EFEKTIVITAS SELVE EXCELLENCE (PELAYANAN PRIMA) BAGI JAMAAH HAJI USIA LANSIA

Nur Habib Fahmin, Samsuri Samsuri, Akhmad Sukardi, Danial Danial

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan manajemen pondok pesantren dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri, (3) Untuk mengetahui dampak manajemen pondok pesantren kepada santri pondok pesantren Tahfizh al-Qur’an al-Hudzaifyyah Kabupaten Kolaka. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Pondok Pesantren Tahfizh al-Qur’an al-Hudzaifyyah Kabupaten Kolaka. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tahfizh al-Qur’an al-Hudzaifyyah telah menerapkan manajemen dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an santri. Dampak penerapan manajemen pondok pesantren yaitu dampak positif kepada santri, pondok pesantren, wali santri, Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka. Sedangkan dampak negatif terhadap santri pondok pesantren Tahfizh al-Qur’an al-Hudzaifyyah Kabupaten Kolaka yaitu : 1) Sakit, 2) Keluar dari pondok pesantren, dan 3) Perselisihan pendapat wali santri dan pimpinan pondok pesantren

References


Abdal. (2021). Implementasi Kebijakan Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Jemaah Haji Di Kabupaten Garut. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(1), 129–136. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/612

Abdul Fattah Muzakkir (2019) “efektivitas program pelayanan haji satu atap pada kantor kementerian agama kabupaten karawang”

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Bachri, B. S. (2010). "Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif". Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. (2020). Tuntunan Manasik Haji Dan Umrah Kementerian Agama Ri. http://haji.kemenag.go.id

Depkes, R. (2013). Data Dan Informasi Kesehatan: Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta.

DRS. Jalaluddin Rakhmat M. Sc (2005) “Komunikasi Psikologi” PT Remaja Rosdakarta, Bandung

Endarini, S. (2001). Pelayanan Prima. Makalah (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Kanwil Departemen Kesehatan Propinsi DIY

F.X, Sujadi, (1990), Organisasi dan Manajemen, penunjang Berhasilnya Proses Manajemen, (Jakarta: CV. Masagung)

Fauziah Nurrahman P (2021) “efektivitas pelayanan ibadah umrah berdasarkan peraturan pemerintah pada pt. ahsanta tours and travel tangerang selatan”Jakarta

Gunawan, B. (2020). Strategi Pelayanan Ibadah Umrohdalam Peningkatan Kepuasan Jamaah PT. Duta Mahkota Indonesia Tahun 2014-2017. 83 hlm.

Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Humairah (2022) “efektivitas pelayanan bimbingan haji pada kbih syekh yusuf di kabupaten gowa”

Hadjam, M. N. R. (2016). Efektivitas pelayanan prima di rumah sakit. Jurnal Psikologi, 1(2), 105–115. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7684/5953

Imam, J. (2014). Buku Pintar Haji dan Umrah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kasmir, (2005) Etika Customer Service, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada)

Kartikasari, D., & Syafitri, D. A. (2016). Efektivitas Pelayanan Prima ( Service Excellence ) Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Loyalitas Pelanggan Pada Toko Obat Dewi Farma. Jurnal Manajement, 1(1), 1–5.

Malayu S. P Hasibuan, (2007). Dasar-Dasar Perbankan, (Jakarta: PT Bumi Aksara

M Noor Rochman Hadjam Efektivitas Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Pelayanan Di Rumah Sakit (Perspektif Psikologi): (2001)

Nasution, Manajemen Mutu Terpadu, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2005)

Prasetyorini, Retno. (2003). Kelompok Bisnis dan Manajemen. Temanggung: Guruvalah Inc. Rangkuti, Freddy. (2003).

Prof. Dr. Alo Liliweri, M.S (2015) “Komunikasi Interpersonal” PT Aditya Andrebina Agung, Kencana

Prof. Dr. Ir. Ujung Sumarwan, M. Sc (2014), “Perilaku Konsumen” Pt Ghalia Indonesia

H. Said Agil Husin Al MInawar, H. Abdul Halim, M.A. Fikih Haji Menuntun Haji Mabrur, Ciputat Press Jakarta, (2003)

Riyanto, Nur. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, (Bandung: Alfabeta).

Sayyed Hawwas, Fiqh Ibadah,(Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2009)

Syaikh Karnil Muhammad Uwaidah, Fikih Wanita, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2008)

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitiatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Risfi, Sintya, and Hasneli Hasneli, “Kemandirian Pada Usia Lanjut‟, Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam (2019)

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Zidan Ahmad Alfaien (2022) “efektivitas sistem pelayanan pendaftaran dan pembatalan haji dalam meningkatkan kepuasan jamaah haji di kantor kementrian agama kota jakarta pusat”




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v3i2.8842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah