Kebijakan Pendidikan di Sulawesi Tenggara (Memadu Mutu, Afirmasi, dan Partisipasi)
Abstract
Abstrak
Politik dan pendidikan dapat menyatu dalam sebuah ruang kebijakan pendidikan. Orientasi ideal politik untuk kemaslahatan manusia dapat terjawab melalui perlakuan baik pada pendidikan. Hal ini dibuktikan oleh provinsi Sulawesi Tenggara melalui kebijakan afirmasi dalam bentuk pemberian beasiswa bagi masyarakat berprestasi. Kebijakan ini diwujudkan dalam program Cerdas Sultraku sejak 2011 dibawah komando Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam. Kebijakan ini telah menjembatani ribuan pemuda potensial Sulawesi Tenggara untuk mendapatkan pendidikan, pada jenjang menengah maupun pendidikan tinggi. Tulisan ini hanya meropong implementasi kebijakan ini pada jenjang pendidikan tinggi, yang mencakup empat aspek yakni: kebijakan afirmatif pendidikan di Sulawesi Tenggara; peraturan kendali mutu bagi penerima beasiswa masyarakat berprestasi; kompetensi target bagi penerima beasiswa masyarakat berprestasi; dan keterpakaian lulusan program beasiswa masyarakat berprestasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, peneliti melakukan pembacaan dokumen dan melakukan wawancara dengan berbagai sumber relevan, untuk mendalami kebijakan pemberian beasiswa masyarakat berprestasi di Sulawesi Tenggara. Melalui proses reduksi, display, dan verifikasi, penelitian menghasilkan temuan-temuan antara lain: pertama, kebijakan afirmatif pendidikan di Sulawesi Tenggara didasarkan pada sebuah peraturan gubernur Sulawesi Tenggara; kedua, peraturan kendali prestasi ditetapkan dalam sebuah keputusan rektor; ketiga, kompetensi target meliputi aspek akademik, penguasaan bahasa asing, akhlak mulia, dan penguasaan IT; keempat, keterpakaian lulusan penerima beasiswa masyarakat berprestasi masih rendah, terutama pada instansi-instransi pemerintah, baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota.
Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, Mutu, Afirmasi
Abstract
Politics and education can unite in an educational policy space. The ideal political orientation for human benefit can be answered through good treatment of education. This is evidenced by the province of Southeast Sulawesi through affirmation policy in the form of scholarships for outstanding community. This policy is realized in the "Cerdas Sultraku" program since 2011 under the command of Southeast Sulawesi Governor, Nur Alam. This policy has bridged thousands of potential youths of Southeast Sulawesi to get education, at both middle and higher education levels. This paper only discusses the implementation of this policy at higher education level, which includes four aspects namely: affirmative education policy in Southeast Sulawesi; quality control regulations for awardees of excellent community scholarships; target competencies for awardees of excellent community scholarships; and the application of graduates of excellent scholarship program. Using a qualitative approach and descriptive method, the researcher conducted document readings and conducted interviews with various relevant sources, to explore the scholarship policy of outstanding community in Southeast Sulawesi. Through the process of reduction, display, and verification, the research produced findings such as: first, the affirmative education policy in Southeast Sulawesi was based on a governance regulation of Southeast Sulawesi; second, the rules of achievement control are defined in a rector's decision; third, target competencies include academic aspects, foreign language proficiency, noble character, and mastery of IT; fourth, the graduation of graduate recipients of underachievers is still low, especially in government agencies, both provincial and district / city levels.
Keywords: Education Policy, Quality, Affirmation
Full Text:
PDFReferences
Bungin, Burhan. Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana, 2007
https://ristekdikti.go.id/menteri-nasir-optimis-apk-pendidikan-tinggi-akan-meningkat-pesat-dengan-pjj/ diakses 8 Maret 2018
https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/09/12/ow5pkm-kemendikbud-terus-cari-model-pendidikan-daerah-3t,
https://totalqualitymanagement.wordpress.com/2009/06/07/dr-joseph-juran/, diakses 21 Februari 2018
https://suarausu.co/usu-terima-mahasiswa-afirmasi-dari-luar-papua/ diakses 21 Februari 2018
http://kampungsultra.com/program-adik-3t-kemenristek-sman-1-asinua-diantaranya/ diakses 21 Februari 2018
https://sultra.antaranews.com/berita/283487/30-mahasiswa-sultra-peroleh-beasiswa-afirmasi diakses 21 Februari 2018
https://sultra.antaranews.com/berita/276928/sultra-gelontorkan-rp16-m-untuk-program-cerdas-sultraku, diakses 21 Februari 2018
Indana, Nurul. "Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan." Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017)
Karno, Edy. "Pemerintah Responsif Pendidikan: Kajian Atas" Program Cerdas Sultraku" di Sulawesi Tenggara." Shautut Tarbiyah 35, no. 2 (2017)
Karno, Edy. "Kualitas Input Program Pendidikan di Sulawesi Tenggara." Shautut Tarbiyah 36, no. 23 (2017)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan, APK/APM PAUD, SD, SMP, SM Tahun 2016/2017 (Termasuk Madrasah dan Sederajat), Tahun 2017
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. "Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru." Jakarta: UI Press (1992)
Moleong, Lexy J. "Metodologi Kualitatif Edisi Revisi." Bandung: PT. Remaja Rosdakarya (2005).
Muhadjir, Noeng. Perencanaan dan kebijakan pengembangan sumberdaya manusia. Rake Sarasin, 1992.
Nugroho, Riant. "Kebijakan pendidikan yang unggul." Yogyakarta: Pustaka Pelajar (2008).
Peraturan Gubernur Sulawesi Tenggara Nomor 55 Tahun 2014 tentang Beasiswa Masyarakat Berprestasi Pemerintah Sulawesi Tenggara pada Universitas Islam Sultan Agung.
Priharsanti, Ajeng. "Aspirasi Pendidikan Siswa Papua di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Yogyakarta." Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 5, no. 11 (2016).
Rivai, Ardian Bakhtiar. "Kebijakan Afirmasi Pendidikan Tinggi Untuk Papua." CosmoGov 1, no. 2 (2017)
Rivai, Ardian Bakhtiar, and M. M. P. T. Mahasiswa. "Affirmative action: Menebar Cahaya Harapan Untuk Papua." Diaskes dari http://mmpt. pasca. ugm. ac. id/downloads/8.% 20Affirmative% 20Action_Ardian. pdf. pada tanggal 7 (2014).
Robbins, Stephen P., Mary Coulter, and David De Cenzo. Fundamentals of Management, Global Edition. Pearson Education Limited, 2014.
Rohman, Arif. "Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi." Yogyakarta: Aswaja Pressindo (2012).
Siti, Nurhaliza. "Bentuk Interaksi Sosial Mahasiswa Papua Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Selama Mengikuti Perkuliahan Di Universitas Andalas Padang." PhD diss., Universitas Andalas, 2017.
Stoner, James AF, R. Edward Freeman, and Daniel R. Gilbert. "Management, Fith Edition." (1992).
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008
Syahrul, Syahrul. "Tanggung Jawab Sosial Pesantren: Studi pada Pondok Pesantren Al Munawwarah Pondidaha, Konawe." Shautut Tarbiyah 37, no. 23 (2017)
Syahrul, Syahrul. "Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara)." Al-Ta'dib 8, no. 1 (2015)
Syahrul, Syahrul. "Penelitian sebagai Instrumen Perbaikan Kualitas Kinerja Organisasi Pendidikan secara Berkelanjutan (Continuous Improvement)." Al-Ta'dib 6, no. 1 (2013)
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Usman, Husaini. "Manajemen: Teori." Praktek, dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara (2009).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.