Berbagai Aspek Kehumasan dalam Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan
Abstract
Abstrak
Pada dasarnya kelahiran sebuah sekolah merupakan refleksi dari kondisi masyarakat. Sehingga secara alamiah hubungan sekolah dan masyarakat harus selalu terjaga. Faktanya bahwa tidak semua sekolah dapat menjaga relasi tersebut, bahkan mengabaikan posisi masyarakat. Padahal pelanggan utama layanan pendidikan adalah masyarakat. Kemampuan sekolah untuk selalu relevan dengan kondisi masyarakat adalah pertanda kualitas sekolah tersebut. Dalam kondisi demikian peran organ kehumasan dalam lembaga pendidikan menjadi penting dalam menjaga ikatan antara sekolah dengan masyarakat.
Kata Kunci: Humas, Kualitas, Pengelolaan Lembaga Pendidikan
Abstract
Basically the birth of a school is a reflection of the condition of the community. So that naturally school and community relations must always be maintained. The fact is that not all schools can maintain these relationships, even ignore the position of the community. Though the main customers of education services are the community. The ability of schools to always be relevant to the conditions of the community is a sign of the quality of the school. In such conditions the role of public relations organs in educational institutions is important in maintaining the bond between the school and the community.
Keywords: Public Relations, Quality, Management of Educational Institutions
Full Text:
PDFReferences
Abdulsyani, Manajemen Organisasi, (Jakarta: Bina Aksara, 1987)
Dhuhani, Elfridawati Mai. "Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Ibtidiyah Terpadu (MIT) As-Salam Ambon." al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2018)
Frida Kusumastuti, Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat, (Bogor: PT Ghalia Indonesia, 2004)
Goetsch, David L., and Stanley B. Davis. Quality management for organizational excellence. Upper Saddle River, NJ: pearson, 2014
Handoko, T. Hani, Manajemen,(Yogyakarta: BPFE, 1995)
Isbianti, Pandit. "Peran Humas Sebagai Upaya Menjalin Kerja Sama Antara SMK Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI)." Jurnal Manajemen Pendidikan 5 (2009): 41-54.
Kriyantono, Rachmat. "Konstruksi Humas Dalam Tata Kelola Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi di Era Keterbukaan Informasi Publik." Pekommas 18, no. 2 (2015).
Ivancevich, Donnelly Gibson, L. J. Gibson, and J. Donnelly. "Fundamentals of management." Edition. Boston: BPI IRWIN, Homewood (1990)
Morissan, Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008)
Nasution, Zulkarnain, Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan, (Malang: UMM PRESS, 2006)
Oliver, Sandra, Strategi Public Relations, (Bandung: Penerbit Erlangga, 2006)
Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2009)
Ruslan, Rosady, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2006)
Sahertian, Piet, Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan di Sekolah, (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)
Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional, No. 20 Th 2003), pasal 1, (Jakarta: Asa Mandiri, 2006)
Sutisna, Oteng. Administrasi pendidikan: dasar teoretis untuk praktek profesional. Angkasa, 1989.
Terry, George Robert, and Stephen G. Franklin. Principles of management. RD Irwin, 1968
Tendean, Christian S. "Peranan Humas Dalam Pencitraan Universitas Sam Ratulangi Manado." JURNAL ACTA DIURNA 2, no. 4 (2013).
Undang-Undang RI, no 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Undang-Undang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.