Optimalisasi Manajemen Pelayanan Calon Jemaah Haji Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Kantor Kemenag Kabupaten Kolaka Utara)

Irma Mutmainnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara, strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, manajemen pelayanan calon jemaah haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka Utara di era pandemi Covid-19 sudah berjalan sebagaimana tugas dan fungsi yang diterapkan di Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Kedua, strategi yang digunakan selama pandemi Covid-19 yaitu melakukan sosialisasi ke setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka Utara, melaksanakan manasik mandiri dan menjalin kerja sama dengan calon jemaah haji di setiap kecamatan. Ketiga, faktor pendukungnya yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan, kualitas jaringan yang baik, dukungan stakeholder atau pemerintah setempat dan pembuatan grup WhatsApp, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kualitas jaringan yang kurang baik akan membuat proses penginputan data lambat, adanya data calon jemaah haji yang tidak sinkron dan kelengkapan berkas para calon jemaah haji. Penelitian ini mengindikasikan bahwa semakin optimal pelayanan haji maka semakin meningkat kepuasan jemaah.


References


Arif, E., & Roem, E. R. (2019). Pemanfaatan media sosial. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 34-44.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Ebrahim, S. H., Ahmed, Y., Alqahtani, S. A., & Memish, Z. A. (2021). The Hajj Pilgrimage During The Covid-19 Pandemic in 2020: Event Hosting Without The Mass Gathering. Journal of Travel Medicine, 28(2), Taaa194.

Goffar, A. (2016). Manajemen Dalam Islam (Perspektif Al-Qur’an dan Hadits). Islamic Akademika: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 8(1), 35-58.

Harahap, S. (2017). Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 211-234.

Hashim, H. T., Babar, M. S., Essar, M. Y., Ramadhan, M. A., & Ahmad, S. (2021). The Hajj and COVID-19: How The Pandemic Shaped The World’s Largest Religious Gathering. The American Journal of Tropical Medicine and Hygiene, 104(3), 797.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Diakses melalui https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2020). Keputusan Menteri Agama Nomor 494 Tahun 2020 Tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H / 2020 M.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2021). Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 Tentang Pembatalan Keberangkatan Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H / 2021 M.

Khaidaroh. (2021). Metode Kooperatif Inquiry (Implementasi Metode Kooperatif Inquiri dalam Pembelajaran PAI). Jawa Timur: CV. Global Aksara Pers.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2019). Qur’an Kemenag in Microsoft Word versi 2.0. Terjemah Kemenag.

Mahmud, A. (2020). Hakikat Manajemen Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 5(1), 65–76.

Maidiana, M. S. (2021). Ayat-Ayat Tentang Fungsi Manajemen. Alacrity: Journal of Education, 87-94.

Murtado, D., & Suhayati, I. (2021). Manajemen Dalam Perspektif Islam. Tasikmalaya: Pustaka Ellios.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Bandung: Penerbit Media Sahabat Cendekia.

Risal, Muh. H. (2021). Daftar Tunggu CJH Kolaka Utara Lebih Dari 3.600 Orang. Diakses dari https://telisik.id/news/daftar-tunggu-cjh-kolaka-utara-lebih-dari-3600-orang.

Satispi, E., & Si, S. P. M. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v2i2.4313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah