Kepala Sekolah Dan Kualitas Sikap pada Tugas
Abstract
Abstrak
Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan sangat besar dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah. Dalam pengembangan lembaga pendidikan dibutuhkan seorang pemimpin sebagai pemegang tanggung jawab utama, pemimpin pendidikan adalah orang yang penuh dengan kegiatan (aktif), hampir seluruh kegiataannya adalah mengambil keputusan yang semuanya dilakukan dalam rangkaian pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Tuntutan profesionalitas kerja menjadi salah satu barometer keberhasilan dalam melaksanakan tugas kepemimpinannya, selain itu dibutuhkan pula penguasaan ilmu pengetahuan dan kemampuan manajemen. Pengetahuan mengenai suatu obyek tidak sama dengan sikap terhadap objek itu. Pengetahuan saja belum menjadi penggerak, seperti halnya pada sikap, pengetahuan mengenai subyek baru menjadi attitude terhadap subyek tersebut apabila pengetahuan itu disertai dengan kesiapan untuk bertindak sesuai dengan pengetahuan terhadap suatu obyek. Untuk itu kepala sekolah harus mampu mengarahkan dan mengkoordinir segala kegiatan yang ada sehingga memudahkan melaksanakan tugas-tugas yang ada dalam pendidikan yang salah satunya adalah menyusun program-program yang ada di sekolah karena kepala sekolah berperan penuh terhadap seluruh kegiatan/aktifitas yang dilakukan di dalam sekolah. ada tiga jenis ketrampilan pokok yang harus dimiliki oleh kepala sekolah sebagai pemimpin, pendidikan yaitu ketrampilan teknis (technical skill), ketrampilan berkomunikasi (human relations skill) dan ketrampilan konseptual (conceptual skill).
Kata kunci: Sikap , Profesional, dan Tugas
Abstract
The principal is an education leader who has a very large role in developing the quality of education in schools. In the development of educational institutions, it takes a leader as the main holder of responsibility, education leaders are people who are full of activities (active), almost all of their activities are to make decisions that are all carried out in a series of goals that have been previously set. The demands of work professionalism are one of the barometers of success in carrying out their leadership duties, in addition to that, mastery of knowledge and management capabilities is also needed. Knowledge of an object is not the same as attitude towards that object. Knowledge alone has not become a driver, as in attitude, knowledge about new subjects becomes attitude towards the subject if that knowledge is accompanied by readiness to act in accordance with the knowledge of an object. For this reason, the principal must be able to direct and coordinate all existing activities so that it is easier to carry out the tasks in education, one of which is to arrange programs in the school because the principal has a full role in all activities / activities carried out in the school. . there are three types of basic skills that must be owned by the principal as a leader, education namely technical skills, communication skills (human relations skills) and conceptual skills.
Keywords: Attitudes, Professionals, and Tasks
Full Text:
PDFReferences
Atkinson, Rita L. et al. Pengantar Psikologi. Terjemahan Widjaja Kusuma. Batam: Interaksara, 1996
Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia; Teori dan Pengukuranya. Yogyakarta: Liberti, 1988
Abrar, Rahman A. Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Tiara wacana Yogya,1993
Attitude. 1999. http://gwis.cire.gwu.edu/-tip/attitude.html
Clark, Barbara. Growing up Gifted. Colombus: Merill Publishing Company, 1989
Daryanto Drs.H.M, Administrasi Pendidikan, Solo, Rineka Cipta, 1996
Fishbein, M and Ajzen. Beliefs, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Philippines: Addison-Wesley Publising Company Inc,1975
French, Wendell L., Fremont E. Kast dan james E. Rosenzweig. Understanding Human Behavior in Organizations. New York: Harper & Row, Publishers, Inc, 1985
Fuldman, Robert S. Social Psychology; Theories, Research, and Applications. New York: McGraw-Hill Company, 198
Gibson, James L., Jhon M. Ivancevich, and James H. Donelly jr. Organization: Behavioral-Struktur-Processes. USA: Irwin,1991
Gerungan, W.A. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco, 1991
Good, Carter V, Dictionary of education, New york, Me Graw – Hill book Company, 1973
Hall G,S and Lindey G, Theories of Personality, Singapore: Willy and Son Inc.1981
Herrbert J.Klausmier. Educational Psychology. New York: Harper & row Publisher,1951
Hall, Richard H. Organizations: Structures processes and Outcomes. New Jersey: Prentice Hall, Inc,1994
Harre, Rom dan Roger Lamb. Ensiklopedi Psikologi: Pembahasan dan Evaluasi lengkap berbagai topik, teori, riset, dan penemuan baru dalam Ilmu Psikologi. Jakarta: Arcan, 1996
Ivancevich, Jhon M. and Michael T. Matteson. Organizational Behavior and management. Chicago: Richard D Irwin, 1966
S, Hall G and Lindey G. Theories of Personality. Singapore: Willy and Son Inc, 1981
Sarwono, Sarlito Wirawan. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan-bintang, 1976
Sumidjo, Wahyo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafika Persada, 1999
Syahrul, Guru dan Penyelenggaraan Administrasi Sekolah, Al-Ta'dib, Volume 4 Issue 1, Juni 2011
Syahrul, Syahrul. "Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara)." Al-Ta'dib 8, no. 1 (2015)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.