PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: UPAYA MEMAKNAI KERAGAMAN BAHASA DI INDONESIA
Abstract
Sistem pendidikan di Indonesia membutuhkan model pendidikan multikultural bagi
masyarakat multikultural, yaitu Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Pemerintah
telah melakukan usaha dalam mensosialisasikan konsep pendidikan multikultural sebelum
diterapkan sebagai model refresentatif dan relevan pada setiap jenjang pendidikan, namun
pada tatanan pemaknaan masih perlu mengkondisikan situasi keragaman dalam realitas
kehidupan masyarakat agar dapat menjadi tombak keberhasilan dalam pendidikan tersebut.
Salah satu bentuk keragaman itu adalah bahasa daerah yang tersebar di seluruh pelosok
nusantara. Tulisan ini menemukan bahwa pembiasaan sejak dini dalam menerima
perbedaan dapat diwujudkan dalam memaknai keragaman bahasa di Indonesia, dan Bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan yang dapat merangkul keragaman, khususnya dalam
pelaksanaan pendidikan berbasis multikultural.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31332/zjpi.v1i1.402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Zawiyah
View My Stats