Kualitas Input Program Pendidikan di Sulawesi Tenggara

Edy Karno

Abstract


Abstrak

            Tulisan ini merupakan kajian tentang kualitas input program pendidikan di Propinsi Sulawesi Tenggara, yang mencakup empat aspek yakni: dukungan peserta program, dukungan dana program, dukungan penyelenggara program, dan koordinasi antar instansi. Kualitas input merupakan salah satu perspektif yang digunakan dalam mengevaluasi program "Cerdas Sultraku" yang dicanangkan oleh pemerintah propinsi Sulawesi Tenggara melalui bantuan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) pada tingkat SMA/SMK dan beasiswa pada tingkat sarjana/pascasarjana. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menemukan: Pertama, pada aspek dukungan peserta Program Cerdas Sultraku adalah adanya kesesuaian profil dan proses perekrutan peserta Program Cerdas Sultraku dengan kriteria yang ditetapkan Program Cerdas Sultraku sebagaimana disyaratkan dalam Peraturan Gubernur Sulawesi Tenggara. Kedua, pada aspek dukungan dana adalah tersedianya dana sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pada Program Cerdas Sultraku. Sumber dana yang berasal dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota serta melibatkan orang tua peserta Program Cerdas Sultraku sesuai kriteria Program Cerdas Sultraku. Ketiga, pada aspek penyelenggara adalah kesesuaian dukungan penyelenggara dengan yang ditetapkan pada ketentuan Program Cerdas Sultraku, yakni antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara dengan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Keempat, pada aspek koordinasi antar instansi adalah terjalinnya kerjasama yang baik antar stakeholders. Dimana seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara yang masuk kedalam tim pengelola Program Cerdas Sultraku telah bekerjasama dengan baik dan sesuai kriteria Program Cerdas Sultraku.

 

Kata Kunci: Kualitas, Input Pendidikan, Evaluasi Program

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2017 Edy Karno