KREATIVITAS TARI PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Menari adalah aktivitas menggerakan tubuh untuk mengekspresikan gagasan, merespon musik, dan mencurahkan perasaan. Tujuan pembelajaran seni tari adalah untuk mendemonstrasikan suatu ketrampilan motorik (misalnya berlari, melompat, meloncat dan lain-lain), melatih keseimbangan saat bergerak, menempatkan diri dalam peran dan situasi tertentu serta memahami dan mengikuti instruksi.
Menari sebagai salah satu bentuk kegiatan seni, memiliki keragaman jenis, namun tidak semua kegiatan menari sesuai untuk anak usia dini. Menari lebih spesifik dikatakan oleh Stinson sebagai gerakan yang beraturan, signifikan dan dipengaruhi oleh penjiwaan.Tari yang kreatif adalah gerakan yang ditampilkan secara menarik dengan menyesuaikan alunan lagu atau musik. Terlepas dari itu, gerakan tari untuk anak usia dini sebaiknya yang mudah dan tidak terlalu bervariasi, menyenangkan dan dalam kondisi tertentu gerakan tari anak bersifat alami
Full Text:
PDF PDF RemoteReferences
Anhu, L. O. A. (2012). PENGARUH METODE MENGAJAR DAN INTENSITAS ASESMENT GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI PAI (STUDI EX POST FACTO DI KELAS 1 SDN 1 POASIA KOTA KENDARI TAHUN 2011). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 114-126.
Dirjend PAUDI(1986). Pengetahuan Elementer Tari dan Beberapa Masalah Tari. Jakarta:
Direktorat Kesenian Proyek Pengembangan Kesenian Jakarta, Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan.
Alexy, Petro dan Hafianti, Dewi. (2001). Ayo Menari. Jakarta: Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Jacqueline, M. Smith. (1994). The Art of Dance In Education. London: A&C Black.
Kusumawardhani, Dwi.(2009). Keterampilan Menari, Modul. Jakarta: Universitas Terbuka.
La Mery. (1965). Dance Composition: The Basic Element. Lee Massachusetts:
Jacob's Pillow Dance Festival.
Lynch Fraser, Diane. (1991). Playdancing. Pennington: Princeton Book Company,
Publishers.
Pekerti, Widia dkk. (2009). Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka
Pusat Kurikulum. Kurikulum dan Hasil Belajar: Kompetensi Dasar Pendidikan Anak Usia
Dini. (2002). Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Soedarsono. (1986). Elemen-elemen Dasar: Komposisi Tari (Terjemahan).
Yogjakarta: Lagaligo.
Soedarsono, dkk. (1996). Indonesia Indah: Tari Tradisional Indonesia. Jakarta: Harapan
Kita TMII/BP
Tim Dosen Estetika. (2000). Estetika. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas
Negeri Jakarta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.