MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK SANTRI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWARAH DESA TIRAWUTA KECAMATAN PONDIDAHA

A. Reni Anjani Puspita Syam, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bagaimana manajemen pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Munawwarah di Desa Tirawuta Kecamatan Pondidaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang berhubungan dengan masalah penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku santri di Pondok Pesantren Al-Munawwarah telah sesuai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Hanya saja ada beberapa faktor yang membuat pembinaan kurang optimal seperti kurangnya daya serap santri, dan adanya santri yang tinggal diluar pondok yang membawa Penelitian ini membahas tentang bagaimana manajemen pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Munawwarah di Desa Tirawuta Kecamatan Pondidaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan data yang berhubungan dengan masalah penelitian. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku santri di Pondok Pesantren Al-Munawwarah telah sesuai dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Hanya saja ada beberapa faktor yang membuat pembinaan kurang optimal seperti kurangnya daya serap santri, dan adanya santri yang tinggal diluar pondok yang membawa

References


Abuddin, Nata (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Pers. A, Halim. (2009). Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Malayu, S.,P.,H. (2014). MANAJEMEN: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mastuhu. (2005). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Risnawati. (2018). Penerapan Manajemen dalam Meningkatkan Pembinaan Santri di Pondok Pesantren Guppi Samata Kabupaten Gowa. Undergraduate (S1) thesis. Universitas Islam Negeri Alauddin. Makassar.

Ricky, S. (2016). Eksistensi Pesantren dan Kontribusinya Dalam Pendidikan Karakter. Skripsi di Publikasikan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Suprapti, W. (2016. Peran Pondok Pesantren As-Salafiyah Dalam Membentuk Karakter Remaja di Desa Mlangi Serta Kendala Yang di Hadapi. Skripsi di Publikasikan. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Suharsimi, A. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

-------. (2018). Model Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pesantren Alam. Gorontalo: Ideas Publishing.

Syamsir, T. (2014). Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya, & Perubahan Sosial). Jakarta: Rajawali Pers.

Yatimin, A. (2007). Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v1i2.3581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah