Manajemen Kinerja Pegawai Subbag Kepegawaian Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara

Aisyah Aisyah, Nurdin Nurdin, samsuri samsuri, Muhammad Ikhsan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui perencanaan kinerja, pelaksanaan kinerja, pengawasan kinerja, dan evaluasi kinerja pegawai subbag kepegawaian di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dengan tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik dan aspek relevan dengan fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya subbag kepegawaian sudah menerapkan manajemen dalam melaksanakan kinerja yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Perencanaan dapat dilihat pada pembuatan program, dan rencana strategis yang dilakukan setiap awal tahun, setiap pegawai bekerja berdasarkan kebijakan Menteri Agama dan berdasarkan tugas dan fungsinya. Pelaksanaannya dilihat pada pegawai yang bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing sebagaimana tertuang dalam Tusinya. Pimpinan maupun bawahan selalu memperhatikan komunikasi dan koordinasi dalam melaksanakan kegiatan kerja sehingga berhasil maksimal. Untuk pengawasan dilakukan dalam bentuk waskat oleh Kabag. Tata Usaha, kemudian ada pengawasan secara fungsional oleh Inspektorat Jenderal dan ada juga pengawasan ekternal oleh BPK Kanwil Kemenag Sultra

References


Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Academia, 8.

Amstrong, dkk. (2003). Performance Manajement. London: institute of personnel and development.

AB Syamsuddin, dkk. (2015). Pedoman Praktis Metode Penelitian Internal, Ponorogo: CV. MADE GROUP.

Bungin Burhan. (2007). Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bangun Wilson. (2012). Manajemen Sumber DayaManusia, Jakarta: Erlangga Dharma.

Dessler. (2003). Human Resource Manajement, New Jersey: Prentice Hall, Tenth Edition.

Depdiknas. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

Gumur Alex. (1975). Manajemen Kerangka Pokok-Pokok, Jakarta: Barat.

Gesi Burhanuddin, dkk. (2019). Manajement dan Eksekutif, (Jurnal Manajemen, Vol 3, No 2, h 53).

Hadi Sutrisno. (1999). Metodologi Research, Yogyakarta: UGM Press.

Hasibuan, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pengertian Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT.Toko Gunung Agung.

Hasibuan Malayu. (2007). Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

http://kemenag.go.id , diakses 3 Maret 2022.

J. Alweni Thomas. (2002). Penilaian Kinerja dan Standar Kinerja Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bhuana Ilmu Computer.

Jaya, Erwin, Manajemen Pelayanan Manasik Haji Pada KBIH Syekh Yusuf Kabupaten Gowa (Alauddin: UIN Press, 2016).

Kuswandi. (2004). Cara Mengukur Kepuasan Kerja, Jakarta: Alex Media Komputindo.

Kadek Ni Suryani dan John. (2018). Kinerja Organisasi. Deepublish: Denpasar Bali. Mangkunegara.

Mangkunegara. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mathis dan Jackson. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan. Buku 1 Jakarta, Salemba Empat.

Mahmuddin. (2004). Manajemen Dakwah Rasulullah Suatu Telaah Historis Kritis, Jakarta: Restu Ilahi.

Munir M dan Wahyu Ilahi. (2006). Manajemen Dakwah, Jakarta: Prenada Media.

---------. (2007). Manajemen Kinerja Sektor Publik Cet II, Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, PT Raja Grafindo Persada Jakarta.

Moleong Lexy J. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwansyah. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi II, Bandung: Alfabeta.

Murni. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Membangun Sumber Daya Islami Pada Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Jeneponto, Makassar: Alauddin University Press.

Prabu Anwar. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paccing, M.A. (2008). Manajemen Dakwah, Kendari:STAIN KENDARI.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil.

PMA. No.19. (2019). Organisasi dan Tata KerjainstansiVertikal Kementerian Agama.

Richald L. Daft. (2006). Management, Jakarta: Salemba Empat.

Robert L. Mathis dan John H Jackson. (2006). Human Resource Management, Edisi X, Jakarta: Salemba Empat.

Schuller, dkk. (1999). Manajemen Sumber Daya ManusiaMenghadapi Abad ke-21, Edisi ke-6, Jilid 2. Erlangga: Jakarta.

------------. (2012). Kinerja Pegawai Suatu Kajian Dengan Pendekatan Analisis Beban kerja, Makassar: Alauddin University Press.

Sugiono. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D Cet XX, Bandung: Alfabeta.

Suhartini Eka. (2015). Islamic Human Resource Management Cetakan I, Makassar: Alauddin University Press.

Sedarmayanti. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi, Cet V; Bandung: Refika Aditama.

Tahir, Elsa Ervina. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja dalam Aktivitas Kerja Pegawai Kantor Lurah Tamangapa Kassi Kota Makassar, Makassar: Alauddin University Press.

Usman Husaini. (1996). Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara.

Udekusuma. (2007). Performance Manajement. University of Indonesia.

Umi Kurniati Athelia. (2012). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Pustakaraya.

Wibowo. (2014). Manajemen Kinerja Edisi Keempat, Cet X; Jakarta: Rajawali Press.

------. (2016). Manajemen Kinerja Edisi Kelima, Cet X; Jakarta: Rajawali Press.

Wahyuni Sri. (2017). Penerapan Manajemen Kinerja dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pegawai Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Enrekang. Makassar: Alauddin University Press.

Yusmiar. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja Pegawai, Makassar: Alauddin University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v2i2.5376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AL-MUNAZZAM : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah