Perilaku Siswa Pengguna Handphone di SMP Negeri Satu Atap Waangu Angu Kabupaten Buton
Abstract
Perilaku siswa SMP Negeri Satu Atap Waangu Angu Kabupaten Buton yang dilatarbelakangi dengan adanya modernisasi mengakibatkan banyak para siswa yang menggunakan Hand Phone (HP) untuk mempermudah komunikasi, informasi dan interaksi. Namun dalam penggunaan HP terkadang tidak sesuai dengan kebutuhan pendidikan siswa serta waktu yang tepat sehingga terjadilah pergeseran nilai dan karakter siswa yang mengakibatkan perubahan perilaku siswa pengguna HP yang tidak jujur, disiplin, dan tanggung jawab. Walaupun peraturan mengenai larangan membawa dan menggunakan HP di sekolah sudah disosialisasiakan namun tidak jarang ditemui masih ada siswa yang melanggar peraturan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, masih adanya siswa yang membawa dan menggunakan handphone di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas, akibatnya dapat mengganggu proses belajar mengajar dan tidak mencapai ketuntasan dalam mengikuti pelajaran. Mengatasi kondisi demikian telah dilakukan berbagai macam upaya yang dilakukan baik oleh pihak sekolah dan pemerintah daerah melalui penerapan peraturan baik secara tertulis maupun secara lisan termasuk sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan siswa serta pendekatan kepada orang tua siswa.
Kata Kunci : Perilaku, Siswa, Pengguna, HandphoneFull Text:
PDFReferences
Abdullah, Munir, Pendidikan Karakter (Mengembangkan Karakter
Anak Sejak dari Rumah), (Yogyakarta: PT. Pustaka Insan
Madani, 2010)
Andi, N. Hakim, Pendidikan Agama dan Akhlak bagi Anak dan
Remaja, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 2001)
Chaedar A., Alwasilah., Pokoknya Kualitatif Dasar-dasar
Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif, (Jakarta:
PT. Dunia Pustaka Jaya, 2002)
Departeman Pendidikan Nasional, Panduan Manajemen
Sekolah, ( Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SLTP, 2000)
Departeman Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu
Berbasis Sekolah Buku 4 Pedoman Tatakrama dan Tata
Tertib Kehidupan Sosial Sekolah bagi SLTP, ( Jakarta:
Proyek Peningkatan Mutu SLTP, 2001)
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Pendidikan
Adalah Ibadah, ( Jakarta: Depdiknas, 2004)
Herman, Dampak Positif dan Negarif Handphone,
(http/edukasi.kompasiana.com/2010/03/05/hp., 2010)
Jacobus, Ranjabar, Perubahan Sosial dalam Teori Makro:
Pendekatan Realitas Sosial, Bandung: CV. Alfabeta, 2008)
Moleong, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung Remaja
Rosdakarya, 1996)
Munandar, Sulaeman, Modul I Sosiologi Klasik : Pengantar Karl
Marx; Max Weber dan Emile Durkheim, Bandung:
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Padjajaran, 2009)
Muslich Masnur, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis
Multidimensional, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011)
Karim, Nurdin. "Pendidikan Karakter." Shautut Tarbiyah 23.1 (2010): 69-89.
Nawawi Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: Gajah
Mada University Press, 1991)
Sofyan, Sauri, Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Nilai,
Bandung: CV. Yasindo Multi Aspek, 2008)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.