Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Quick on The Draw dan Discovery Learning di SMA Negeri 4 Kendari

Santi Santi, Rosmini Rosmini, St. Kuraedah, Masdin Masdin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa sesudah diajar dengan menggunakan model Cooperatif Learning tipe Quick on The Draw dan sesudah diajar menggunakan model Discovery Learning pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 4 Kendari. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian quasi eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 3 (kelas kontrol), masing-masing sebanyak 25 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sesudah diajar menggunakan model Cooperatif Learning tipe Quick on The Draw dan sesudah diajar menggunakan model Discovery Learning pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 4 Kendari yang diperoleh dari hasil belajar siswa (diuji menggunakan uji Independen Sampel t-test) yaitu thitung 5,96 dan ttabel 2,01 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga  thitung 5,96 > ttabel 2,01 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sesudah menggunakan model Cooperatif Learning Tipe Quick on The Draw dan model Discovery Learning.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Quick On The Draw, Discovery Learning.

References


A. Machin. (2010). Pengaruh Permainan Call Cards Terhadap Hasil belajar dan Aktivitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (2), h. 13.

Arikunto, Suharsimi. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, h. 253 dan 110.

Gede, Anak Agung. (2016). Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, h. 72.

Miftahul, Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 49.

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media, h. 101-109.

Rinaldi, Sony Faisal dan Bagya Mujianto. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik, Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan, h. 80.

Safitri, Nur Ayu, Andi Maulana dan Eka Damayanti. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quick on The Draw Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Palangga. Jurnal Biotek, 6 (1), h. 3.

Sardirman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, h. 49.

Suryani. (2012). Hadis Tarbawi Analisis Paedagogis Hadis-Hadis Nabi. Yogyakarta: Teras, h. 79-80.

Tiro, Muhammad Arif. (2007). Dasar-dasar Statistik. Makassar : Makassar State University Of Makassar, h. 133.

Winarno, M. E. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani Malang: UM Press, h. 64.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Santi Santi, Rosmini Rosmini, St. Kuraedah, Masdin Masdin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.