PENGINTEGRASIAN NILAI PERDAMAIAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Abstract
Dalam dunia pendidikan tidak sedikit kita dapatkan terjadinya kekerasan
dalam proses belajar mengajar tidak terkecuali baik di madrasah terlebih lagi
di sekolah-sekolah. Dalam tulisan singkat ini akan diulas secara singkat
tentang pengintegrasian nilai perdamaian dalam pembelajaran bahasa Arab,
dalam pembelajarannya perlu adanya pemaduan pendidikan perdamaian
dalam pembelajaran bahasa Arab. Mengenai hal itu ada tiga prinsip untuk
mencapai keterpaduan dalam pembelajaran bahasa; Pertama, keefektifan
komunikasi secara luas. Para pembelajar bahasa membutuhkan keterampilan
berbahasa yang dapat diterapkan dalam kehidupan mereka untuk keperluan
belajar dan berkomunikasi. Kedua, situasi pembelajaran bahasa Arab. Ketiga
Pemilihan konteks, prinsip perpaduan yang paling mendasar ialah bahwa
pembelajaran bahasa Arab akan optimal jika diusahakan dalam konteks yang
bermakna. Pemilihan konteks secara berhati-hati dan sistematis sangat
penting dalam mengembangkan program pembelajaran bahasa Arab yang
efektif di sekolah dan madrasah. Seterusnya tugas atau kegiatan pembelajaran
perlu menggunakan sekurang-kurangnya tiga macam konteks yang berbeda,
yaitu konteks ekspresif, kognitif, dan sosial. Dalam proses pembelajaran,
pendidikan nilai perdamaian hendaknya tidak diberikan dalam bentuk
indoktrinasi meliputi inkulkasi (inculcation), pemodelan (modeling), fasilitasi
(facilitation), dan pengembangan keterampilan (skill building).sedangkan
dalam untuk Mengembangkan keterampilan dalam mengatasi Konflik ada
beberapa pendekatan yang dapat dipergunakan antara lain pendekatan
preventif, pendekatan keterampilan, dan pendekatan akademik.
Kata kunci : Nilai Perdamaian, Pembelajaran Bahasa Arab