dan rendah, rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa pada sekolah level sedang lebih tinggi daripada rata-rata nilai Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) pada sekolah level rendah.

Kata Kunci: Level Sekolah; Pengetahuan Dasar Matematika.


Full Text:

PDF

References


Ali, Takbir. (2011). “Exploring Student’s Learning Difficulties in Secondary Mathematics Classroom in Gilgit- Baltistan and Teachers’ Effort to Help Students Overcome These Difficulties”. Bulletin of Education and Research June 2011, Vol. 33, No. 1 pp. 47-69.

Chusni, Muhammad Minan. (2017). “Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika dan Kemampuan Penelaranan Terhadap Hasil Belajar IPA/Fisika pada Peserta Didik Kelas Vii SMP Muhamadiyah Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah”. Berkala Fisika Indonesia Vol. 9 Nomor 1 Januari 2017 (16-23)

Djarwanto. (1995). Statistik Nonparametik. Yogyakarta: BPFE.

_______. (1996). Mengenal Beberapa Uji Statistik. Yogyakarta: Liberty.

Hailikari, Telle. (2009). “Assessing University Students’ Prior Knowledge”.University of Helsinki Department of Education, Research Report 227. Helsinki University Print, Finland.

Halistin, dkk. (2015). “Deskripsi Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri se-Kota Kendari”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6 Nomor 1 Januari 2015 (17 – 29).

Ibda, Fatimah. (2015). “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget”. Intelektualita, Vol. 3 Nomor 1 Januari – Juni 2015 (27 – 38).

Kadir dan La Masi. (2014). “Penggunaan Konteks dan Pengetahuan Awal Matematika dalam Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5 Nomor 1 Januari 2014 (52 – 66).

Kartowagiran, Badrun. (2008). “Validasi Dimensional perangkat Tes Ujian Akhir Nasional SMP Mata Pelajaran Matematika 2003-2006”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 2, Tahun XII, 2008 (117 – 195)

Maonde, Faad, dkk. (2016). “Deskripsi Perbedaan Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) Siswa Kelas VII SMP Negeri dan SMP Swasta di Kota Kendari Tahun Pelajaran 2016/2017”. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7 Nomor 2 Juli 2016 (125 – 138).

Patih, Tandri. (2016). “Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Kendari Sebagai Gambaran Persiapan Siswa dalam Menghadapi Ujian Nasional”. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari – Juni 2016 (182 – 200).

Schwartz, Daniel, et al. (2009). Reconsidering Prior Knowledge. Standford University.

Suratman, Dede. (2012). “Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP (Studi Kasus di MTs. Ushuluddin Singkawang)”. Jurnal Cakrawala Kependidikan Jilid 9 Vol. 2 (1-13).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Halistin - Halistin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.