MANAJEMEN PERJALANAN IBADAH UMRAH DAN HAJI AL-MUKHTAR TOUR SERVICES KENDARI

Suhestiawati Suhestiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana strategi pengelolaan perjalanan ibadah umrah dan haji PT. Darmawan (Al-Mukhtar Tour Services) Kota Kendari. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi selanjutnya data direduksi (data reduction), disajikan (data display) dan diverifikasi (conclusion data). Temuan menunjukkan bahwa pengelolaan Perjalanan Ibadah Umrah dan Haji pada PT. Darmawan (Al-Mukhtar Tour Services) di Kota Kendari menggunakan strategi: persamaan (tidak membeda-bedakan), persaudaraan, cinta kasih, damai, tolong menolong dan toleransi. Adapun faktor pendukungnya adalah pelayanan persiapan yang lengkap dan memadai, pelayanan saat di Makkah dan Madinah yang profesional dan memuaskan jamaah. Faktor penghambatnya adalah letak geografis kantor pemasaran yang  terletak di tempat yang kurang strategis, tempat parkir yang terbatas, dan maraknya penipuan.


Full Text:

XML

References


Al-Qur’an dan Terjemah

Kementerian Agama RI Direktorat Haji dan Umrah. (2018). Dinamika dan Perspektif Haji Indonesia. Jakarta: Direktorat Haji dan Umrah.

Misbach Irwan. (2013). Kualitas Layanan Bank Syariah. Makassar: Alauddin Press.

Moleong, Lexy J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 23 Tahun 2016 pasal 36, Tentang Pelayanan Jamaah.

Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 8 Tahun 2018 pasal 17, Tentang Kesehatan Jamaah Umrah.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah dan Haji

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Syamhudi Khalid. (2001). Fiqih Haji dan Umrah. Surakarta: Yayasan Latnajah Istiqamah.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019, Tetang Perlindungan Jamaah dan Petugas Jamaah.

Wahyu Ilahi & Muhammad Munir. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v1i1.3538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah