PENDIDIKAN NILAI KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL
Abstract
Pendidikan nilai karakter merupakan pendidikan yang
menekankan pembangunan manusia seutuhnya. Manusia bukan sekedar
hidup sebagai apa adanya,tetapi manusia berkewajiban dalam mewujudkan
kemanusiaannya yaitu, manusia hidup bersama dengan manusia lain. Untuk
menjadi manusia yang seutuhnya diperlukan suatu proses yang disebut
sebagai pendidikan dalam arti luas, yaitu proses pembudayaan. Pada masa
mendatang proses pendidikan di sekolah tidak lagi semata pemintaran
intelektual (kognisi), tetapi patut diarahkan juga kepada pembentukan
karakter (afeksi) yang menetaskan manusia berbudi pekerti yang
mencerminkan pibadi dengan integritas moral yang tinggi guna melahirkan
pemikir untuk menahkodai biduk bangsa ini.
Pendidikan nilai karakter yang berbasis pada pendidikan
multikultural memiliki kekuatan dalam mengisi kompetensi anak dalam
soft skill dan hard skill yang keseluruhannya dikemas dalam pengelolaan
rasa, logika sacara utuh. Perkembangan program pendidikan multikultural
berkembang dengan pesat dan dilaksanakan dari jenjang pendidikan anak
usia dini termasuk di dalamnya program pedidikan guru (American
Assosiation for Colleges of Teacher Education). Pendidikan multikultural
pada dasarnya untuk mencari dan menggali persamaan nilai yang terdapat
di dalam berbagai jenis budaya serta pengembangan sikap toleransi kepada
individu. Dengan membuat sistem pengelolaan yang tidak membedakan
latar belakang siswa, maka akan membantu terciptanya keharmonisan
dalam keragaman budaya.
Melalui upaya staf dan pengelola, sekolah harus menjadi
lingkunga kebudayaan dan tempat terjadinya pertukaran budaya antar suku
bangsa, sehingga masing-masing suku bangsa dapat saling memperkaya
hasanah budaya yang dimilikinya melalui pengenalan antara budaya.
Dengan demikian persoalan penting dalam pendidikan multikultural perlu
dibangun atas dasar keragaman suku bangsa, ras, dan etnik yang berbedabeda
dalam suatu kesatuan. Perbedaan ini dengan sendirinya akan
menimbulkan keragaman bawaan bagi peserta didik dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara.
Kata Kunci : Pendidikan Nilai, Pendidikan Karakter Berbasis Multikultur