DESKRIPSI KEMAMPUAN STATISTIKA DESKRIPTIF MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN KENDARI

Sitti Nurfaidah, Tandri Patih, Nur Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji secara deskriptif kemampuan statistika deskriptif mahasiswa Tadris Bahasa Inggris IAIN Kendari berdasarkan asal sekolah dan jenis kelamin. Kemampuan statistika deskriptif yang diamati meliputi kemampuan memahami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis data; menjelaskan dan menggunakan Teknik pengambilan sampel; membuat tabel distribusi frekuensi dan grafiknya; menentukan ukuran pemusatan, ukuran letak, ukuran penyimpangan data; serta kemampuan membaca dan menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil analisis kemampuan statistika deskriptif mahasiswa, menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa tadris Bahasa Inggris IAIN Kendari Semester IV Tahun Ajaran 2017/2018 memiliki kemampuan yang tinggi pada aspek kemampuan membuat tabel distribusi frekuensi dan grafiknya serta kemampuan menentukan ukuran pemusatan, yakni menentukan nilai rata-rata, median dan modus baik untuk data tunggal maupun data berkelompok. Sedangkan kemampuan terendah yang diperoleh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris yakni pada aspek kemampuan menjelaskan dan menggunakan teknik pengambilan sampel. Dilihat dari variabel jenis kelamin, mahasiswa laki-laki sama sekali tidak dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teknik pengambilan sampel. Sedangkan jika dilihat dari variabel asal sekolah, hanya mahasiswa yang berasal dari MAS dan SMAN saja yang dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teknik pengambilan sampel.

Kata kunci: Kemampuan Statistika Deskriptif; Jenis Kelamin; Asal Sekolah


References


Adiyo, R. (2010). Beberapa Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Prestasi belajar Mahasiswa di Bidang Statistika 1 & 2. Skripsi. Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Afifah, S.N. dan Wicaksana, E.J. (2014). Persepsi Mahasiswa Tentang Mata Kuliah Statistik Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Statistik Mahasiswa IKIP PGRI MADIUN. Jurnal CARE, 02(1), 2.

Arnold, R.M. (2015). PotensiMembacaBukuTeks: Studi pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1), 84.

Burhan. (2015). Keterampilan Analisis Data Statistika Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kendari. Shautut Tarbiyah, 33(XXI), 44.

Martadiputra, B.A.P. (2010). Kajian Tentang Kemampuan Melek Statistis (Statistical Literacy), Penalaran Statistis (Statistical Reasoning), dan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Guru SMP/SMA. Jurnal ABMAS, 10(10), 11.

Rosmiyati dan Afrahamiryano. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa Jurusan PMIPA dalam Pengolahan Data Statistik. Lemma, 2(I), 55.

Saidi, Soleman. (2013). Analisis Kemampuan Mahasiswa Matematika Semester III dalam Menyelesaikan Soal Statistika Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 2013.

Sangila, M.S. dan Jufri, L. (2018). Deskripsi Kemampuan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari dalam Menganalisis Data Statistika. Jurnal Al-Ta’dib, 11(1), 122.

Susetyo, Budi. (2012). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Zulfikri. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Statistika Terhadap Kemampuan Analisa Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2011-2011 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. LIBRIA, 8(1), 126




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v0i0.982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sitti, Tandri, Nur - Nurfaidah, Patih, Aini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.