Multi Peran Guru di SMP Negeri 1 Konawe Selatan (Antara Kinerja dan Panggilan Moral)
Abstract
This article aims to provide an overview of the roles of teachers in improving performance in SMP Negeri 1 Konawe Selatan, which includes: 1) The role of teachers in creating a learning climate; 2) Factors that affect teacher performance; 3) Portrait of the teacher at SMP Negeri 1 Konawe Selatan; 4) the role of the principal in improving teacher performance. This research uses descriptive qualitative research, where the process of collecting data is done through interviews, observations, and documentation studies. Data analysis is performed through the stages of reduction, display, and data verification. The results showed that the learning climate in SMP Negeri 1 Ranomeeto was created because of the high involvement of the teachers. The ability, motivation and skill factors greatly affect the performance of teachers in SMP Negeri 1 Konawe Selatan. Teacher roles performed by teachers in SMP Negeri 1 Konawe Selatan have exceeded their performance obligations. The headmaster became a mover in expanding roles and improving teacher performance in SMP Negeri 1 Konawe Selatan.
Keywords: Performance, Teacher Competence, Leadership
Full Text:
PDFReferences
Akib, H., & Saleh, S. (2015). Pengaruh Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 7 Makassar. Jurnal Office, 1(2), 141-147.
Apriliya, S. (2007). Manajemen Kelas untuk Menciptakan Iklim Belajar yang Kondusif. Bandung: Visindo.
Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 17(01), 61-71.
Awe, E. Y., Dantes, N., & Lasmawan, M. P. P. I. W. (2019). Hubungan Antara kualifikasi akademik, kompetensi, motivasi kerja dengan kinerja guru sekolah dasar (SD) di Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).
Badarwan, B. (2018). Dinamika Sekolah Pinggiran dalam Perspektif Kepemimpinan Krisis di Kota Kendari. Shautut Tarbiyah, 24(2), 181-203.
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana.
BUYUNG NASUTIYON, W. I. S. N. U. (2010). Pengaruh Sertifikasi Guru terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1).
Danuputra, F., & Sary, F. P. (2019). Pengaruh Dimensi Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan (studi Pada Karyawan Non-dosen Universitas Telkom Bandung). eProceedings of Management, 6(2).
Febriyanti, B. M., & Faslah, R. (2013). Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kinerja Pada Karyawan Balai Permasyarakatan Kelas I Jakarta Selatan (BAPAS) di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(2), 104-116.
Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42.
Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.
Hadinata, P. (2012). Iklim kelas dan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal psikologi, 3(1).
Hasanah, D. S., Fattah, N., & Prihatin, E. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 90-105.
Indrawati, Y. (2006). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru matematika dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi (kbk) pada sekolah menengah atas Kota Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya, 4(7), 41-58.
Ismayani, A. I., Niswaty, R., & Darwis, M. (2015). Eranan Kepala Sekolah Sebagai Leader Di SMA Negeri 8 Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ad'ministrare, 2(2), 101-107.
Miles, M. H., & Huberman, A. A. 1984. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills.
Milkan, A. (2018). Pengaruh Kewibawaan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tualang Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Mukhtar, M., & Akbar, M. (2019, December). Kiai's Leadership in Managing Human Resources. In 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019). Atlantis Press.
Murwati, H. (2012). Pengaruh sertifikasi profesi guru terhadap motivasi kerja dan kinerja guru di smk negeri se-Surakarta.
Nugraha, Y. (2015). Pengaruh Kinerja Guru PKn dan Iklim Belajar Terhadap Perkembangan Sikap Disiplin Peserta Didik (Studi Survey Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Karawang) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nur, J. (2018). Kepala Sekolah Dan Kualitas Sikap pada Tugas. Shautut Tarbiyah, 24(2), 263-277.
Pramudyo, A. (2010). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja dosen negeri pada kopertis Wilayah V Yogyakarta. Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 1(1), 1-11.
Rochman, C., & Gunawan, H. (2011). Pengembangan Kompetensi kepribadian guru: Menjadi guru yang dicintai dan diteladani oleh siswa. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sastramayani, S. (2018). Mempertemukan Semesta Guru dan Peserta Didik dalam Metode Pembelajaran Kooperatif. Shautut Tarbiyah, 24(2), 308-333.
Sastriyani, S. (2018). Dinamika Pembelajaran PAI di Era Digital (Studi di MTsN Wawotobi, Kabupaten Konawe). Shautut Tarbiyah, 24(1), 145-162.
Sauri, S. (2010). Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1-15.
Setiyati, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi Kerja, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200-206.
Sugiyono, P. Dr. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 128-141.
Susilo, S. V. (2018). Refleksi nilai-nilai pendidikan ki hadjar dewantara dalam upaya upaya mengembalikan jati diri pendidikan indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).
Syahrul, S. (2015). Dinamika Pembelajaran Metodologi Penelitian Pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Stain Kendari. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 8(1), 193-211.
Syahrul, S. (2015). Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara). Al-Ta'dib, 8(1), 82-100.
Syahrul, S. (2013). Penelitian sebagai Instrumen Perbaikan Kualitas Kinerja Organisasi Pendidikan secara Berkelanjutan (Continuous Improvement). Al-Ta'dib, 6(1), 150-163.
Syahrul, S. (2017). Perencanaan Strategis dan Praktiknya di Perguruan Tinggi. Shautut Tarbiyah, 23(1), 142-159.
Syahrul, S. (2016). Readines Frame: Analisis Kerangka Kesiapan dalam Transformasi Pendidikan Tinggi (Pengalaman Iain Kendari). Al-Ta'dib, 9(1), 162-181.
Wardana, D. S. (2013). Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 98-109.
Widayaningtyas, R. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Macanan Jaya Cemerlang Klaten). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(5), 527-537.
Zulkifli, M., Darmawan, A., & Sutrisno, E. (2014). Motivasi Kerja, Sertifikasi, Kesejahteraan dan Kinerja Guru. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.