MANAJEMEN DANA INFAK DAN SEDEKAH KOIN LAZIS NU DI KABUPATEN KONAWE

Tika Sulistiani, Sitti Fauzia M, Mansur Mansur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen dana infak dan sedekah melalui program pemberdayaan koin lazis NU di Kabupaten Konawe dan faktor penghambat manajemen dana tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisi data yag digunakan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Sedangakan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen dana infak dan
sedekah melalui program pemberdayaan koin lazis NU di
Kabupaten Konawe cukup baik. Manajemen yang diterapkan yaitu
Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan
evaluasi. Pemberdayaan koin menggunakan kaleng NU.
Penyaluran dana koin terbagi menjadi 4 program utama yaitu
program ekonomi, program kesehatan, program pendidikan, dan
program siaga bencana. Faktor penghambat yaitu kurangnya
kepercayaan masyarakat, banyak pengurus yang tidak aktif karena
pengurus tersebut ASN dan masyarakat tidak ingin menjadi
pengurus karena takut berurusan dengan uang.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2004). Shadaqah, Infak dan Zakat (sebagai instrument untuk membangun Indonesia yang bersih, sehat, dan benar. Jakarta: Yayasan bermula dari kanan.

Abdus, S. (2014).Dampak Sedekah Pada Keberlangsungan Usaha, (Studi kasus testimony empat pengusaha muslim di Surabaya). JESTT, 1(1), 205-220.

Awaluddin, H. (2018). Fungsi Manajemen Dalam Pengadaan Insfratruktur Pertanian Masyarakat di Desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala.Jurnal Untad, 2(1), 1-12.

Danial, T. (2008). Fungsi Manajemen Dalam Organisasi. Jurnal Ilmiah STIMA Kongsoro, (2), 1-11.

Fathul, M. (2018). Implementasi Fungsi-fungsi Manajmen Dalam Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus Pengelolaan Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’alli Pangutan). Jurnal Penelitian Keislaman, 14 (1), 30-50.

Linda, A. (2018). Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infak, dan Shadaqah (ZIS) dalam Meningkatkan Kesejahtraan Mustahiq. Skripsi di Publikasikan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Moleong,L.J.(2002). MetodologiPenelitianKualitatif.Bandung:RemajaRosda. Restasari, (2020), Manajemen ZIS Lembaga Zakat, Infak dan Shadaqah

Muhamadiyah (LAZISMU) Lampung, Skripsi di Publikasikan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Samuel, B. (2016) Penerapan Fungsi-fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial,7(2), 135-1.

Sugiono,(2009).MetodePenelitian Kualitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Umi, N. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.

Yushinta, S. (2018).Pengelolaan Zakat, Infaq Sedekah (ZIS) di Panti Asuhan Budi Utomo Kota Metro. Skripsi di Publikasikan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Yuyun, E. P. (2018). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Organisasi Melalui Perbaikan Perilaku Pemimpin dan Keadilan Organisasi.Journal Dinamika Manajemen Pendidikan2(2), 155-164.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v1i2.3588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah