DINAMIKA PEMBELAJARAN METODOLOGI PENELITIAN PADA MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH STAIN KENDARI

Syahrul Syahrul

Abstract


Secara faktual, pemahaman dan kemampuan meneliti kebanyakan
mahasiswa jurusan Tarbiyah STAIN Kendari belum mencapai standar
minimal. Hal ini dapat dilihat pada saat seminar proposal dan ujian skripsi,
dimana mahasiswa mengalami kesulitan menjawab pertanyaan seperti:
“apa masalahnya”, “apa faktanya”, “jelaskan kerangka pikir”, dan
seterusnya. Sehingga penelitian ini mencoba menelisik dari aspek interaksi
dosen dengan mahasiswa dalam pembelajaran penelitian di kelas,
memahami konsep diri mereka, gaya belajar, dan motivasi berprestasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif,
dimana peneliti terlibat secara aktif di dalam proses pembelajaran sebagai
mitra belajar dalam rangka mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. Datadata
diperloleh dari hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yakni melalui
tahapan: reduksi, display, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perilaku belajar mahasiswa
jurusan tarbiyah dapat dilihat manajemen belajar dan strategi belajar yang
lemah. Cara pandang terhadap mata kuliah metodologi penelitian baik
sebagai “mata kuliah strategis” maupun sebagai “mata kuliah puncak”
belum terbangun. Temuan menunjukkan mahasiswa memiliki motivasi
berprestasi yang rendah, serta memiliki budaya belajar yang rendah pula.
Simpul dari semua temuan itu adalah pada konsep diri yang lemah, yaitu
tidak peduli terhadap figur ideal yang menjadi contoh dalam belajar
maupun melihat diri sendiri secara ideal (self ideal), rendah kepedulian diri
dalam kaitannya dengan penilaian orang lain (self image), dan jati diri (self
esteem) yang tidak menunjukkan perilaku committed terhadap kualitas diri.

Kata Kunci: Pembelajaran Penelitian, Konsep Diri, Gaya Belajar, Motivasi
Berprestasi


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v8i1.95

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



Web
Analytics
View My Stats