STRATEGI KOMIUNITAS INDUSTRI TELOR ASIN DALAM PERUBAHAN IKLIM PASCA TERBANGUNNYA TOL JAWA

Angfi Akhyanul Isro, Ibnu Haikal, Wirayudha Pratama

Abstract


Strategi dalam perubahan iklim setelah terbangunnya jalan tol memang sangat dominan pada sisi lain negatif dan positif. Perkembangan yang ada pada perubahan tersebut tidak mengurangi rasa semangat pada mereka pengusaha industri telur asin dengan keterampilan penduduk lokal yang akhirya menjadikan nama dari wilayah kabupaten Brebes banyak dikenal oleh masyarakat brebesnya sendiri bahkan sudah banyak dikenal oleh luar kota daerah kabupaten Brebes. Memang setelah terbangunyan tol jawa banyak masyarakat terutama pada petani-petani yang merasakan bahwa dengan pembangunan tersebut akan mengurangi pendapatan ekonomi yang biasanya mereka mendaptkan pengahsilan dari lahan pertanian tersebut. Perkembangan usaha telur asin saat ini sudah memulai menjadi 70% dari pendapatan yang awal terbangunya jalan tol hanya 50% bahkan mecapai penurunan 40% tetapi hal tersebut tidak menjadikan alasan tidak semangat dalam memikirkan dengan pendapatan ekonomi agar lebih meningkat diantaranya yaitu dengan memasang plang yang besar disepanjang jalan tol yang melewati kabupaten Brebes. Sebagian besar diwilayah kecamatan brebes masyarakat dalam pencaharian sebagai petani, mereka memanfaatkan lahan persawahan untuk ditanami bawang merah dan padi. Keadaan yang seperti itu juga sangat mendukung dalam kegiatan perekonomian masyarakat selain bertani yaitu menernak itik. Telur asin untuk pemasaran yang lebih luas perlu dilakukan pengemasan yang tepat supaya telur tetap awet.

References


Adesia. (2016). Strategi Pengembangan Pariwisata Pantai Di Kecamatan Wabula Kabupaten Buton. 1–

Danilo Gomes de Arruda. (2021). PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA MELALUI USAHA

TELUR ASIN. 6.

Darsono. (2022). Wawancara.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, dan Pengangguran Terhadap

Tingkat Kemiskinan Di kabupaten Brebes Tahun 1991-2019.

Jumarso. (2022). Wawancara.

Ma’ruf, A. (2022). Wawancara.

Muslikha, S. C. Y. (2020). STRATEGI BAURAN PEMASARAN HOME INDUSTRY TELUR ASIN

ENI JAYA DI DESA LIMBANGAN WETAN KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES.

–16.

Rahmahyanti, N. A., & Setiawan, A. H. (2021). Sepanjang Jalan Pantai Utara Kabupaten Brebes

Sebelum Dan Sesudah Adanya Jalan Tol Pejagan-. 10(1), 1–9.

Setiawati, D. (2017). Pengaruh Pembangunan Pintu Tol Brebes Timur Terhadap Perubahan

Fisik dan Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat dalam Tinjauan Pembangunan Ekonomi

dan Perubahan Sosial: Studi Kasus Desa Banjaranyar. In Repository.Uinjkt.Ac.Id.

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36850

Syaifulloh, M., Utami, S. N., Riono, S. B., Indriyani, A., Manajemen, P., Muhadi, U.,

Agribisnis, P., Muhadi, U., & Brebes, K. (2021). Pemanfaatan Pemasaran Online Penjualan Telur Asin di Kabupaten Brebes The use of Online Marketing Sales Salted

Egg in the District of Brebes. Jurnal Pengembangan Wiraswasta,




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v1i1.8524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah