Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Minat Belajar dan Disiplin Siswa di SDN 18 Baruga
Abstract
Peserta didik di sekolah dasar adalah insan yang sedang membentuk fondasi fisik dan mental spritual. Secara fisik mereka dikenalkan tentang keutamaan kebugaran jasmani dalam menopang praktik pembelajaran. Secara psikis mereka membutuhkan sentuhan kejiwaan agar tumbuh semangat yang tinggi dalam belajar. Perhatian terpadu pada kebutuhan fisik dan psikis siswa akan menjadikan proses pendidikan yang dilakukan berlangsung secara simbang. Para guru menjadi pelaku utama pembinaan siswa secara komprehensif tersebut. Berbagai pendekatan inovatif dan kreatif mesti dilakukan dan dikembangkan agar siswa dapat berkembang seutuhnya. Perlakuan ini utamanya dilakukan dalam proses pembelajaran melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang relevan. Melalui proses pengamatan yang cukup panjang, keterlibatan peneliti secara langsung secara interaktif baik dengan guru maupun siswa, ditemukan beberapa hal positif dalam pendekatan pembelajaran di SDN 18 Baruga. Aspek yang diangkat dalam catatan ini adalah minat belajar dan disiplin siswa, yang pada awalnya merupakan masalah yang sulit dipecahkan. Namun, para guru terus-menerus melakukan perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran dengan mengujicobakan beberapa pendekatan pembelajaran yang dapat menjadi jalan keluar atas masalah kesiswaan tersebut. Salah satunya adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan menggunakan model percobaan maupun tindakan, penggunaan metode pembelajaran koperatif tipe STAD dapat meningkatkan minat belajar maupun disiplin siswa di SDN 18 Baruga.
Kata Kunci: Pembelajaran Aktif Tipe STAD, Minat, Disiplin
Full Text:
PDFReferences
Aditya, Dedy Yusuf. "Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa." SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1, no. 2 (2016).
Arikunto, Suharsimi. "Penelitian Tindakan Kelas (PTK)." Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2006).
Arikunto, Suharsimi. "Metodelogi penelitian." Yogyakarta: Bina Aksara (2006).
Aritonang, Keke T. "Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa." Jurnal pendidikan penabur 7, no. 10 (2008)
Astrawan, Kadek. "Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tolak Peluru." Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha 1, no. 1 (2013).
Astuti, Siwi Puji. "Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5, no. 1 (2015).
Astuti, Y., and Beni Setiawan. "Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor." Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2, no. 1 (2013).
Aulina, Choirun Nisak. "Penanaman disiplin pada anak usia dini." PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2013)
Badriyah, Nanik. "Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Al Hikmah Beji Pasuruan." Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Al Hikmah Beji Pasuruan/Nanik Badriyah (2010).
Chairani, Zahra. "Scaffolding dalam pembelajaran matematika." Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (2015).
Chulsum, Umi. "Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya." Jurnal ekonomi pendidikan dan Kewirausahaan 5, no. 1 (2017)
Fathurrohman, Muhammad. "Model-Model Pembelajaran." Universitas Negeri Yogyakarta. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Retrieved from (2015).
Febrina, Nuansa Ayu, and Isroah Isroah. "Peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas X Ak 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2011/2012." Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10, no. 2 (2012).
Fimansyah, Dani. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika." JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) 3, no. 1 (2015).
Gunantara, Gede, I. Made Suarjana, and Putu Nanci Riastini. "Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V." MIMBAR PGSD Undiksha 2, no. 1 (2014).
Hasanah, Ummi, Riska Ahmad, and Yeni Karneli. "Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa." (2017)
Hanafy, Muh Sain. "Konsep Belajar dan Pembelajaran." Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 17, no. 1 (2014)
Hermawan, Andri. "Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bandulan 05 Malang." Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Bandulan 05 Malang/Andri Hermawan (2012).
Kumalaratih, Eko Beti. "PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG MENDESKRIPSIKAN PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE OBSERVASI DI KELAS VI SDN 3 SUMBERGIRANG." Jurnal Ilmiah Didaktika PGRI 2, no. 1 (2016)
Kusrini, Woro, and Nanik Prihartanti. "Hubungan Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali." Jurnal Penelitian Humaniora 15, no. 2 (2014)
Kusumaningsih, Kiki Dwi. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Games-Tournaments (TGT) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia." Jurnal Ilmiah Exacta 2, no. 1 (2009)
Khodijah, Syarifatun. "Pengaruh Tanggapan Siswa Tentang Penggunaan Kata Sapaan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Ngarum 2 Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015." PhD diss., Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.
KRITIS, BERPIKIR, and DAN PENGUASAAN KONSEP DALAM KONSEP FOTOSINTESIS. "A. Pembelajaran Kooperatif." (2003).
Lubis, Asneli. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan." Jurnal Pendidikan Fisika 1, no. 1 (2012)
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. "Analisis data kualitatif." (1992).
Moleong, Lexy J. "Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi." Bandung: PT Remaja Rosdakarya 103 (2007).
Nuchiyah, Nunu. "Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 7 (2007)
Nugroho, U., and S. S. Edi. "Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses." Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 5, no. 2 (2009).
Nurdyansyah, Nurdyansyah, and Toyiba Fitriyani. "Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah." Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (2018).
Nurhasanah, Siti, and A. Sobandi. "Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa." Jurnal pendidikan manajemen perkantoran 1, no. 1 (2016)
Rofiq, M. Nafiur. "Pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dalam pengajaran pendidikan agama Islam." Jurnal Falasifa 1, no. 1 (2010)
Rosnawati, R. "Enam tahapan aktivitas Dalam pembelajaran matematika untuk mendayagunakan berpikir tingkat tinggi siswa." In Jurnal disampaikan dalam seminar Nasional dengan tema:“Revitalisasi MIPA dan Pendidikan MIPA dalam Rangka penguasaan. 2009.
Safitri, Rani Okta, Susi Wendhaningsih, and Agung Kurniawan. "Teknik Penilaian Observasi Pada Ragam Gerak Tari Bedana Di SMP Wiyatama Bandar Lampung." Jurnal Seni dan Pembelajaran 6, no. 2 (2018).
Sanaky, Hujair AH. Setifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan. Islamic University of Indonesia, 2005.
Sani, Ridwan Abdullah. "Inovasi pembelajaran." Jakarta: Bumi Aksara (2013)
Siagian, Roida Eva Flora. "Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terrhadap prestasi belajar matematika." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2, no. 2 (2015).
Sidanti, Heny. "pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi Kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di Sekretariat DPRD kabupaten madiun." Jurnal Jibeka 9, no. 1 (2015)
Sjukur, Sulihin B. "Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK." Jurnal pendidikan vokasi 2, no. 3 (2012).
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008
Suharyat, Yayat. "Hubungan antara sikap, minat dan perilaku manusia." Jurnal Region 1, no. 3 (2009)
Supriadi, Oding. "Pengembangan profesionalisme guru sekolah dasar." Jurnal Tabularasa 6, no. 1 (2009)
Suryabrata, Sumadi. "Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi." Yogyakarta: Andi Ofset (1983).
Suwastana, I. Wayan. "Penerapan Pembelajaran Melalui Model Kooperatif Numbered Heads Together Siswa Kelas V SDN No 1 Tonggolobibi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn." Jurnal Kreatif Tadulako 4, no. 1 (2016).
Syatyawati, Riska. "Hubungan Antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kebumen." PhD diss., Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.
Widayati, Ani. "Penelitian tindakan kelas." Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 6, no. 1 (2008).
Winataputra, Udin Saripudin. "Materi dan pembelajaran PKn SD." (2014)
Zahrifah, Fitria Lailatus, and Eko Darminto. "Penggunaan Strategi Pengelolaan Diri untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa." Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 12, no. 1 (2011).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.