KONSEP DASAR PENGELOLAAN PENGAJARAN
Abstract
Proses interaksi belajar mengajar (pengajaran) merupakan inti dari
kegiatan pendidikan. Keberhasilan dalam proses belajar mengajar
tersebut mempunyai dampak positif kepada peserta didik, yaitu
meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan nilai yang
dimiliki oleh peserta didik. Keberhasilan tersebut salah satu
diantaranya dapat diketahui dari prestasi yang dicapai oleh peserta
didik dalam proses belajar. Dalam mencapai prestasi belajar yang
baik, terdapat dua hal yang mempengaruhi keberhasilannya, yaitu
karakteristik individu dan kualitas pengajaran, di antaranya
pengelolaan pengajaran. Karakteristik individu yang mempengaruhi
hasil belajar siswa merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri
siswa yang terdiri dari usia, kematangan, kesehatan, kelelahan,
suasana hati, motivasi, minat dan kebiasaan belajar. Sedangkan
kualitas pengajaran merupakan faktor yang bersumber dari luar siswa
yang berkaitan dengan kualitas dari pengelolaan pengajaran yang baik,
dan komponen-komponen pengajaran. Komponen-komponen yang
berhubungan langsung dengan proses belajar mengajar adalah guru,
kurikulum, metode, sarana dan prasarana. Sebagai salah satu
komponen pengajaran, guru mempunyai peran yang sangat penting,
utamanya dalam menentukan keberhasilan belajar siswa.
Kata Kunci : Pengelolaan, Pengajaran