STRATEGI PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) DALAM MENINGKATKAN MUTU DAKWAH PADA ANAK

Rismawati Rismawati, Mansur Mansur, Sitti Fauziah, Aminudin Aminudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengelolaan taman pendidikan al-Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Dalam penelitian ini, pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Selain pendekatan secara deskriptif juga dilakukan secara normatif, yaitu data yang diperoleh dari beberapa literatur, berupa buku dan jurnal terkait pembahasan, serta wawancara dengan beberapa orang yang terlibat sebagai informan dalam penelitian ini. Rumusan masalah pada penelitian ini, pertama, bagaimana strategi pengelolaan taman pendidikan al-Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak. Kedua, bagaimana strategi dakwah taman pendidikan al-Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak. Ketiga, apasaja faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan taman pendidikan al-Qur’an dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak di Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pengelolaan taman pendidikan al-Qur’an As-Sulaimaniyyah Al-Mustanir dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak yaitu menyiapkan guru yang berkualitas, membagi tugas pada guru, menyiapkan dana untuk para guru, mengadakan evaluasi pada kinerja guru, membuat kurikulum dan membuat absensi pada guru dan santri. Kedua, strategi dakwah taman pendidikan al-Qur’an dalam meningkatkan mutu dakwah pada anak yaitu, membagi pelajaran menjadi 3 yaitu pembinaan tauhid, belajar al-Qur’an dan menghafal. Memberikan hadiah bagi santri yang berhasil menyelesaikan tugas, membangun komunikasi yang baik dengan orang tua santri dan rajin berinteraksi pada santri. Ketiga, faktor pendukung, do’a dan kerjasama dengan masyarakat setempat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya guru tetap di TPQ, orang tua yang tidak antusias dalam mengantar anaknya ke TPQ dan terkumpulnya dana yang tidak menentu.

Full Text:

PDF

References


Abdurrohman, Dede. (2017). Efektivitas Program Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPA Al-Hikmah (Desa Sidosari Natar Lampung Selatan). Skripsi. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Abidin, Djamalul. (1996). Komunikasi dan Bahasa Dakwah. (Cetakan 1). Jakarta: Gema Insani Pres.

Arifin, Anwar. (2011). Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi. Yokyakarta: Graha Ilmu.¬

Arifuddin. (2011). Metode Dakwah Dalam Masyarakat. Makassar: Alauddin University.

Arrafi, Muhammad Alfin. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Jumblah Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Pancasila Kota Bengkulu). Skripisi. Bengkulu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

As’ad, Humam. (2010). Pedoman Pengelolaan, Pembinaan dan Pengembangan Membaca, Menulis dan Memahami Al-Qur’an (M3A). Yokyakarta: Balai Penelitian Dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an LPTQ.

Aziz, Abdul. (2015). Strategi Pengelolaan Dana Zakat Secara Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi Pada Baznas Kabupaten Tangerang. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Aziz, Moh. Ali. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Bachri, S. Bachtiar. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Ttiangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 56.

Bachtiar, Wardi. (1997). Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah. (Cetakan 1). Jakarta: Logos.

Dosen, (2020). http://dosengeografi.com/penyajian-data/ Diakses pada Tanggal 24 Oktober 2021.

Erisman, Afri dan Andi Azhar. (2015). Manajemen Strategi. Yokyakarta: Deepublish.

Fatah, Nanang. (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Faizah dan H. Lalu Muchin Effendi. (2009). Psikologi Dakwah. Jakarta: Kencana.

Ferdiansyah, Daeng Sani. (2022). Psikologi Dakwah. Bandung: Media Sains Indonesia.

Fernatubun, Ratna. (2021). Strategi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darusalam Dalam Pengembangan Masyarakat Melalui Pengentasan Kesulitan Membaca Al-Qur’an Di Desa Wirin Kecamatan Hoat Sorbay Kabupaten Maluku Tenggara. Ambon: Institut Agama Islam Negeri Ambon.

Hamalik, Oemar. (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hakim, Lukman Nul. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Jurnal Aspirasi, 4(2), 167.

Hasibuan, Malayu. (2001). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayatullah, Anda. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Al-Karim Kota Bengkulu. Bengkulu: Istitut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Hikmah, Siti. (2014). Megenalkan Dakwah pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Dakwah. 34(1).

Humam, As’ad. (2000). Buku Iqra’ (Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an). Yokyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM.

________________. (1994). Buku Pedoman Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPMI). Jakarta: Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Al-Qur’an.

Ishak, Saidulkarnain. (2015). Dakwah Sambil Ngenet. Jakarta: Gramedia.

Kasang, Firman. (2017). Penerapan Manajemen Islam pada TK/TPA Di Masjid Nurul Amin (Studi Kasus Desa Bulusuka Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto). Skripsi. Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin.

Khomsatun. (2019). Efektivitas Sistem Pengelolaan Zakat Untuk Meningkatkan Zakat Untuk Meningkatkan Usaha Produktif Masyarakat (Studi Kasus BAZNAZ Lampung Tengah). Skripsi. Metro. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Lestari, Ambar Sri. (2010). Narasi dan Literasi Media dalam Pemahaman Gerakan Radikalisme. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mania, Sitti. (2008). Observasi Sebagian Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, 11(2), 221.

Mulia, Musdah. (2000). Pedoman Dakwah Muballighat Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: The Asia Fundation.

Mu’min. (1991). Petunjuk Praktis Pengelolaan TK Al-Qur’an. Jakarta: Fikati Aneka.

Nasution, Noeni. (2010). Strategi Belajar Mengajar Direktorat Kelembagaan Agama Islam. Jakarta: Bumi.

Ngazis, Robert. (2016). Peran Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MI Prigi II Watulimo Trenggalek Tahun Ajaran 2015/1016. Skripsi. Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Pratiwi, Nuning Indah. (2017). Penggunaan Media Vudeo Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 214.

https://dosenpintar.com

Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 17(33). 94.

Rilarti. (2021). Manajemen Islamic Certer Mu’adz Bin Jabal dalam Meningkatkan Motivasi Masyarakat Mendalami Ajaran Islam (Studi Kasus Islamic Center

Mu’adz Bin Jabal di Kota Kendari). Skripsi. Kendari. Institut Agama Islam Negeri Kendari.

Rukhayati, Siti. (2020). Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peserta Didik SMK Al-Falah Salatiga. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.

Saebani, Beni A. (2012). Filsafat Manajemen. Bandung: Pustaka Setia.

Sangadah, Munji’atus.(2021). Strategi Dakwah Ajun Komisaris Polisis (AKP) Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat Desa Keniten Kecamatan Kedungbanteng Bayumas. Skripsi. Purwokerto. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Shaleh, A. R. (1993). Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.

Sitoyo, Sandu dan Sodik, M. (2015). Dasar Metedologi Penelitian. Yokyakarta: Literasi Media Publishing.

Sofwan, Imam dan Azis Kuntara. (2014). Pengelolaan Program Pembelajaran Pendidikan Alternatif Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah di Salatiga Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 1. No. 1.56.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syakir, Asmuni. (1983). Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.

Terry, G. R. dan LW Rue. (1986). Azas-Azas Manajemen (terj) Winardi. Bandung: Alumni Press.

Uchjana, Onong Efendy. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wijaya, Helaluddin Hengki. (2019). Analisis Data Kualitatif. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffrav.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v3i2.8631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah