EFEKTIVITAS MANAJEMEN PELAYANAN DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA)

Syelita Nisa Zalzabilla, Ros Mayasari, Sitti Fauziah, Aminudin Aminudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan, efektivitas manajemen pelayanan dan faktor-faktor yang pendukung dan penghambat pengelolaan manajemen di KUA Kecamatan Konda. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUA Kecamatan Konda telah menerapkan manajemen pelayanan sudah cukup baik dilihat dari alur pendaftaran nikah yang sudah terstruktur dengan baik sehingga mempermudah masyarakat yang akan menggunakan jasa KUA Kecamatan Konda. Faktor pendukungnya adalah kelengkapan berkas administrasi, tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi pegawai KUA Kecamatan Konda sehingga  dapat terlaksananya semua perencanaan yang membuat masyarakat puas terhadap pelayanan di KUA Kecamatan Konda. Adapun faktor penghambat adalah kurangnya fasilitas yang ada di KUA Kecamatan Konda sehingga membuat beberapa hal terkendala seperti, jaringan internet pada saat melakukan pelayanan nikah online, serta SDM yang kurang memadai. Oleh karena itu, disarankan untuk mengidentifikasikan kebutuhan SDM baik secara kreatifitas maupun kualitas.

References


Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Awaluddin, A., & Hendra, H. (2018). Fungsi Manajemen Dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat di Desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Publication.

AB Susanto. (2014) Manajemen Komprehensif Strategik, (Jakarta: Bumi Aksara).

Fadhallah, R. A., & Psi, S. (2021). Wawancara. Unj Press.

Hanafi, M. (2015). Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Harahap, S. (2017). Implementasi Manajemen Syariah Dalam Fungsi-Fungsi Manajemen. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam.

Jurnal Manajemen Dakwah (2019),Vol. 4 No. 1.

Julianti, I. U. (2021). Strategi Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri dengan Metode Takrir (Doctoral dissertation, Uin Raden Fatah Palembang).

Kahfi, S., & Kasanova, R. (2020). Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro). Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1).

Kemenag Sulawesi Tenggara (2021), Pangkalan Data Pondok Pesantren (PDPP) kantor kemenag Sulawesi tenggara.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahan Kemenag.

Khaidaroh. (2021). Metode Kooperatif Inquiry (Implementasi Metode Kooperatif Inquiri dalam Pembelajaran PAI). Jawa Timur: CV. Global Aksara Pers.

Maidiana, M. S. (2021). Ayat-Ayat Tentang Fungsi Manajemen. Alacrity: Journal of Education,.

Majid, (2013). Strategi SMP Muhammadiyah. Purwokerto : Fakultas Agama Islam Univ.Muhammadiyah Purwokerto.

Mahmud, A. (2020). Hakikat Manajemen Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research.

Martias. A. A (2020) Pengaruh Musabaqah Tilawatil Qur’an (Mtq)Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an. (skripsi Intitut Ilmu Qur’an Jakarta).

Muklis Kanto, S. E., & Patta Rapanna, S. E. (2017). Filsafat Manajemen (Vol. 1).Celebes Media Perkasa.

Murtado, D., & Suhayati, I. (2021). Manajemen Dalam Perspektif Islam. Tasikmalaya: Pustaka Ellios.

Nana, H. Abdurrahman, (2013), Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan, (bandung:pustaka seti).

Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. (Deepublish).

Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish.

Sucipto, S. P. I. (2020). Tahfizh Al-Quran Melejitkan Prestasi. Guepedia.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Y., Dian, D., & Nuraeni, S. (2018). Manajemen Program Tahfizh Al-Quran. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, Vol. 2.

Umniyah, I. (2018). Strategi peningkatan kualitas hafalan al-Qur’an bagi mahasiswa: Studi Kasus di PPTQ Putri Nurul Furqon Klojen Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Yunus, E. (2016). Manajemen strategis. Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v3i2.8859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah