Shautut Tarbiyah IAIN Kendari

Archives



2015

Cover Page

2015: Ed. Ke-33 Th. XX, November 2015

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah menciptakan segala suatu dengan pola keteraturan dan keindahan yang sempurna. Dia telah menganugerahkan rahmat, dan karunia-Nya kepada seluruh umat manusia. Salawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan dan panutan terbaik Rasulullah Muhammad SAW, keluarga dan kerabat, beserta ahlul bait, para sahabatnya, dan yang mengikuti Beliau hingga akhir zaman yang insya Allah syafa’atnya akan sampai kepada kita semua. Amin.
Terbitnya Shautut Tarbiyah Edisi ke-33 Tahun XXI, November 2015 ini menjadi kebanggaan tersendiri, beberapa hal dirasa perlu untuk dikemukakan sebagai catatan. Catatan tersebut diawali dengan mengulangi ucapan selamat yang sama pada edisi sebelumnya “selamat kepada seluruh civitas akademika dan seluruh stakeholder atas kebersamaannya hingga saat ini, kebersamaan anda semua membawa angin segar bagi perguruan tinggi ini, yaitu pergantian status perguruan tinggi dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kendari menjadi Institut Agama Islam Negeri Kendari melalui Peraturan Presiden No. 145 Tahun 2014”.
Pada terbitan kali ini ada 10 tulisan yang kami muat yaitu penulis pertama oleh Abbas (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari, dengan judul Konflik Sosial Kontemporer antar Umat Beragama (Analisis Sosiologis dan Teologis), penulis kedua Basri (Guru di SMAN Negeri 2 Bau Bau Sulawesi Tenggara), dengan judul Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS₁ SMA Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui Pembelajaran Kancing Gemerincing. Penulis ketiga adalah Burhan (Dosen pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari), dengan judul Keterampilan Analisis Data Statistika Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kendari. Penulis keempat oleh Mahrudin (Dosen Fakultas Hukum dan Syariah IAIN Kendari), yang berjudul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Multikultural di Institut Agama Islam Negeri Kendari. Penulis kelima adalah Muh. Ikhsan (Dosen Fakultas Ushuludin, Adab dan Dawah IAIN Kendari) dengan judul Jejak Kegemilangan Intelektualisme Islam dalam Pentas Sejarah Dunia: Kontribusi Ilmiah Kaum Mawali Persia pada Periode Klasik. Penulis keenam adalah Rahmad (Dosen Luar Biasa pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari) dengan judul artikel Nilai Pendidikan Islam Film Animasi Upin dan Ipin dalam Membentuk Perilaku Islami Anak di Kelurahan Tinanggea. Penulis ketujuh adalah Ratna Umi Nurlila (Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya Kendari) dan Jumarddin La Fua (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari) yang berjudul Perbedaan Perkembangan Motorik Kasar dan Halus pada Bayi 6 Bulan yang Mendapat Asi Eksklusif dan Non Asi Eksklusif di Desa Penanggotu Kecamatan Lambandia Kabupaten Kolaka Tahun 2013. Penulis kedelapan adalah Samrin (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari) dengan judul Kapitalisme dan Pendidikan Liberal-Kapitalistik. Penulis kesembilan adalah Syamsuddin (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari) dengan judul Peningkatan Kepuasan Kerja (Job Satisfaction) Pegawai Melalui Optimalisasi Pemberian Penghargaan (Reward). Dan tulisan kesepuluh oleh Tomo P. (Dosen Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari) dengan judul Meretas Jalan ke Rana Sufi.
Dengan demikian dalam edisi kali ini menyajikan 9 penulis yang berasal dari institusi IAIN Kendari dan 1 orang berasal dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Bau Bau Sulawesi Tenggara. Meskipun tulisan ini terwujud berkat bantuan berbagai pihak, namun segala kekurangan yang ada menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya. Redaksi sangat menyadari bahwa artikel ini hanya merupakan bagian kecil saja dari pola keteraturan yang tersedia di alam raya, namun paling tidak harapannya artikel-artikel yang termuat dalam sajian ini dapat memberikan sumbangan yang bermanfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan.
Pepatah “tiada akhir dalam suatu karya ilmiah” dan “tak ada gading yang tak retak” maka, kami tim redaksi sangat mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari pembaca demi kesempurnaan terbitan ini. Teristimewa ucapan terima kasih disampaikan kepada penulis yang turut menyumbangkan pikiran-pikiran cerdasnya untuk terbitan kali ini. Kepada semua pihak yang telah bekerja dengan ikhlas beramal untuk menjaga eksistensi Shautut Tarbiyah IAIN Kendari.
Spektrum dari keseluruhan tulisan-tulisan di atas memang cukup luas, namun menarik mengikuti alur pemikiran para penulisnya yang kembali mengungkapi persoalan manusia dalam seluruh konteks kehidupannya; individu, pendidikan, sosial-budaya, sumber daya alam dan teknologi. Sebagai proposal pemikiran, tulisan-tulisan di atas patut ditelusuri lebih jauh, meskipun kita tidak harus selalu setuju dengan isinya. 
Selamat membaca!

Kendari, November 2015
Redaktur

 

Muhammad Alifuddin


2010

Cover Page

2010: Ed. ke-23.a Th. XVI, November 2010

Alhamdulillah, atas izin Allah, SWT, Redaksi kembali menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi Ilm-Ilmu Sosial dan Keislaman edisi 23.a Th. XVI, November 2010. Dalam edisi kali ini, Shautut Tarbiyah memuat sepuluh artikel yang ditulis oleh para dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.

Pada edisi ini diawali dengan menampilkan artikel yang ditulis oleh Abdul Kadir yang berjudul Kepemimpinan Ulul Albab. Disusul artikel yang ditulis oleh Jabal Nur dengan judul Konflik Peradaban  dan  Kerukunan Antar Agama, serta hasil perenungan yang ditulis oleh Abbas yang berjudul Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Selanjutnya disajikan artikel yang membahas tentang Sayyid Muhammad Thanthawi dan Peranannya dalam Tafsir Alqur’an (Telaah Metodologi Kitab : Tafsir al-Wasīth) yang ditulis oleh Muhammad Hasdin Has. Artikel yang ditulis oleh Burhan dengan judul Hisab Kotemporer dalam Penentuan dan Penetapan Awal Waktu Bulan Qomariyah memberi warna lain dalam jurnal Shautut Tarbiyah kali ini.

Artikel yang ditulis oleh oleh Pairin mengarah pada topik pendidikan yang berjudul Struktur Sosial di Sekolah, yang dilanjutkan dengan artikel yang ditulis oleh Mohammad Yahya Obaid yang berjudul Merintis Jalan Menuju Pendidikan Agama Islam dan Eksistensinya dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah  dan artikel yang ditulis oleh Muhammad Abduh dengan judul Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Berbagai Jenjang Pendidikan. Artikel lain yan masih dalam rumpun kependidian adalah yang disusun oleh St. Kuraedah dengan judul Pendidikan Islam dengan Pandangan  Qadariyah, Jabariyah dan Asy’ariyah. Tak kalah menarik pula artikel yang ditulis oleh Abdul Kadir P yang berjudul Menumbuhkan Nilai-Nilai Keimanan Melalui Orientasi Pendidkan Sains Fisika.

Kepada para pembaca yang budiman, sudilah kiranya menjadikan edisi kali ini sebagai salah satu koleksi bahan bacaannya diperpustakaan pribadi masing-masing. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tim redaksi yang telah bekerja dan seluruh kontributor, yang telah memberi sumbangan pemikiran baru melalui artikel-artikel yang termuat pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan, keterbatasan dan kesalahan-kesalahan yang akan anda jumpai dalam terbitan ini.

Terbitan ini berupaya menyalurkan sebagian kecil saja dari pola keteraturan di alam raya, harapannya edisi kali ini dapat memberi sumbangan manfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan. Akhir kata tim redaksi sangat mengharapkan sumbangan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan terbitan edisi selanjtnya.

 

 

Selamat Membaca!

Redaktur

 

Muhammad Alifuddin

2011

Cover Page

2011: Ed. ke-24 Th. XVII, Mei 2011

Alhamdulillah, atas izin Allah Swt. Redaksi kembali
menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi ilmu-ilmu Sosial dan
Keislaman edisi 24, Mei 2011.
Dalam edisi kali ini, Shautut Tarbiyah memuat sepuluh artikel
yang ditulis oleh para dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Kendari, dosen STIKES Mandala Waluya Kendari, dan dari guru SD
dan SMP lingkup Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Buton.

Artikel yang ditulis oleh dosen STAIN sebanyak 8 (delapan)
artikel, yakni: Islamisasi Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan
Berbasis Multikultur: Ikhtiar Memperkokoh Aras Integrasi,
Pentingnya Membangun STAIN Kendari sebagai Organisasi Belajar,
Pendidikan dan Hak Asasi Manusia, Hak Azasi Manusia:
Penyimpangan Fitrah Manusia, Critical Reflection on CLT
Application in Indonesia, Kajian Fonologis Kata Dakhil dalam Kamus
Ilmiah Bahasa Indonesia, Astronomi: Fenomena dan Local Genius
serta Perkembangannya di Indonesia. Dari Dinas Pendidikan Nasional,
sebuah artikel yang berjudul Pemanfaatan Media Televisi dalam
Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Korupsi di Sekolah Dasar
tulisan Nasihu dan Jalil, keduanya adalah guru SDN 1 Wakaokili dan
guru SMP Negeri 1 Atap Waangu-Aangu Kabupaten Buton Propinsi
Sulawesi Tenggara. Artikel terakhir berjudul Faktor Penyebab Gizi
Buruk pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Mata Kota
Kendari ditulis oleh Ratna Umi Nurlila, dosen Sekolah Tinggi Ilmu
Kesehatan Mandala Waluya Kota Kendari.

Ucapan terima kasih kepada semua tim redaksi yang telah
bekerja dan seluruh kontributor, baik dari kalangan dosen STAIN,
maupun di luar STAIN Kendari yang telah menyumbangkan
tulisannya untuk diterbitkan pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami
memohon maaf kepada semua pihak atas berbagai kesalahan dan
kekurangan dalam terbitan ini. Terima kasih.


Selamat membaca!
Redaktur


Muhammad Alifuddin



2010

Cover Page

2010: Ed. ke-23 Th. XVI, Mei 2010

Alhamdulillah, atas izin Allah Jurnal Shautut Tarbiyah Jurnal Studi Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman edisi 23, Mei 2010 ini bisa diterbitkan.

Dalam edisi kali ini, Shautut Tarbiyah memuat sembilan artikel yang ditulis oleh para dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kendari dari tiga jurusan. Dari Jurusan Tarbiyah terdapat 6 (enam) artikel, yakni: Konstribusi Islam terhadap Kebangkitan Barat yang ditulis oleh Moh. Yahya Obaid, Nilai-Nilai Islam dalam Kosmologi Alam Semesta oleh Burhan, Kemauan Politik untuk Kemajuan Pendidikan dan Pendidikan Politik untuk Kemajuan Bangsa oleh Abdul Kadir, Konsep Dasar Pengelolaan Pengajaran oleh Samrin,  dan Efektivitas Metode Muhadatsah terhadap Penguasaan Bahasa Arab Mahasiswa STAIN Kendari oleh Wa Muna, dan Musibah dalam Perspektif Hadis yang ditulis oleh Amri; dari Jurusan Syariah 1 (satu) artikel, yakni Pendekatan Rasional dalam Memahami Quran oleh Muhammad Alifuddin; dan dari Jurusan Dakwah 2 (dua) artikel, yakni Sekularisme dalam Perkembangan Islam ditulis oleh Tomo Parangrangi dan Pendidikan Karakter oleh Nurdin.

Redaksi mengucapkan terima kasih kepada tim redaksi yang telah bekerja dan seluruh kontributor yang telah menyumbangkan tulisannya untuk diterbitkan pada edisi kali ini. Tidak lupa redaksi memohon maaf kepada semua pihak atas berbagai kesalahan dan kekuarangan dalam terbitan ini. Terima kasih.

 

Selamat membaca!

 

Redaktur

Muhammad Alifuddin


2011

Cover Page

2011: Ed. 25, Th. XVII, November 2011

Alhamdulillah, atas izin Allah Swt. Redaksi kembali
menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi ilmu-ilmu Sosial dan
Keislaman edisi 25, November 2011. Dalam edisi kali ini, Shautut
Tarbiyah memuat sepuluh artikel yang ditulis oleh para dosen Sekolah
Tinggi Agama Islam Negeri Kendari dan dosen STIKES Mandala
Waluya Kendari.
Pada edisi ini diawali dengan menampilkan artikel yang ditulis
oleh Jumardin Lafua berjudul Memupuk Jiwa Kemandirian di
Lingkungan Kampus melalui Pendidikan Enterpreneurship sebagai
Modal Menuju Kompetisi Dunia Kerja. Disusul artikel yang berjudul
Universalitas Pendidikan dalam Sastra tulisan Asliah Zainal, serta
hasil penelitian berjudul Meningkatkan Minat dan Pemahaman
Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ilmu Falak Melalui Penerapan
Pembelajaran Eksperimen Bebas. Selanjutnya disajikan artikel yang
membahas pendidikan, yakni: Pendidik dalam Pendidikan Islam,
Orang Tua, Guru dan Pemimpin/Tokoh Masyarakat oleh Wa Muna
dan Pendidikan Nilai Karakter Berbasis Multikultural oleh Hadi
Machmud.
Artikel yang lain ditulis oleh Muhammad Alifuddin dengan
judul Hadis dan Khabar Ahad dalam Perspektif Muhammad al-
Ghazali. Profesionalitas dalam Mengemban Misi Kekhalifahan
(Telaah Analitis-Aplikatif Terhadap Asma Allah , ) oleh
Zulaeha, Tafsir Kontekstual Al-Qur’an (Telaah atas Metodologi Tafsir
Fazlur Rahman) oleh Muh. Ikhsan. Selain itu, juga terdapat artikel
berbahasa Inggris yang ditulis oleh Abdul Halim berjudul Language
Change as a Matter of Fact. Edisi ini ditutup dengan artikel berjudul
Faktor Penyebab Terjadinya Karies Gigi pada Murid SDN 1 Raha
Kabupaten Muna tulisan Ratna Umi Nurlila.

Kepada pada pembaca, kami berharap semoga kehdiran edisi
kali ini dapat menambah bahan bacaan dalam ilmu-ilmu social
keislaman. Terima kasih kami ucapkan kepada semua tim redaksi
yang telah bekerja dan seluruh kontributor, baik dari kalangan dosen
STAIN, maupun di luar STAIN Kendari yang telah menyumbangkan
tulisannya untuk diterbitkan pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami
memohon maaf kepada semua pihak atas berbagai kesalahan dan
kekuarangan dalam terbitan ini. Terima kasih.


Selamat membaca!
Redaktur


Muhammad Alifuddin



2012

Cover Page

2012: Ed. ke-27 Th. XVIII, November 2012

Alhamdulillah, atas izin Allah, SWT, Redaksi kembali menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi Ilm-Ilmu Sosial dan Keislaman edisi 27 Th. XVIII, November 2012. Dalam edisi kali ini, Shautut Tarbiyah memuat sepuluh artikel yang ditulis oleh dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.

Pada edisi ini diawali dengan menampilkan artikel mempunyai nuansa keagamaan yang ditulis oleh Tomo Paranrangi yang berjudul Ijtihad Perspektif Sufisme. Disusul artikel yang ditulis oleh Abbas dengan judul Agama dan Konflik dalam Masyarakat di Indonesia. Selanjutnya, artikel yang ditulis oleh Moh. Ikhsan yang berjudul Metode Pembacaan Al-Qur’an (Telaah Pemikiran atas Pemikiran Mohammed Arkoun). Disajikan pula artikel yang ditulis oleh Muhammad Hasdin Has dengan judul Karakteristik Tafsir al-Bahru al-Muhith (Telaah Metodologi Penafsiran Abu Hayyan al-Andalusy). Selanjutnya terdapat artikel yang berkenaan dengan identitas budaya lokal yang ditulis oleh Asliah Zainal dengan judul Ritual Persiapan Reproduksi Perempuan dalam Masyarakat Muna Sulawesi Tenggara (Sebuah Tinjauan Antropolgis) memberi warna lain dalam jurnal Shautut Tarbiyah kali ini.

Artikel selanjutnya ditulis oleh oleh Fahmi Gunawan dengan topik Wacana Elit Politik: antara Eufemisme dan Sarkasme, yang dilanjutkan dengan artikel yang ditulis oleh Burhan yang berjudul Penetapan Arah Kiblat melalui Media Online : Google Earth dan Qibla Locator dan artikel yang ditulis oleh Mahrudin dengan judul Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Poangka-Angkataka. Artikel lain tentang penelusuran sejarah yang disusun oleh Pairin dengan judul Sejarah Pendidikan Perguruan Tinggi Agama Islam. Tak kalah menarik pula artikel yang ditulis oleh Abdul Kadir yang berjudul Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Globalisasi Pendidikan.

Kepada para pembaca yang budiman, sudilah kiranya menjadikan edisi kali ini sebagai salah satu koleksi bahan bacaannya diperpustakaan pribadi masing-masing. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tim redaksi yang telah bekerja dan seluruh kontributor, yang telah memberi sumbangan pemikiran baru melalui artikel-artikel yang termuat pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan, keterbatasan dan kesalahan-kesalahan yang akan anda jumpai dalam terbitan ini.

Terbitan ini berupaya menyalurkan sebagian kecil saja dari pola keteraturan di alam raya, harapannya edisi kali ini dapat memberi sumbangan manfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan. Akhir kata tim redaksi sangat mengharapkan sumbangan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan terbitan edisi selanjtnya.

 

 

Selamat Membaca!

Redaktur

 

Muhammad Alifuddin


2013

Cover Page

2013: Ed. ke-28 Th. XIX, Mei 2013

Alhamdulillah, atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala Redaksi kembali menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi Ilm-Ilmu Sosial dan Keislaman Edisi ke-28 Th. XIX, Mei 2013. Tim redaksi kali ini mengetengahkan sepuluh artikel yang ditulis oleh sembilan dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dan satu dosen STAIN Ponorogo yang disusun menjadi tiga kelompok besar. Bagian pertama menyajikan tentang sosial keagamaan, bagian kedua tentang penelitian dan kependidikan, dan bagian ketiga tentang sains dan Islam.

Sajian edisi ini diawali dengan artikel yang ditulis oleh Muhammad Alifuddin yang berjudul Transformasi Islam dalam Sistem Sosial Budaya Orang Buton: Tinjaun Historis. Disusul artikel yang ditulis oleh Tomo Paranrangi yang berjudul Sekularisme dalam Perkembangan Islam. Selanjutnya, artikel yang ditulis oleh St. Kuraedah dengan judul Nikah dalam  Perspektif Al-Qur’an. Disajikan pula artikel yang ditulis oleh Beti Mulu yang berjudul Manahij al-Bahsi al-Lughawi (Metode Penelitian Ilmu Bahasa). Disusul oleh artikel yang ditulis oleh Abdul Kadir dengan judul Tata Kelola Perguruan Tinggi di Era ITC. Artikel selanjutnya adalah yang ditulis oleh Laode Abdul Wahab, merupakan salah satu ringkasan hasil penelitian disertasi doktor pada Universitas Negeri Jakarta yang diberi judul Pilihan Kode dalam Ranah Sosial pada Masyarakat Keturunan Arab Empang.

Artikel ketujuh dan delapan berbicara mengenai hasil penelitian yang pertama ditulis oleh Yuentie Sova Puspidalia, Dosen STAIN Ponorogo yang berjudul Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Laporan Penelitian Dosen STAIN Ponorogo Tahun Anggaran 2011. Tak kalah menarik pula artikel ini diakhiri dengan hasil penelitian yang ditulis oleh Muh. Shaleh yang berjudul Pengaruh Kreativitas dan Intelegensi Terhadap Kemandirian Belajar Anak.

Artikel kesembilan dan kesepuluh yang disajikan dalam edisi ini berkenaan dengan Sains dan Islam. Artikel kesembilan ditulis oleh Mashur yang berjudul Seks dalam Perspektif Islam yang dilanjutkan oleh Marlina dalam artikel kesepuluh yang berjudul Guru sebagai Garda Terdepan dalam Membangun Bangsa.

Kepada para pembaca yang budiman, sudilah kiranya menjadikan edisi kali ini sebagai salah satu koleksi bahan bacaan, minimal menjadi penghias diperpustakaan pribadi masing-masing. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim redaksi yang telah bekerja dan seluruh kontributor yang telah memberi sumbangan pemikiran baru melalui artikel-artikel yang termuat pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan, keterbatasan dan kesalahan-kesalahan yang akan Anda jumpai dalam terbitan ini.

Terbitan ini berupaya menyalurkan sebagian kecil saja dari pola keteraturan di alam raya, harapannya edisi kali ini dapat memberi sumbangan manfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan. Akhir kata tim redaksi sangat mengharapkan sumbangan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan terbitan edisi selanjutnya.

Selamat Membaca!

Kendari,     Mei 2013

Pemimpin Redaksi

 

Muhammad Alifuddin


2014

Cover Page

2014: Ed. ke-30 Th. XX, Mei 2014

Alhamdulillah, atas izin Allah, SWT, Redaksi kembali menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi Ilm-Ilmu Sosial dan Keislaman Edisi ke-30 Th. XX, Mei 2014. Edisi kali ini pemimpin redaksi dan kru pelaksana mengetengahkan sepuluh buah artikel yang ditulis oleh sembilan orang dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dan satu orang dosen IAIN Raden Intan Lampung.   Edisi kali ini, artikel disusun dengan menyajikan sosial keagamaan, penelitian dan kependidikan islam dan sains.

Sajian edisi ini diawali dengan artikel yang ditulis oleh Abdul Kadir  yang  berjudul  Konsep  Spasial  Peningkatan  Profesionalitas Guru dan Dosen. Disusul artikel yang ditulis oleh Amri yang berjudul Tafsir  Al-Qur’an pada  Masa Nabi  Muhammad Saw  Hingga Masa Kodifikasi. Selanjutnya, artikel yang ditulis oleh Batmang dengan judul Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern. Disajikan pula artikel yang ditulis oleh Fatira Wahidah yang berjudul Al-Mar’ah dalam   Hadis   Nabi   SAW. Disusul oleh artikel yang ditulis oleh Dosen   Jurusan   Tarbiyah   IAIN   Raden   Intan   Lampung   Heny Wulandari dengan judul Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini. Artikel selanjutnya adalah yang ditulis oleh Jabal Nur yang diberi judul Manajemen dan Kepemimpinan Sekolah/Madrasah.

Artikel ketujuh ditulis oleh La Ode Anhusadar yang berjudul Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Tak kalah menarik pula artikel kedelapan ditulis oleh Mashur Malaka yang berjudul Pengelolaan Harta  Wakaf  yang  Produktif  dan  Profesional.  Artikel  kesembilan ditulis oleh Nurseha Gazali yang berjudul Micro Teching pada Lembaga  Pendidikan  Tenaga  Kependidikan/Keguruan  yang dilanjutkan oleh  Muh.  Ikhsan  AR.  dalam artikel kesepuluh yang berjudul Menelusuri Jejak Kesatuan Nubuwwah (Telaah Historis atas Surat al-Mu’min ayat 78).

Kepada para pembaca  yang budiman, sudilah kiranya menjadikan edisi kali ini sebagai salah satu koleksi bahan bacaan, minimal menjadi penghias diperpustakaan pribadi masing-masing. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tim redaksi yang telah bekerja dan seluruh kontributor, yang telah memberi sumbangan pemikiran baru melalui artikel-artikel yang termuat pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan, keterbatasan dan kesalahan-kesalahan yang akan  anda jumpai dalam terbitan ini.

 

Terbitan ini berupaya menyalurkan sebagian kecil saja dari pola keteraturan di alam raya, harapannya edisi kali ini dapat memberi sumbangan manfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan. Akhir kata tim redaksi sangat mengharapkan sumbangan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan terbitan edisi selanjutnya.

Selamat Membaca!

 

Kendari,    Mei 2014

Penyunting/Editor

 

Muhammad Alifuddin


2013

Cover Page

2013: Ed. ke-29 Th. XIX, November 2013

Alhamdulillah, atas izin Allah, SWT, Redaksi kembali menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi Ilm-Ilmu Sosial dan Keislaman Edisi ke-29 Th. XIX, November 2013. Edisi kali ini pemimpin redaksi dan kru pelaksana mengetengahkan sepuluh buah artikel yang ditulis oleh sepuluh orang dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.  Edisi kali ini, artikel disusun dengan menyajikan sosial keagamaan, penelitian dan kependidikan islam dan sains.

Sajian edisi ini diawali dengan artikel yang ditulis oleh Asliah Zainal yang berjudul Egalitarian Laki-Laki dan Perempuan dalam Keluarga Islam; antara Idealitas dan Realitas. Disusul artikel yang ditulis oleh Muh. Ikhsan yang berjudul Mahdiisme Syi’ah : Akar Sejarah dan Implikasinya dalam Perkembangan Sosial Politik. Selanjutnya, artikel yang ditulis oleh Akmal dengan judul Menidurkan Sejarah, Membangunkan Ingatan: Menjejak Instrumen Islam pada Ekonomi moderen. Disajikan pula artikel yang ditulis oleh Aliwar yang berjudul Mengembangkan Pendidikan Karakter Di STAIN Kendari. Disusul oleh artikel yang ditulis oleh Muhammad Hadi dengan judul Sistem Penyelengaraan Pendidikan Guru Berkualitas di Kementerian Agama. Artikel selanjutnya adalah yang ditulis oleh Batmang yang diberi judul Peningkatan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Arab Melalui Teknik Pembelajaran SQ4-R (Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari).

Artikel ketujuh ditulis oleh Burhan yang berjudul Minimalisasi Kesalahan Aplikasi Teori Peluang dan Teori Ketidakpastian Heisenberg melalui Do’a dalam Dunia Pendidikan. Tak kalah menarik pula artikel kedelapan ditulis oleh Ety Nur Inah yang berjudul Peranan Matematika pada Prestasi Belajar Statistik Pendidikan bagi Mahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.

Artikel kesembilan ditulis oleh Fahmi Gunawan yang berjudul Bahasa Kriptos para Koruptor yang dilanjutkan oleh Laode Abdul Wahab dalam artikel kesepuluh yang berjudul Pemerolehan Pragmatik pada Anak Usia 2 Tahun (Studi pada Neilika Elen Elmaihira Warga Desa Cialam Jaya Konda).

Kepada para pembaca yang budiman, sudilah kiranya menjadikan edisi kali ini sebagai salah satu koleksi bahan bacaan, minimal menjadi penghias diperpustakaan pribadi masing-masing. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tim redaksi yang telah bekerja dan seluruh kontributor, yang telah memberi sumbangan pemikiran baru melalui artikel-artikel yang termuat pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan, keterbatasan dan kesalahan-kesalahan yang akan anda jumpai dalam terbitan ini.

Terbitan ini berupaya menyalurkan sebagian kecil saja dari pola keteraturan di alam raya, harapannya edisi kali ini dapat memberi sumbangan manfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan. Akhir kata tim redaksi sangat mengharapkan sumbangan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan terbitan edisi selanjutnya.

Selamat Membaca!

Kendari,     November 2013

Penyunting/Editor

 

Muhammad Alifuddin


2012

Cover Page

2012: Ed. ke-26 Th. XVIII, Mei 2012

Alhamdulillah, atas izin Allah, SWT, Redaksi kembali menerbitkan Shautut Tarbiyah Jurnal Studi Ilm-Ilmu Sosial dan Keislaman edisi 26 Th. XVIII, Mei 2012. Dalam edisi kali ini, Shautut Tarbiyah memuat sembilan artikel yang ditulis oleh dosen STAIN Sultan Qaimuddin Kendari dan satu artikel yang ditulis oleh mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Pada edisi ini diawali dengan menampilkan artikel yang ditulis oleh Faizah Binti Awad yang berjudul Pendidikan Islam Dalam Membentuk Pribadi Sehat. Disusul artikel yang ditulis oleh Abdul Azis dengan judul Pengintegrasian Nilai Perdamaian Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Selanjutnya, artikel yang ditulis oleh Ety Nur Inah yang berjudul Penilaian Berbasis Kelas. Disajikan pula artikel yang ditulis oleh Abdul Kadir P. dengan judul Upaya Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Melalui Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) Dalam  Pembelajaran IPA. Artikel yang ditulis oleh Aris Try Andreas Putra dengan judul Evaluasi Program Pendidikan: “Pendekatan Evaluasi Program Berorientasi Tujuan (Goal-Oriented Evaluation Approach: Ralph W. Tyler)” memberi warna lain dalam jurnal Shautut Tarbiyah kali ini.

Artikel selanjutnya ditulis oleh oleh Marlina Gazali dengan topik Pendidikan Responsif Gender, yang dilanjutkan dengan artikel yang ditulis oleh Abdul Kadir yang berjudul Sistem Pembinaan Pondok Pesantren dan artikel yang ditulis oleh Rasmi dengan judul Epistemologi Hermeneutika Gadamer (Kaitan dan Implikasinya Bagi Ilmu Pendidikan Secara Umum dan Khusus). Artikel lain yan masih dalam pengembangan keilmuan adalah yang disusun oleh Muhammad Alifuddin dengan judul Asbabun Nuzul dan Urgensinya dalam Memahami Makna Qur’an. Tak kalah menarik pula artikel yang ditulis oleh Moh. Yahya Obaid yang berjudul Kaukus Pemikiran Ketuhanan dalam Teologi dan Kaitannya dengan Kalimat Tauhid.

Kepada para pembaca yang budiman, sudilah kiranya menjadikan edisi kali ini sebagai salah satu koleksi bahan bacaannya diperpustakaan pribadi masing-masing. Terima kasih kami sampaikan kepada seluruh tim redaksi yang telah bekerja dan seluruh kontributor, yang telah memberi sumbangan pemikiran baru melalui artikel-artikel yang termuat pada edisi kali ini. Tidak lupa pula kami menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan, keterbatasan dan kesalahan-kesalahan yang akan anda jumpai dalam terbitan ini.

Terbitan ini berupaya menyalurkan sebagian kecil saja dari pola keteraturan di alam raya, harapannya edisi kali ini dapat memberi sumbangan manfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan. Akhir kata tim redaksi sangat mengharapkan sumbangan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan terbitan edisi selanjtnya.

 

 

Selamat Membaca!

Redaktur

 

Muhammad Alifuddin


2014

Cover Page

Ed. ke-31 Th. XX, November 2014

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah menciptakan segala suatu dengan pola keteraturan dan keindahan yang sempurna. Dia telah menganugerahkan rahmat, dan karunia-Nya kepada seluruh umat manusia. Salawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan dan panutan terbaik Rasulullah Muhammad SAW, keluarga dan kerabat, beserta ahlul bait, para sahabatnya, dan yang mengikuti Beliau hingga akhir zaman yang insya Allah syafa’atnya akan sampai kepada kita semua. Amin.

Dalam mengantarkan terbitnya Shautut Tarbiyah Edisi ke-31 Tahun XX, November 2014  ini, beberapa hal dirasa perlu untuk dikemukakan sebagai catatan.

Pertama, bahwa terbitan yang ada dihadapan pembaca yang budiman ini menyajikan sepuluh artikel terbaik yang masuk ke meja redaksi. Sajian ini pada dasarnya disusun dan diterbitkan untuk memenuhi kebutuhan publikasi ilmiah bagi dosen dan peneliti dan juga diharapkan dapat menjadi pegangan dalam menyebarkan gagasan ilmiah pada ruang publik. Sajian edisi ini diawali dengan artikel ilmiah yang ditulis oleh Ambar Sri Lestari dengan judul PemanfaatanTeknologi Informasi dalam Pendidikan Karakter. Artikel kedua yang tak kalah menarik, merupakan karya yang dipersembahkan oleh Asliah Zainal  yang diberi judul Diskursus Religiusitas Sang Kiyai. Artikel ketiga ditulis oleh Burhan dengan judul Otonomi Daerah, Pilkada dan Pendidikan Politik untuk Anak Bangsa. Artikel keempat ditulis oleh Laode Abdul Wahab dengan judul Pemerolehan Bahasa Arab Anak Usia 2-7 Tahun (Studi Kasus Beberapa Anak di Konawe Selatan).

Terbitan ini menampilkan gagasan terkait dengan feminisme pada artikel kelima yang ditulis oleh Mashur Malaka dengan judul Ketelibatan Perempuan di Berbagai Aspek dalam Perspektif Islam. Tulisan keenam ditulis oleh Muhammad Alifuddin yang juga terkait feminisme yang  berjudul Etika Berbusana dalam Perspektif Agama Dan Budaya. Tulisan ketujuh oleh Nurdin  yang diberi judul Dakwah dalam Membangun Karakter Bangsa “Berlandaskan Nilai-Nilai Qurani”.

Tulisan kedelapan disajikan oleh Nurjannah yang diberi judul Konsep dan Sistem Layanan Pendidikan Tinggi Berbasis Teknologi. Disusul tulisan yang tak kalah menarik oleh Sitti Fauziah Muis terkait dengan Analisis Wacana dalam Bahasa Indonesia. Tulisan kesepuluh oleh Tomo Paranrangi dengan judul Ijtihad sebagai Prinsip Gerakan Islam.

Kedua, bahwa sajian ini dari awal hingga akhir bukanlah menunjukkan bahwa seperti demikianlah kebenaran pengetahuan secara umum. Edisi kali ini hanyalah sebagian kecil saja dari sekian banyak struktur pengetahuan yang masih tersedia melimpah disekitar kita.

Meskipun tulisan ini terwujud berkat bantuan berbagai pihak, namun segala kekurangan yang ada menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya. Redaksi sangat menyadari bahwa artikel ini hanya merupakan bagian kecil saja dari pola keteraturan yang tersedia di alam raya, namun paling tidak harapannya artikel-artikel yang termuat dalam sajian ini dapat memberikan sumbangan yang bermanfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan.

Pepatah “tiada akhir dalam suatu karya ilmiah” dan “tak ada gading yang tak retak” maka, kami tim redaksi sangat mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari pembaca demi kesempurnaan terbitan ini.

Teristimewa ucapan terima kasih disampaikan kepada penulis yang turut menyumbangkan pikiran-pikiran cerdasnya untuk terbitan kali ini. Kepada semua pihak yang telah bekerja dengan ikhlas beramal untuk menjaga eksistensi Shautut Tarbiyah STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.

Selamat menikmati.

 

Kendari,   November 2014

Redaktur

 

 

 

 

Muhammad Alifuddin


2015

Cover Page

Ed. ke-32 Th. XXI, Mei 2015

Bismillahirrahmanirrahim

Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah menciptakan segala suatu dengan pola keteraturan dan keindahan yang sempurna. Dia telah menganugerahkan rahmat, dan karunia-Nya kepada seluruh umat manusia. Salawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan dan panutan terbaik Rasulullah Muhammad SAW, keluarga dan kerabat, beserta ahlul bait, para sahabatnya, dan yang mengikuti Beliau hingga akhir zaman yang insya Allah syafa’atnya akan sampai kepada kita semua. Amin.

Terbitnya Shautut Tarbiyah Edisi ke-32 Tahun XXI, Mei 2015 ini menjadi kebanggaan tersendiri, beberapa hal dirasa perlu untuk dikemukakan sebagai catatan. Catatan tersebut diawali dengan penyampaian selamat kepada seluruh civitas akademika dan seluruh stakeholder atas kebersamaannya hingga saat ini. kebersamaan anda semua membawa angin segar bagi perguruan tinggi ini, yaitu pergantian status perguruan tinggi dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kendari menjadi Institut Agama Islam Negeri Kendari melalui Peraturan Presiden No. 145 Tahun 2014.

Pada terbitan kali ini ada 10 tulisan yang kami muat yang bisa di bagi dalam tiga isu pokok; Pertama,  isu pentingnya belajar melalui teologi islam, fikih. hadis dan hukum islam yang berisi tiga tulisan, yaitu Abbas, Paradigma dan Corak Pemikiran Teologi Islam Klasik dan Modern, Kartini, Belajar Fikih dan Kompilasi Hukum Islam : Larangan Kawin melalui Pertalian Sesusuan, dan Sulaemang L., Pendidikan Kaum Wanita Dalam Hadis (Telaah Hadis Riwayat ‘Aisyah). Kedua, isu pengelolaan sumber daya alam, teknologi informasi dan kearifan lokal yang terdiri atas empat tulisan yaitu, Burhan, Remaja Desa dan Teknologi Informasi di Kabupaten Buton, Indra Putra Pahlevi, Menggali Nilai Pendidikan dalam Nyanyian Puntasua Tingkat I-III pada Masyarakat Kaongkeongkea Kabupaten Buton, Jumarddin La Fua, Manajemen Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Indonesia untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pendekatan Ekonomi Hijau, dan Nurhidayat, Pola Penggunaan Facebook dan Prilaku Sosial Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Qaimuddin Kendari. Ketiga, isu pendidikan yang terdiri atas tiga tulisan, yaitu Nurdin, Pembelajaran Agama Islam Berbasis Karakter (Studi Etnografi di SDIT al-Qalam Kendari), Samrin, Dasar Perencanaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan Zeniarti, Hastuti, Wa Elfi, Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Desa Labuandiri Buton.

Meskipun tulisan ini terwujud berkat bantuan berbagai pihak, namun segala kekurangan yang ada menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya. Redaksi sangat menyadari bahwa artikel ini hanya merupakan bagian kecil saja dari pola keteraturan yang tersedia di alam raya, namun paling tidak harapannya artikel-artikel yang termuat dalam sajian ini dapat memberikan sumbangan yang bermanfaat meskipun sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali bagi ilmu pengetahuan.

Pepatah “tiada akhir dalam suatu karya ilmiah” dan “tak ada gading yang tak retak” maka, kami tim redaksi sangat mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari pembaca demi kesempurnaan terbitan ini.

Teristimewa ucapan terima kasih disampaikan kepada penulis yang turut menyumbangkan pikiran-pikiran cerdasnya untuk terbitan kali ini. Kepada semua pihak yang telah bekerja dengan ikhlas beramal untuk menjaga eksistensi Shautut Tarbiyah IAIN Kendari.

Spektrum dari keseluruhan tulisan-tulisan di atas memang cukup luas, namun menarik mengikuti alur pemikiran para penulisnya yang kembali mengungkapi persoalan manusia dalam seluruh konteks kehidupannya; individu, pendidikan, sosial-budaya, sumber daya alam dan teknologi. Sebagai proposal pemikiran, tulisan-tulisan di atas patut ditelusuri lebih jauh, meskipun kita tidak harus selalu setuju dengan isinya.

Selamat membaca!

 

Kendari,   Mei 2015

Redaktur

 

 

 

 

Muhammad Alifuddin


1 - 17 of 17 Items