STRATEGI PEMASARAN INAYAH LAUNDRY DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PERSPEKTIF PEMASARAN SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi pemasran
Inayah Laundry dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan
prespektif pemasaran syariah. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan metode wawancara. Wawancara yang digunakan adalah
wawancara semi terstruktur. Metode pengumpulan data meliputi observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup proses
reduksi, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan
bahwa dalam menjalankan bisnisnya, Inayah Laundry telah menerapkan
nilai-nilai kejujuran sesuai dengan prinsip-prinsip syariah melalui delapan
strategi pemasrannya, yakni; a) memberikan informasi yang jelas dan
lengkap tentang produk-produk di Inayah Laundry;
b) mengunggah atau menyebarkan jasa Inayah Laundry; c) menyediakan
layanan jemput yang dapat dipesan melalui Facebook, WhatsApp, Telepon,
dan SMS; d) menukaran barang apabila barang yang dilaundry mengalami
cacat; e) menyediakan layanan pengiriman yang cepat dan gratis; f)
mempertahankan kualitas hasil laundry yang terjamin dan terjaga; g)
menawarkan diskon untuk anggota; h) menampung keluhan dan saran
konsumen serta berusaha mencari solusinya.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul Ghodur, “Pengaruh Citra Toko terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Distribution Oulet
realism malang Jakarta: Skripsi fakultas syariah dan hukum UIN Syarif Hidayatullah,2010
Ahmadi miru dan Sutarman Yodo, hukum perlindungan konsumen, di Indonesia, disertasi, Surabaya, Alfa
Beta,2011
Akbar, Muhammad Muzahid dan Noorjahan parvez, “Impact of service,quality, trust and costumer satisfaction
on costomer loyality, ABAC Vol.29,No.1,January-April,pp.24-38,2009
Angelina, Ratih. “analisis terhadap keputusan registrasi member simply fresh laundry outlet 205 blitar untuk
meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi kasus pada simply fresh laundry outlet 205
blitar waralaba pt. sushantco indonesia)”. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (Rit mik), Vol. 3 No. 3.
Bucharn Alma & Donni Juni Priansa,manajemen bisnis syariah,Alfabeta Bandung,2004
Budi Sutedjo Dharma Oetomo, dkk., I-CRM Membina Relasi Dengan Pelanggan.Com,(Yogyakarta:Andi
Offset,2003),h. 37
Cahaya Nur Linda, Sukses dan Kaya Raya Dari Bisnis Usaha Laundry Kiloan, (Jakarta:Dan Idea,2015), h.9
Cornelia, Ellys. Nancy Veronica. “Analisa pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan di laundry
asec Surabaya”.Jurnal Manajemen Perhotelan. Vol. 4, No. 2. September 2008.
David Hunger dan Thomas L. Wheelen,manajemen strategi,Yogyakarta: Andi,2003 Departemen pendidikan
nasional,kamus bahasa Indonesia,Ed.ketiga Jakarta:Valai pustaka,2007
Eko Suprayitno,ekonomiIslam: pendekatan ekonomi makro Islamdan konversional,Yogyakarta:Graha ilmu,
Fandy Tjiptono,manajemen jasa,Yogyakarta:Andi osset,2000
Happy Susanto,hak-hak konsumen jika diragukan,Jakarta:visi media,2008Hermawan Karatajaya,Boosting
Loyalty marketing performance,Bandung:markplus inc,Jakarta &miza pustaka,2011
Imam Riyadi “analisis pengaruh kualitas layanan dan kuanitas produk terhadap kepuasan konsumen
indosat(studi kasuspada pelanggan indosat di wilayah semarang tahun2012-2013,Yogyakarta:skripsi
UIN Yogyakarta,2013 Jill Friffin,icostum loyality,Jakarta:erlangga,2005
.
List yawat i, Indri Hastuti. “Implementasi relationship marketing sebagai strategi mempertahankan loyalitas
pelanggan”.Jurnal bisnis, manajemen dan akuntansi – Vol. I, No. 2. Februari 2013
Muhammad. (1010). Prinsip-prinsip Ekonomi Islam.Graha Ilmu
Putra, Agung. “Strategi Promosi Produk Unilever Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen (Studi Pada
Bagian Marketing Pt. Unilever Indonesia Terbuka Denpasar)”. Jurnal Kajian Ilmu Komunikasi Vol 13
No 2. 2016.
Priansa, B. A. D. J. (1014). Manajemen Bisnis Syariah Menanmkan Nilai dan Praktek Syariah dalam Bisnis
Kontemprorer.Alfabeta.Ujang Sumarwan, Riset Pemasaran dan Konsumen, (Bogor: PT. Penerbit IPB
Press, 2013).
Wulansary, Noni. Tri Indra Wijaksana. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Arafah
Laundry (Studi kasus Mahasiswa Di kawasan Yayasan pendidikan Telkom Dayeuh Kolot periode
Maret JUNI 2012). (Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi Dan Bisnis, Universitas Telkom).
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/munazzam.v3i2.9296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al-Munazzam : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Dakwah